Lemas dan Mengantuk Setelah Vaksinasi COVID-19, Bek PSM Memanfaatkannya untuk Recovery

Oleh Iwan Setiawan pada 27 Mar 2021, 15:15 WIB
Diperbarui 27 Mar 2021, 15:15 WIB
Hasim Kipuw, PSM Makassar
Pemain PSM Makassar, Hasim Kipuw. (Bola.com/Abdi Satria)

Bola.com, Malang - Semua peserta Grup B Piala Menpora 2021 yang berada di Malang sudah menjalani vaksinasi COVID-19, mulai dari panpel, ofisial, hingga para pemain. Kegiatan vaksinasi COVID-19 tersebut digelar di Ascent Premier Hotel, Kamis (25/3/2021), dengan maksud memberi waktu sebelum matchday kedua Grup B digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (27/3/2021).

Setiap orang yang sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 mengalami efek yang berbeda-beda. Ada yang mengalami efek samping, tapi ada pula yang tidak merasakan apa pun. Ada yang tetap fit, ada pula yang mengantuk atau merasa lemas.

Bek PSM Makassar, Hasim Kipuw, misalnya. Pemain yang satu ini mengaku lemas dan mengantuk setelah menjalani vaksinasi.

"Efeknya lemas, ingin rebahan. Selain itu di tempat yang disuntik ada rasa ngilu. Selain itu tidak ada lagi," ujar pemain berusia 32 tahun itu.

Beruntung, sehari jelang pertandingan, efek samping itu sudah hilang. Jadi ketika menjalani official training pada Jumat (26/3/2021) pagi, Hasim Kipuw sudah merasa fit.

Efek vaksinasi COVID-19 tersebut membuat Hasim Kipuw bisa sekalian melakukan recovery. Dia hanya berada di kamar untuk beristirahat. "Karena hanya istirahat di kamar, sekarang menjadi fit," ujar pemain PSM Makassar itu.

2 dari 3 halaman

Menjalani Vaksinasi Kedua di Tempat Berbeda

Hasim Kipuw, PSM Makassar
Pemain PSM Makassar, Hasim Kipuw. (Bola.com/Abdi Satria)

Setelah menjalani vaksinasi COVID-19 tahap pertama, akan ada tahap kedua yang dilakukan minimal 14 hari setelah penyuntikan vaksin yang pertama. Untuk tim dan panpel di Grup B Piala Menpora, rencananya vaksinasi tahap kedua akan digelar pada 8 April.

Namun, jika Malang sudah tidak bertugas sebagai tuan rumah fase selanjutnya, tempat vaksinasi akan dialihkan ke puskesmas yang sudah ditunjuk.

"Kalau kami lolos ke fase selanjutnya, mungkin vaksinasi di Solo atau tempat lain yang menjadi tuan rumah selanjutnya," ujar Kipuw.

Meski sudah melakukan vaksinasi, panpel Piala Menpora 2021 tidak mengendurkan protokol kesehatan yang diterapkan. Setiap jelang pertandingan, ada swab antigen yang dilakukan, baik di hotel pemain maupun di pintu masuk masing-masing stadion. Jadi semua yang terlibat bisa terdeteksi terkait infeksi COVID-19.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓