Sukses


Jacksen Tiago Dilema Datangkan 2 Asisten Asal Brasil untuk Persiapan Persipura ke Piala AFC

Bola.com, Jayapura - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, kini tengah fokus merancang program bagi Boaz Solossa dkk. setelah meneken perpanjangan kontrak selama satu musim. Namun, pelatih asal Brasil itu juga tengah merasakan dilema, terutama karena ia ingin mendatangkan dua asisten pelatih dari Brasil untuk persiapan Persipura menjalani play-off Piala AFC 2021.

Jacksen Tiago sedang berencana mendatangkan dua kompatriotnya, Gerson Rios dan Breno Araujo, untuk membantunya menggembleng skuat Mutiara Hitam.

Dua sosok pelatih ini sebelumnya sudah bekerjasama dengan Jacksen di Persipura Jayapura pada awal Liga 1 2020. Bahkan keduanya sempat bertahan di Indonesia pada awal pandemi COVID-19.

Namun, Jacksen kini tengah mengalami dilema. Kas finansial Persipura minim membuat Jacksen pun harus berhitung siapa saja yang akan didatangkan ke Indonesia, apakah Gerson Rios atau Breno Araujo?

"Inilah seni melatih di Indonesia. Situasi selalu berubah setiap saat. Musim lalu, Persipura Jayapura masih bisa mengontrak Gerson dan Breno. Dengan kondisi keuangan sekarang, saya harus menyesuaikan diri. Persipura tidak bisa mendatangkan dua asisten sekaligus ke Indonesia. Saya harus memilih satu di antara mereka," ujar Jacksen.

Video

2 dari 2 halaman

Rencana Alternatif

Namun, pelatih asal Brasil yang telah berusia 26 tahun berkarier di Indonesia itu telah memiliki rencana alternatif.

"Saya sudah ada gambaran. Jika saya menggunakan Breno, maka Persipura Jayapura akan mengontrak pelatih kiper lokal pengganti Rios. Ini pernah kami lakukan pada musim 2019. Bila saya datangkan Gerson Rios, maka kami harus mencari pelatih fisik.

"Saya harus mempertimbangkan dengan matang sesuai kebutuhan tim. Posisi mana yang paling mendesak," ujarnya.

Bagi Jacksen Tiago, situasi yang dihadapinya ini bak simalakama. Jacksen pun berdoa memohon petunjuk Tuhan agar tidak salah dalam mengambil keputusan krusial ini.

"Keduanya, Rios dan Breno, sama-sama punya peran penting di tim. Saya telah menganalisa secara teknis, tapi saya juga memohon petunjuk Tuhan agar dipilihkan yang terbaik untuk Persipura. Semoga keputusan saya nanti sesuai kehendak Tuhan," ujarnya.

Video Populer

Foto Populer