Sukses


Prediksi Grup C Piala Menpora Madura United vs Persebaya: Derbi Suramadu Jilid Ke-12

Bola.com, Bandung - Pertandingan panas bakal tersaji dalam matchday kedua Grup C Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Minggu malam (28/3/2021). Madura United dijadwalkan meladeni Persebaya Surabaya dalam duel bertajuk Derbi Suramadu edisi ke-12.

Kedua tim sama-sama berhasil memetik kemenangan 2-1 setelah tertinggal dulu pada matchday pertama lalu, Selasa (23/3/2021). Madura United mengoleksi tiga poin setelah menang atas PSS Sleman, sedangkan Persebaya mempecundangi Persik Kediri.

Namun, kedua tim memiliki komposisi skuat yang berbeda. Madura United memiliki empat pemain asing dan masih mengandalkan pemain senior sebagai tulang punggung tim. Sementara Persebaya diisi oleh pemain didominasi oleh pemain muda berusia 21 tahun ke bawah.

“Mereka (Persebaya) tim yang belum ada beberapa pemain-pemain seniornya karena belum bergabung, pasti opsionalnya memaksimalkan pemain yang ada,” kata Rahmad Darmawan, pelatih Madura United.

“Dan tanggapan saya terhadap Persebaya, sangat positif kalau dia memang belum ada pemain asing yang bergabung, belum ada pemain lain yang bergabung,” imbuh arsitek tim yang karib disapa RD itu.

Kemungkinan, Madura United tidak banyak melakukan rotasi pemain dibanding saat menghadapi PSS Sleman. Sebab, mereka masih punya jeda selama lima hari atau pemain memiliki waktu istirahat yang cukup tampil dalam pertandingan ini.

Nama-nama macam Jacob Pepper, Jaimerson Xavier, Hugo Gomes Jaja, hingga Bruno Lopes dan Beto Goncalves diprediksi masih menjadi andalan. Mereka akan ditemani deretan pemain lokal, seperti Fachruddin Aryanto dan Alfin Tuasalamony.

“Kami lihat nanti, tadi kami sudah membuat game plan. Ada mungkin beberapa rotasi atau permutasian posisi yang saya akan lihat,” ucap pelatih Madura United itu.

Video

2 dari 5 halaman

Persebaya Punya Catatan Lebih Baik

Kedua tim ini selalu terlibat dalam persaingan di berbagai ajang, meski sebenarnya pertemuan pertama mereka belum lama. Persaingan ketat mereka selalu tersaji meski usia kedua klub jauh berbeda. Persebaya didirikan pada 1927, sedangkan Madura United lahir pada 2016.

Rivalitas ini tercipta lantaran kedua tim bertetangga. Persebaya berbasis di Surabaya, lalu Madura United di Bangkalan. Kedua daerah itu hanya dipisahkan oleh Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dan Madura.

Namun, tak ada friksi antarsuporter dalam persaingan panas kedua tim. Bonek, suporter Persebaya, malah dikenal memiliki hubungan persahabatan yang hangat dengan K-Conk Mania, suporter Madura United.

Sejak pertama kali bertemu pada 2018, sudah terdapat 11 pertandingan Derbi Suramadu yang tersaji hanya dalam tiga tahun terakhir. Menariknya, itu tercipta lewat tujuh ajang yang berbeda. Piala Menpora 2021 menjadi ajang kedelapan yang menggelar Derbi Suramadu.

Madura United juga di bawah bayang-bayang catatan negatif selama bertemu Persebaya. Dalam 11 pertemuan, Laskar Sape Kerap hanya mampu menang sekali. Persebaya jauh lebih unggul dengan memenangi enam di antaranya.

Fakta menarik lainnya adalah Persebaya selalu berhasil menyingkirkan atau menekuk Madura United dalam turnamen pramusim. Itu terjadi di Piala Presiden 2018, Piala Presiden 2019, dan Piala Gubernur Jatim 2020.

Pengecualian terjadi di Piala Gubernur Kaltim 2018 saat mereka bertemu di fase grup. Hasilnya imbang 1-1. Namun, duel dilanjutkan ke babak adu penalti dan Persebaya mampu menang.

3 dari 5 halaman

Persebaya Tak Mau Memandang Remeh Madura United

Catatan pertemuan itu memang membuat Persebaya unggul di atas kertas. Tapi, komposisi pemain Madura United jelas jauh lebih berpengalaman. Makanya, pelatih Persebaya, Aji Santoso, tidak ingin memandang sebelah mata tim rival itu.

“Madura United dihuni oleh pemain-pemain yang banyak pengalaman. Tentunya ini akan menjadikan motivasi pemain untuk bermain secara maksimal. Semua aspek disiapkan, baik mental maupun taktik,” ucap Aji.

Nama-nama yang masih muda diprediksi bakal menjadi tulang punggung Persebaya dalam Derbi Suramadu Jilid ke-12 ini. Sebut saja Rachmat Irianto, Koko Ari Araya, dan Hambali Tholib. Tak lupa striker gaek Samsul Arif akan diandalkan sebagai ujung tombak.

Pertandingan ini semakin menarik lantaran pelatih di masing-masing tim sudah memiliki rekam jejak panjang dan berpengalaman. Rahmad Darmawan dan Aji Santoso dikenal sebagai sosok arsitek tim cerdas dalam meramu tim demi mencapai tiga poin.

4 dari 5 halaman

Head to Head

  • Persebaya vs Madura United 1-0 Piala Presiden 2018
  • Madura United vs Persebaya 1-1 Piala Gubernur Kaltim 2018
  • Madura United vs Persebaya 2-2 Liga 1 2018
  • Persebaya vs Madura United 4-0 Liga 1 2018
  • Persebaya vs Madura United 1-0 Piala Presiden 2019
  • Madura United vs Persebaya 2-3 Piala Presiden 2019
  • Persebaya vs Madura United 1-1 Piala Indonesia 2018-2019
  • Madura United vs Persebaya 1-0 Piala Indonesia 2018-2019
  • Persebaya vs Madura United 2-2 Liga 1 2019
  • Madura United vs Persebaya 2-3 Liga 1 2019
  • Madura United vs Persebaya 2-4 Piala Gubernur Jatim 2020

 

5 dari 5 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

  • Madura United (4-3-3): Muhammad Ridho (kiper); Alfin Tuasalamony, Fachruddin Aryanto, Jaimerson Xavier, Andik Rendika Rama (belakang); Jacob Pepper, Asep Berlian, Jaja (tengah); Bayu Gatra, Beto Goncalves, Bruno Lopes (depan)
  • Pelatih: Rahmad Darmawan
  • Persebaya (4-2-3-1): Satria Tama (kiper); Koko Ari Araya, Mokhamad Syaifuddin, Rachmat Irianto, Reva Adi Utama (belakang); Muhammad Hidayat, Ady Setiawan; Oktafianus Fernando, Hambali Tholib, Mochammad Supriadi (tengah); Samsul Arif (depan)
  • Pelatih: Aji Santoso

Video Populer

Foto Populer