Sukses


Masih Drop, Shin Tae-yong Lanjutkan Perawatan Penyakit Kronis di Rumah Sakit Korea Selatan

Bola.com, Jakarta - Shin Tae-yong belum sehat setelah negatif COVID-19. Manajer pelatih Timnas Indonesia itu justru merasa penyakit kronisnya memburuk.

Shin Tae-yong telah kembali ke Korea Selatan pada Sabtu (27/3/2021) pagi WIB menggunakan ambulans udara untuk melanjutkan perawatan di rumah sakit besar di Seoul.

Ambulans udara pada umumnya dipakai untuk membawa pasien yang sakit parah atau lemah jika harus bertahan lama di penerbangan komersial.

"Saya telah negatif dari COVID-19 setelah menjalani perawatan, tapi penyakit kronis lainnya malah memburuk. Jadi, saya memutuskan untuk kembali ke Korea Selatan setelah perawatan di Indonesia," kata Shin Tae-yong dinukil dari media Korea Selatan, Yonhap, Sabtu (27/3/2021).

"Sebelum saya didiagnosis mengidap COVID-19, saya mengalami kesulitan tanpa mengetahui nama penyakit saya selama dua pekan," jelas Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong terpapar virus corona pada pekan lalu. Setelah dirawat selama sepekan di rumah sakit di Jakarta, pelatih berusia 51 tahun itu dinyatakan pulih dari COVID-19, namun tidak dengan penyakit penyertanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Atas Permintaan Keluarga

Shin Tae-yong tidak menjelaskan penyakit kronis apa yang diidapnya, namun, Lee Jae-hong selaku asistennya di Timnas Indonesia pernah mengatakan bahwa bosnya itu memikiki riwayat penyakit diabetes.

Shin Tae-yong mengatakan, tidak mudah baginya untuk mendapatkan pengobatan penyakit kronisnya di Indonesia. Atas permintaan keluarga, pelatih berkharismatik ini memutuskan untuk pulang ke Korea Selatan.

Jika tidak sakit, Shin Tae-yong beserta staf kepelatihan Timnas Indonesia asal Korea Selatan telah berniat untuk pulang kampung selama sebulan.

"Awalnya, saya memang merencanakan untuk berlibur di Korea Selatan selama sebulan dengan semua staf pelatih dari Korea Selatan pada 29 Maret-30 April 2020 setelah berkonsultasi dengan PSSI," imbuh Shin Tae-yong.

Yonhap mengabarkan bahwa ambulans udara yang mengangkut Shin Tae-yong telah terbang pada pukul 08.30 WIB dan dijadwalkan tiba di Bandara Incheon pada hari ini. Seluruh biaya transporasi yang mencapai 130 juta won (Rp1,6 miliar) disebutkan ditanggung sendiri oleh sang pelatih dengan fasilitas dari Kedutaan Besar (Kedubes) Korea Selatan.

Sumber: Yonhap

Video Populer

Foto Populer