3 Pemain Kunci PSS yang Bisa Lukai Persela Lamongan di Piala Menpora: Solidnya Lini Tengah Skuad Asuhan Dejan Antonic

Oleh Vincentius Atmaja pada 28 Mar 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 28 Mar 2021, 09:15 WIB
Irfan Jaya, Kim Kurniawan dan Irkham Mila
Irfan Jaya, Kim Kurniawan dan Irkham Mila. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - Duel sengit akan tersaji pada laga kedua Grup C Piala Menpora 2021 mempertemukan PSS Sleman kontra Persela Lamongan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (28/3/2021).

PSS memburu kemenangan perdana setelah dikalahkan Madura United di laga sebelumnya. Sementara Persela Lamongan baru akan memulai kampanyenya di ajang Piala Menpora.

Khususnya bagi PSS yang telah melakukan persiapan dan mempelajari evaluasi dari partai sebelumnya. Permainan PSS sebenarnya tak buruk-buruk amat ketika dikalahkan Madura United, karena sempat mendominasi dan unggul terlebih dahulu.

Terutama kualitas lini tengah yang menjadi kekuatan utama permainan anak asuh Dejan Antonic. Permainan barisan gelandang PSS sangat rapi dan impresif, membuat tim sekelas Madura United cukup kewalahan.

Bisa dipastikan Dejan Antonic kembali mempertahankan komposisi di barisan para gelandangnya saat meladeni Persela. Setidaknya ada tiga pemain tengah PSS yang sangat vital perannya dan bisa menjadi masalah besar bagi Persela pada matchday kedua Grup C Piala Menpora ini. 

2 dari 5 halaman

1. Irfan Jaya

FOTO: PSS Sleman sementara Unggul 1-0 atas Madura United dalam Laga Grup C Piala Menpora 2021
Striker PSS Sleman, Irfan Jaya melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Madura United dalam laga Grup C Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Selasa (23/3/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Rekrutan anyar yang tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan permainan PSS di ajang Piala Menpora. Mobilitas tinggi ditunjang kecepatan dan kelincahan yang ia miliki merupakan ciri khasnya dia bermain.

Mantan pemain Persebaya Surabaya ini tidak hanya diplot sebagai penyerang sayap kanan, namun ia juga bisa beroperasi di sektor kiri. Daya jelajahnya yang tinggi, Irfan Jaya juga punya insting predator di wilayah pertahanan lawan.

Satu golnya ke gawang Madura United menjadi bukti berapa berbahayanya pemain satu ini. Gol yang ia cetak juga dari skema tendanhan bebas langsung, artinya Irfan Jaya dibekali kualitas bola mati yang tidak bisa diremehkan.

Lini belakang Persela Lamongan yang dikomandoi Eky Taufik wajib mewaspadai pergerakan Irfan Jaya, jika tidak ingin area pertahanan diacak-acak olehnya.

3 dari 5 halaman

2. Kim Jeffrey Kurniawan

PSS Sleman, Kim Jeffrey Kurniawan
Gelandang baru PSS Sleman, Kim Jeffrey Kurniawan. (Dok PSS Sleman)

Rekrutan baru lain PSS yang sudah memberikan kontribusi nyata bagi permainan timnya. Perannya begitu penting dalam menyeimbangkan antara lini belakang dan depan ketika laga pertama kontra Madura United.

Dengan dibekali kualitas kaki kiri dan kecepatan membawa bola, Kim Kurniawan tak canggung sering ikut turun ke belakang membantu pertahanan, maupun maju ke depan menyuplai para penyerangnya.

Kim Kurniawan dikenal memiliki akselerasi di atas rata-rata, terutama saat membawa bola. Ia lebih menyesuaikan untuk permainan aliran bola cepat dari kaki ke kaki, ditambah kualitas umpan jauh yang akurat.

Hadirnya Kim Kurniawan semakin membuat permainan PSS kompak, tak lepas adanya Irfan Bachdim yang merupakan kakak iparnya. Di sisi lain ia pernah bermain satu tim dengan Irfan Bachdim, sehingga chemistry keduanya sudah terbentuk lama.

4 dari 5 halaman

3. Irkham Mila

Gelandang sayap PSS Sleman, Irkham Zahrul Mila.
Gelandang sayap PSS Sleman, Irkham Zahrul Mila. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Gelandang serang yang memang sudah sangat diandalkan PSS sejak beberapa musim terakhir. Irkham Zahrul Mila adalah idola bagi publik PSS khususnya di sektor gelandang sayap.

Perannya sudah terlihat ketika PSS sudah menjuarai Liga 2 di tahun 2018. Satu tempat di sektor sayap tidak akan jatuh ke pemain lain, selain dirinya.

Peran Irkham Mila tidak jauh berbeda dengan Irfan Jaya, sebagai penyerang sayap bisa di posisi kanan maupun kiri. Karakter bermainnya juga sama, dengan mengandalkan kecepatan, kelincahan, dan naluri menusuk jantung pertahan lawan.

Meski berpostur mungil, soal kecepatan berlarinya tidak perlu diragukan lagi. Mila bisa menjadi kembaran Irfan Jaya yang menyulitkan lini belakang lawan, khusunya laga kontra Persela nanti. Minimal bek sayap Persela harus bekerja keras untuk menghentikannya.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓
Ketum PSSI Apresiasi Piala Menpora dan Berharap Liga 1 Bergulir Juli Tahun Ini