Sukses


Derbi Suramadu di Piala Menpora, Ini 3 Bintang Persebaya yang Patut Diwaspadai Madura United

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya bakal menghadapi Madura United dalam matchday kedua Grup C Piala Menpora 2021. Duel bertajuk Derbi Suramadu itu dihelat di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Selasa malam (28/3/2021).

Di turnamen pramusim ini, kualitas kekuatan tim Persebaya mengalami penurunan drastis. Pasalnya, manajemen Bajul Ijo membuat kebijakan dengan tidak merekrut pemain asing dan lebih mengandalkan pemain muda.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, berusaha untuk tetap bisa memanfaatkan pemain yang ada. Meski, sebenarnya tak banyak pilihan yang dimilikinya untuk menampilkan komposisi pemain dalam turnamen pramusim kali ini.

Klub berjulukan Bajul Ijo itu memutuskan untuk mengandalkan pemain muda dalam Piala Menpora 2021. Sebut saja Rachmat Irianto, Koko Ari Araya, Rizky Ridho, Mochammad Supriadi, dan Satria Tama.

Kondisi ini justru membuat Aji bisa mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki oleh para pemain muda tersebut. Meski minim pengalaman, mereka bisa dibilang adalah talenta penting yang menjadi aset bagi klub.

Aji Santoso sendiri dikenal sebagai pelatih yang gemar mengorbitkan pemain muda baru untuk menjadi andalan tim. Sebelumnya, hal serupa sudah diterapkannya saat memoles Saddil Ramdani di Persela Lamongan.

Terlebih lagi, beberapa nama pemain muda Persebaya merupakan pemain jebolan kompetisi internal atau asli Surabaya. Hal itu tentu saja menjadi keuntungan karena mereka sudah lama mendambakan impian bermain untuk tim asal Kota Pahlawan itu.

Apa yang dilakukan Persebaya ini justru menjadi kesempatan untuk melakukan regenerasi pemain. Sebab, mereka akan bertanding empat kali di Grup C Piala Menpora 2021. Artinya, ada banyak kans untuk menambah jam terbang pemain muda.

Sesuai rencana, Persebaya bakal menurunkan mayoritas pemain muda tanpa pemain asing dalam Piala Menpora 2021. Kebijakan ini diambil sebagai langkah mengembangkan talenta muda, di samping Persebaya telah ditinggal banyak pemain.

Di antara 24 pemain yang telah dikontrak Persebaya, hanya dua di antaranya yang telah berusia kepala tiga. Mereka adalah gelandang Rendi Irwan (33 tahun) dan striker Samsul Arif (36). Sisanya bahkan didominasi oleh pemain muda.

Dengan pemain minim pengalaman, Persebaya diprediksi tidak akan kesulitan di Piala Menpora 2021. Sebab, mereka memiliki kemampuan yang cukup baik dengan pencapaian di berbagai Timnas Indonesia.

Itu sudah terbukti dengan keberhasilan Bajul Ijo menang 2-1 atas Persik Kediri di matchday pertama, Selasa (23/3/2021). Apalagi, Persebaya bermain dengan 10 personel sejak menit ke-35 dan tertinggal terlebih dahulu.

Meski berisikan pemain “hijau”, Persebaya diprediksi tetap akan memiliki pemain andalan di masing-masing lini. Bola.com telah merangkum para pemain yang diprediksi menjadi bintang melawan Madura United nanti. Simak ulasannya:

 

Saksikan video Piala Menpora di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Rachmat Irianto

Kapten Persebaya ini termasuk pemain serba bisa yang mampu beroperasi di berbagai posisi. Dia berposisi asli sebagai bek tengah. Namun, pemain akrab disapa Rian itu juga pernah dipasang sebagai gelandang bertahan dan bek kiri.

Persebaya sendiri sedang mengalami krisis bek tengah akibat larangan bertanding yang diterima Rizky Ridho akibat kartu merah saat melawan Persik Kediri. Lalu, Arif Satria masih cedera dan belum bisa bertanding.

Rian kemungkinan bakal kembali menjadi pemain yang menjaga jantung pertahanan. Kemampuannya dalam berduel, merebut bola, melakukan tekel, intersep, dan clearance sudah tentu menjadi modal penting menghalau serangan lawan.

Ketangguhannya di lini belakang sudah terbukti dengan kiprahnya bersama Timnas Indonesia di berbagai kelompok usia. Pemain berusia 21 tahun itu mengawalinya sejak Timnas Indonesia U-19 dan Timnas Indonesia U-22 yang di kedua tim itu dia menjadi kapten tim.

 

3 dari 4 halaman

Hambali Tholib

Posisi gelandang Persebaya selalu diisi oleh pemain asing sejak 2018. Berturut-turut, terdapat Robertino Pugliara, Damian Lizio, Diogo Campos, hingga Makan Konate. Kini, Persebaya akan menggunakan playmaker lokal karena tak merekrut pemain asing.

Di antara stok gelandang serang yang ada, Hambali Tholib diprediksi bakal menjadi sentral permainan Persebaya. Kemampuannya dalam membagi bola cukup apik meski baru berusia 20 tahun.

Hambali bisa memanfaatkan kecerdikannya sebagai pengatur serangan untuk mengoyak pertahanan lawan. Kapabilitasnya sebagai gelandang serang patut menjadi catatan buat Persik Kediri agar pertahanan tak mudah ditembus.

 

4 dari 4 halaman

Samsul Arif

Persebaya hanya memiliki dua stok striker untuk turnamen Piala Menpora 2021. Mereka adalah Samsul Arif dan Rivaldi Bawuo. Samsul sudah resmi dikontrak, sedangkan Rivaldo masih berstatus pemain trial.

Kans besar untuk menjadi ujung tombak utama mengarah pada Samsul Arif. Dia usianya yang sudah mencapai 36 tahun, pemain asli Bojonegoro itu masih tak kehilangan ketajaman dan insting mencetak gol.

Samsul bahkan selalu bersaing di daftar pencetak gol Liga 1 sejak 2017 dan kerap menjadi pemain lokal tersubur. Dengan pengalamannya, dia sangat diharapkan menjadi mesin gol andalan tim asal Kota Pahlawan.

Terlebih, Samsul Arif sudah mencetak dua gol yang semuanya lahir saat melawan Persik. Dia merupakan aktor penting buat Persebaya saat menekuk Macan Putih.

Video Populer

Foto Populer