Sukses


3 Pemain Kunci PSM untuk Kalahkan Borneo FC dan Pastikan Tiket ke Perempat Final Piala Menpora

Bola.com, Makassar - PSM Makassar tinggal selangkah lagi lolos ke perempat final Piala Menpora 2021. Skuad berjuluk Juku Eja hanya butuh hasil imbang atau tidak kalah dengan kebobolan lebih dari tiga gol saat ditantang Borneo FC Samarinda pada matchday ketiga Grup B di Stadion Kanjuruhan, Malang, Rabu (31/3/2021).

Kalau hal di atas terjadi, apapun hasil partai Bhayangkara Solo FC versus Persija Jakarta tak memengaruhi langkah skuad asuhan Syamsuddin Batola.

Meski berada di atas angin, tak membuat PSM lengah. Kepada Bola.com, Syamsuddin Batola menegaskan timnya akan tetap memainkan komposisi terbaiknya menghadapi Borneo FC.

"Saya juga tekankan kepada seluruh pemain agar tetap fokus menghadapi Borneo FC. Pertandingan nanti ibarat final yang harus kami menangkan," kata Syamsuddin.

Lebih lanjut Syamsuddin mengatakan Borneo FC adalah tim yang kuat meski sudah pasti tersingkir usai ditaklukkan Persija pada matchday kedua Grup B. Itulah mengapa PSM mewaspadai kebangkitan Borneo. Apalagi sebelumnya, pelatih Borneo FC, Mario Gomes berjanji akan menurunkan seluruh pemain pilarnya sejak menit awal.

"Mereka tentu punya ambisi meraih kemenangan di Piala Menpora 2021. Jadi, salah besar kalau kami memandang enteng mereka," papar Syamsuddin.

Kalau tampil fokus di laga nanti, peluang PSM mewujudkan asa ke perempat final terbilang besar. Juku Eja hanya butuh menjaga keseimbangan tim dan konsistensi permainan lewat ciri khas cepat dan keras.

Dengan asumsi ini, Bola.com memilih tiga pemain yang dinilai pantas menjadi pilar Juku Eja untuk mengamankan tiket ke perempat final Siapa saja mereka. Berikut ulasannya:

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 4 halaman

1. Hilman Syah

Kiper asal Kabupaten Jeneponto ini tampil gemilang pada dua laga sebelumnya. Berkali-kali aksi heroik ala Hilman Syah mampu meredam keganasan serangan Persija dan Bhayangkara.

Daya rekfleks, kejelian membaca arah bola dan keberaniannya memotong umpan penyerang lawan jadi kelebihan Hilman Syah yang menonjol. Jika tampil seperti pada dua laga sebelumnya, Hilman Syah bakal kembali jadi pahlawan Juku Eja.

Bagi Hilman Syah, Piala Menpora 2021 jadi ajang terbaik buat dirinya untuk unjuk kemampuan. Pasalnya, selama ini ia selalu berada dibawah bayang-bayang kiper yang pernah dimiliki PSM di Liga 1 seperti Rivki Mokodompit, Shahar Ginanjar dan Miswar Saputra.

Melawan Borneo FC, sosok Hilman Syah bakal kembali memainkan peran penting. 

3 dari 4 halaman

2. Hasim Kipuw

PSM beruntung memiliki pemain seperti Hasim Kipuw. Selain masih setia bersama PSM yang tengah dilanda krisis finansial, Hasim membuktikan kapasitasnya sebagai pemain multi posisi.

Sejatinya, ia berposisi asli sebagai gelandang yang belakangan bermain sebagai bek sayap kanan dan stoper. Dalam dua laga di Piala Menpora, Hasim tak hanya menunjukkan kematangan dan ketenangannya dalam menghalau serangan lawan tapi juga turut membantu serangan.

Pada matchday kedua Grup B kontra Bhayangkara, Hasim berkeliaran sampai ke area 16 pertahanan Bhayangkara sebelum melepaskan umpan pendek ke Aji Kurniawan yang kemudian meneruskan bola ke Yakob Sayuri, pencetak gol penyama kedudukan buat PSM.

Penampilan apik Hasim sebagai komando lini belakang ini menepis anggapan PSM bakal jadi bulan-bulanan tim pesaing di Grup B. Seperti diketahui, lini belakang PSM tak lagi perkuat semua pilarnya pada musim 2020 seperti Asnawi Mangkualam, Serif Hasic, Hussein El Dor, Ahmad Agung, Dedi Gumawan, Firza Andika, Roni Beroperay dan Leo Guntara.

4 dari 4 halaman

3. Yakob Sayuri

Meski hanya butuh hasil imbang atau kalah tak lebih dari tiga gol, PSM tetap membutuhkan peran Yakob Sayuri, penyerang sayap yang selalu mencetak gol pada dua laga Juku Eja di Piala Menpora 2021.

Kecepatan dan kejelian mencari ruang kosong ala Yakob Sayuri akan membuat lini belakang Borneo FC tak akan frontal membantu lini depannya untuk memburu gol ke gawang PSM.

Bagi Yakob, penampilannya bersama PSM di Piala Menpora 2021 jadi ajang yang pas untuk menaikkan nilai jualnya. Belakangan, Yakob yang baru saja menjalani pemusatan latihan timnas U-22 persiapan SEA Games 2021 dikabarkan tengah didekati sejumlah klub Liga 1, termasuk Persipura Jayapura yang ditangani Jacksen Tiago.

Seperti diketahui Jacksen adalah pelatih yang pertama kali membawa Yakob merasakan atmosfer Liga 1 kala menangani Barito Putera pada Liga 1 2019.

Video Populer

Foto Populer