Sukses


3 Fakta Menarik di Balik Keberhasilan PSM dan Persija Lolos dari Grup B ke 8 Besar Piala Menpora

Bola.com, Jakarta - Setelah grup A, giliran grup B yang telah menyelesaikan seluruh pertandingan. Dua tim, PSM Makassar dan Persija Jakarta lolos ke fase 8 besar Piala Menpora 2021.

Kepastian itu didapat setelah Persija Jakarta mengalahkan Bhayangkara Solo FC dengan skor tipis 2-1. Sementara pada laga lainnya, PSM Makassar ditahan imbang Borneo FC Samarinda 2-2.

Meski bermain imbang, PSM tetap berhak melaju ke fase 8 besar dengan status runner up. Zulkifli Syukur dkk. mengoleksi lima poin dengan rincian satu kemenangan dan dua imbang.

Sedangkan Persija yang kalah menyesakkan 0-2 dari PSM pada laga perdana justru keluar sebagai juara Grup A Piala Menpora 2021 dengan enam poin. Dua kemenangan yang didapat Riko Simanjuntak cs memastikan tiket fase 8 besar.

Bhayangkara Solo FC harus menerima kenyataan pahit. Empat poin dari satu menang dan satu imbang memaksa tim berjulukan The Guardian itu angkat koper lebih awal karena tersingkir dari Piala Menpora.

Ada beberapa statistik dan fakta menarik di Grup B Piala Menpora 2021. Berikut ini Bola.com merangkumnya:

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 4 halaman

Persija Jadi Tim Kedua yang Menang Meski Bermain dengan 10 Orang

Persija Jakarta harus bermain dengan 10 orang setelah bek tengah Otavio Dutra mendapatkan kartu merah pada laga kontra Bhayangkara Solo FC. Namun, tim berjulukan Macan Kemayoran itu tetap keluar sebagai pemenang.

Statistik mencatat, Persija adalah tim kedua yang mampu meraih kemenangan meski bermain dengan 10 orang. Adapun tim pertama yang mencatatkan statistik ini adalah Persebaya, yang mengukir kemenangan 2-1 atas Persik Kediri di Grup C.

Satu hal yang membedakan adalah, Persija sudah unggul saat Dutra dikartu merah jelang laga berakhir. Sementara Persebaya masih dalam kondisi imbang 0-0 pada babak pertama dan sempat tertinggal lebih dulu.

3 dari 4 halaman

Drama Comeback

Persija Jakarta meraih kemenangan 2-1 dengan cara dramatis. Mereka sempat tertinggal 0-1 pada babak pertama, sebelum bangkit pada babak kedua dan mencetak dua gol yang memastikan kemenangan.

Osvaldo Haay menjadi pencetak gol pertama pada menit 54', disusul oleh Marc Klok menit 79'.

Laga PSM kontra Borneo FC juga diwarnai aksi comeback. Bedanya, tak ada pemenang pada laga ini.

Dua gol PSM yang dicetak masing-masing oleh Saldy (20') dan Zulhan Zamrun (25') dibalas oleh Guy Junior (32') dan Rifal Lastori (65').

4 dari 4 halaman

Poin Perdana

Borneo FC Samarinda bisa sedikit tersenyum. Meski pulang lebih awal dari Piala Menpora 2021, anak asuh Mario Gomez tetap angkat kaki dengan kepala tegak usai meraih poin pertamanya.

Ya, Borneo FC menelan dua kekalahan beruntun saat menghadapi Bhayangkara Solo FC dan Persija Jakarta. Parahnya, mereka juga urung mencetak gol kala itu.

Namun, aksi heroik tak kenal lelah meski tahu sudah tersingkir saat menghadapi PSM patut diapresiasi. Tertinggal 0-2 lebih dulu, semangat juang Pesut Etam berbuah manis setelah Guy Junior dan Rifal Lastori menyamakan kedudukan.

Video Populer

Foto Populer