Sukses


Prediksi Grup C Piala Menpora Persebaya vs Persela: 3 Poin demi Tiket Perempat Final

Bola.com, Bandung - Persebaya Surabaya berpeluang memastikan diri lolos ke perempat final Piala Menpora 2021. Syaratnya, tim Bajul Ijo harus menang saat berjumpa Persela Lamongan dalam lanjutan Grup C di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (3/4/2021).

Persebaya Surabaya sudah mengoleksi enam poin dari dua laga yang sudah mereka mainkan. Kemenangan atas Persela bakal membuat mereka memperoleh sembilan poin.

Angka itu membuat Persebaya bakal menjadi juara grup karena pesaing terdekat, Madura United dan PSS Sleman, baru memiliki empat poin.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, masih menyoroti pertahanan timnya yang masih rapuh. Dalam dua laga, mereka menang dengan skor identik 2-1 atas Madura United dan PSS Sleman. Itu menunjukkan bahwa mereka selalu kebobolan.

“Sebenarnya anak-anak sudah menunjukkan peningkatan bagus. Yang perlu saya benahi pertahanan. Saya juga menginstruksikan untuk bertahan lebih kuat. Disiplin dalam bertahan serta prinsip-prinsip bertahan juga harus dipahami dengan baik,” ucap Aji.

“Kami belum aman jika belum menang lawan Persela. Semua masih berpeluang. Jadi saya sampaikan ke pemain untuk tidak boleh lengah. Fokus pertandingan dan berikan yang terbaik,” imbuh pelatih berlisensi AFC Pro itu.

Persebaya tidak bisa menurunkan kekuatan penuh dalam laga ini. Sebab, gelandang bertahan Muhammad Hidayat harus menjalani larangan bertanding. Lalu, striker Rifaldi Bawuo mengalami cedera hamstring yang kambuh.

“Saya sampaikan ke anak-anak siapapun yang main harus memberikan seratus persen. Saya lebih suka memainkan pemain selama 30 menit, tapi memberikan semuanya untuk tim. Daripada saya pasang pemain malah malas-malasan,” imbuh Aji.

Persebaya lebih diunggulkan untuk memenangi pertandingan ini. Pasalnya, mereka mampu tampil impresif meski berisikan pemain muda. Catatan pertemuan dengan Persela juga menunjukkan Persebaya lebih baik.

Dari enam pertemuan terakhir, Persebaya mampu memenangi tiga di antaranya, berbanding dengan dua kemenangan Persela. Rekor ini menjadi modal positif buat tim Bajul Ijo untuk memenangi pertandingan.

Pertemuan ini jadi menarik karena terdapat sejumlah mantan pemain Persela di skuat Persebaya Surabaya saat ini. Sebut saja Arif Satria, Ady Setiawan, Hambali Tholib, dan Samsul Arif. Bahkan, Aji Santoso juga pernah menukangi Persela.

Video

2 dari 3 halaman

Persela Siapkan Beberapa Skema

Sementara itu, Persela Lamongan sedang menghadapi situasi tidak mudah dengan padatnya jadwal. Mereka baru bertanding Kamis (1/4/2021) saat menahan imbang 1-1 Madura United. Mereka hanya punya istirahat satu hari untuk melawan Persebaya Surabaya.

“Kalau bicara rotasi pasti ada, kami akan lihat kondisinya besok. Saya juga sudah punya plan A dan plan B, bagaimana melakukan rotasi yang sudah kami persiapkan untuk melawan tim berikutnya,” kata Didik Ludianto, pelatih Persela.

“Kami tidak mengeluh jadwal dan recovery. Mungkin ada beberapa rotasi, tergantung kondisi setelah swab test. Walaupun punya rencana, tapi hasilnya tidak tahu, semoga yang terbaik,” imbuh pelatih asli Bojonegoro itu.

Persela juga belum bisa memainkan gelandang Zah Rahan untuk tampil di pertandingan ini. Pasalnya, pemain berpaspor Liberia itu masih terkendala administrasi untuk unjuk kemampuan di fase grup Piala Menpora.

“Untuk Zah saya belum tahu update terbaru, nanti kalau ada update pasti saya kasih kabar. Mungkin prosesnya sudah selesai saya kabari,” ujar Didik.

3 dari 3 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

Persebaya Surabaya (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi (kiper); Abu Rizal Maulana, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, Alwi Slamat (belakang); Ricky Kambuaya, Ady Setiawan, Hambali Tholib (tengah); Marselino Ferdinan, Samsul Arif, Oktafianus Fernando (depan)

Pelatih: Aji Santoso

Persela Lamongan (4-3-3): Dwi Kuswanto (kiper); Eky Taufik, Demerson Bruno Costa, Mochammad Zaenuri, Nasir (belakang); Syahroni, Lucky Wahyu, Zah Rahan (tengah); Malik Risaldi, Melvyn Lorenzen, Riyatno Abiyoso (depan)

Pelatih: Didik Ludianto

Video Populer

Foto Populer