Sukses


Sempat Tertinggal dari Madura United, Persik Bangkit dan Raih 3 Poin Perdana di Piala Menpora 2021

Bola.com, Bandung - Madura United gagal kembali memetik kemenangan dalam lanjutan Grup C Piala Menpora 2021. Laskar Sape Kerap ditekuk 1-2 oleh Persik Kediri di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (3/4/2021) sore. Meski sempat unggul lebih dulu, Madura United akhirnya kalah oleh Persik yang meraih tiga poin pertamanya di turnamen pramusim ini.

Madura United mengambil inisiatif untuk melakukan serangan dengan mengandalkan formasi 3-5-2 dalam laga ini. Beberapa umpan yang sudah dikirim ke lini depan masih gagal menembus pertahanan lawan di menit-menit awal.

Peluang pertama justru dibukukan oleh Persik Kediri pada menit ke-11. Yusuf Meliana mengirim umpan kepada Septian Bagaskara hingga ke jantung pertahanan Madura United. Namun, bola masih belum menemui sasaran.

Persik Kediri terlihat berani bermain terbuka dan menyerang pertahanan Madura United. Beberapa kali, para bek lawan lumayan kewalahan dengan serangan tim Macan Putih. Variasi serangan juga lahir dari beberapa sisi.

Madura United bergantian memberi ancaman ke gawang Persik memasuki menit ke-22 lewat kerja sama Bruno Lopes dan Beto Goncalves. Beto yang sudah di depan gawang tidak mampu mengonversinya menjadi gol.

Hanya semenit berselang, giliran Hugo Gomes Jaja yang merepotkan pertahanan Persik. Kali ini, dia mendapat umpan dari Beto, yang sayangnya juga masih belum menggetarkan jala gawang lawan.

Permainan kedua tim relatif berimbang dengan saling menyerang. Lagi-lagi, Madura United mendapat peluang emas yang sudah tepat mengarah ke gawang Persik memasuki menit ke-36.

Itu berawal dari sepak pojok yang dilepaskan oleh Jaja yang mengarah ke Bruno Lopes. Bola yang memantul berhasil diselesaikan oleh Marckho Meraudje dan hampir masuk. Sayang, masih ada Dany Saputra yang sukses menyapunya.

Madura United akhirnya berhasil membuat kiper Persik, Dian Agus, memungut bola dari gawangnya pada injury time babak pertama. Striker Bruno Lopes sukses melepas tembakan terukur setelah menerima umpan matang dari Jaja.

Namun, hakim garis mengangkat bendera dan wasit Thoriq Alkatiri menganulirnya sebagai offside. Padahal, dalam tayangan ulang memperlihatkan penyerang asal Brasil itu rupanya dalam posisi onside. Skor kacamata 0-0 antara Madura United dan Persik Kediri bertahan hingga turun minum.

Video

2 dari 3 halaman

Madura United Sempat Unggul, Persik Bangkit dan Menang

Madura United mengawali babak kedua dengan lebih agresif demi memenangkan pertandingan ini. Beruntung, mereka mendapatkan hadiah penalti dari wasit setelah pelanggaran yang dilakukan oleh pemain Persik Kediri.

Striker Beto Goncalves tampil sebagai eksekutor tendangan 12 pas. Ia sukses memperdaya Dian Agus dengan mengarahkan tembakan ke sisi kanan gawang Persik. Skor 1-0 untuk Madura United.

Momen emas kembali didapatkan oleh Madura United untuk menambah gol pada menit ke-60. Jaja dalam posisi yang tepat untuk melepas tembakan dari luar kotak penalti. Namun, dia malah masih memainkan bola.

Jaja kemudian mengumpan kepada Bayu Gatra yang berada di sisi kiri pertahanan Persik. Bola lalu dikirimkan ke Slamet Nurcahyo yang sudah tepat di depan gawang. Sayang, bola dengan mudah diamankan oleh Dian Agus.

Keunggulan Madura United tak berlangsung lama. Petaka menghampiri mereka memasuki menit ke-70. Laskar Sape Kerap mendapat hukuman penalti setelah Marckho Meraudje menjatuhkan Faris Aditama di kotak terlarang.

Kapten Persik Andri Ibo kembali tampil sebagai algojo penalti seperti yang dilakukannya saat melawan Persebaya Surabaya (23/3/2021). Andri Ibo lagi sukses mencetak gol lewat titik putih dengan mengarahkan bola ke sisi kanan gawang. Skor sementara 1-1.

Persik Kediri akhirnya berhasil mencetak gol lagi sekaligus berbalik unggul pada menit ke-79 lewat Antoni Nugroho. Pemain bernomor punggung 17 itu mengawalinya dengan melakukan dribel di area kotak penalti.

Antoni sebenarnya dikawal oleh Jaimerson Xavier yang berusaha menutup ruang geraknya. Namun, gerakan Antoni malah tak mampu diantisipasi dan dia berhasil menjebol gawang Muhammad Ridwan. Skor 2-1 untuk Persik.

Tertinggal satu gol membuat Madura United begitu termotivasi untuk terus menekan pertahanan Persik Kediri. Sejumlah peluang didapat oleh tim asuhan Rahmad Darmawan hingga waktu tambahan selama 8 menit diberikan oleh wasit. Sayang, tak ada gol tambahan tercipta.

Persik Kediri berhasil memenangkan pertandingan dan meraih poin pertama mereka di Piala Menpora 2021. Tim berjulukan Macan Putih itu juga sedikit membuka peluang lolos ke delapan besar Piala Menpora 2021,

Madura United yang sementara tetap di peringkat kedua kini hanya tinggal menggantungkan nasib kepada pertandingan lain karena sudah memainkan empat pertandingan di Grup C Piala Menpora 2021, sementara empat tim lain baru memainkan tiga laga pada hari ini.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

  • Persik Kediri (4-3-3): Dian Agus (kiper); Ibrahim Sanjaya, Andri Ibo, M. Sabillah, Dany Saputra (belakang); Aldo Claudio, Ady Eko Jayanto, Sackie Doe (tengah); Bayu Otto, Septian Bagaskara, Yusuf Meilana (depan)
  • Pelatih: Joko Susilo
  • Madura United (3-5-2): Muhammad Ridwan (kiper); Jacob Pepper, Jaimerson Xavier, Kadek Raditya (belakang); Marckho Meraudje, Hugo Gomes Jaja, Zulfiandi, Slamet Nurcahyo, Samuel Christianson (tengah); Bruno Lopes, Beto Goncalves (depan)
  • Pelatih: Rahmad Darmawan

Video Populer

Foto Populer