Sukses


5 Pemain Baru yang Tampil Impresif di Piala Menpora 2021: Talenta Lokal Tak Kalah dari Legiun Asing

Bola.com, Surabaya - Piala Menpora 2021 telah menuntaskan tiga pertandingan fase grup. Tapi, itu hanya berlaku untuk Grup A, Grup B, dan Grup D, yang berisikan empat tim. Grup C masih akan memainkan matchday terakhir pada 7 April mendatang.

Piala Menpora 2021 yang berstatus turnamen pramusim mampu melahirkan beberapa pemain baru yang menunjukkan penampilan impresif. Mereka mencuri perhatian karena berstatus sebagai pemain yang baru berkiprah.

Status sebagai pemain yang baru mendapat sorotan itu didapat lewat kontribusi mereka bersama klub masing-masing. Mereka tidak tampil canggung, justru bisa membuat jalannya pertandingan menarik dan memberi sumbangsih penting.

Beberapa di antaranya masih berusia muda dan mampu membawa timnya lolos ke babak perempat final. Namun, ada pula yang tampil dengan torehan gol apik sayangnya tim yang dibelanya malah hanya sampai fase grup saja.

Ada pula pemain asing yang menjalani musim debutnya berkarier di Indonesia. Adaptasi yang mereka lakukan nampaknya tidak terhambat meski baru kali ini merasakan atmosfer sepak bola Tanah Air.

Bola.com telah merangkum lima pemain yang berhasil mencuri perhatian selama fase grup Piala Menpora 2021. Beberapa catatan statistik pemain diolah dengan disadur dari situs ligaindonesiabaru.com. Simak ulasan berikut ini:

 

Video

2 dari 6 halaman

Pratama Arhan

Pemain muda PSIS Semarang, Pratama Arhan, langsung mencuri perhatian dalam penampilannya di ajang Piala Menpora 2021. Pemain berusia 19 tahun itu ikut berperan meloloskan tim Mahesa Jenar ke babak delapan besar dengan status juara Grup A.

Peran vital Pratama Arhan yang beroperasi di sektor kiri pertahanan PSIS. Meski memiliki posisi asli sebagai bek kiri, oleh pelatih Dragan Djukanovic dirinya agak sedikit digeser ke depan atau lebih bermain ofensif.

Pemain Timnas Indonesia U-19 itu tidak membutuhkan waktu lama menyesuaikan dengan taktik pelatih yang memainkannya lebih ke depan. Bahkan pemain yang akrab disapa Arho tersebut menjadi salah satu senjata permainan PSIS, melalui tusukan dan kecepatannya dari kiri.

Pratama Arhan ikut menjadi mesin gol maupun memberi assist bagi rekannya. Ia mengoleksi dua gol untuk PSIS Semarang, masing-masing ke gawang Persikabo melalui eksekusi penalti, dan gol cantik hasil tendangan bebas ke gawang Arema FC.

 

3 dari 6 halaman

Yakob Sayuri

Nama yang satu ini sebenarnya sudah pernah berkiprah di Liga 1 2019 bersama Barito Putera. Tapi, penampilannya saat itu tidak terlalu mencuri perhatian. Yakob Sayuri baru moncer bersama PSM Makassar di Piala Menpora 2021.

Pemain yang berposisi sebagai winger ini telah menyumbang dua gol dari total lima gol yang dicetak oleh PSM di Grup B. Menariknya, dia hanya membukukan dua tembakan tepat sasaran, yang artinya semua berujung gol.

Tak cuma itu, Yakob Sayuri juga membukukan dua assist dalam tiga pertandingan yang dilakoninya. Artinya, dia terlibat dalam empat dari lima gol yang telah dicetak oleh tim berjulukan Juku Eja tersebut.

Yakob juga memiliki kecepatan dalam mencari celah pertahanan lawan dalam situasi menyerang. Penampilan dan kontribusi untuk PSM yang ditunjukkan oleh pemain asal Papua itu memang patut mendapat apresiasi.

 

4 dari 6 halaman

Yann Motta

Nama yang satu ini masih terhitung asing di telinga pecinta sepak bola Indonesia. Pasalnya, dia memang baru berkarier di Indonesia musim ini dengan bergabung Persija Jakarta sejak Piala Menpora 2021.

Yann Motta menjalani laga debut bersama Persija dengan tidak mulus saat melawan PSM Makassar (22/3/2021). Dalam laga itu, Macan Kemayoran kalah 0-2 dan dia melakukan blunder yang berujung gol kedua tim lawan.

Pemain berpaspor Brasil itu lantas membayar tuntas kesalahannya pada partai kontra PSM Makassar. Bek Persija Jakarta itu turut mencetak satu dari empat gol kemenangan Persija atas Borneo FC Samarinda saat menang dengan skor 4-0 (27/3/2021).

Permainan solidnya berlanjut di laga kontra Bhayangkara FC dalam matchday ketiga Grup B. Persija menang 2-1 dalam pertandingan itu sekaligus menjadi penentu lolos ke perempat final.

Tampil dalam tiga laga Grup D, Yann Motta membukukan 22 sapuan dan 19 intersep. Pemain berusia 21 tahun itu juga mencatatkan 74 umpan berhasil yang membuktikan proses adaptasinya cepatnya bersama Persija.

 

5 dari 6 halaman

Nicolas Velez

Gelandang serang asal Argentina ini juga terhitung nama baru dengan bergabung PSS Sleman di Piala Menpora 2021 ini. Dia tercatat baru membukukan dua penampilan bersama Elang Jawa bersaing di Grup C.

Tapi, kontribusinya cukup apik. Nicolas Velez sudah mencetak satu dari dua gol yang dibukukan oleh PSS. Itu terjadi saat PSS menang 1-0 atas Persik Kediri (1/4/2021). Satu gol lainnya adalah kreasi Irfan Jaya lewat tendangan bebas ke gawang Madura United (23/3/2021).

Velez mampu menjadi kreator serangan di lini tengah PSS dan umpan-umpan terukurnya. Kerja samanya dengan Kim Kurniawan dalam upaya membongkar pertahanan lawan dalam dua pertandingan yang telah dilakoni.

PSS Sleman masih akan menjalani pertandingan terakhir Grup C dengan melawan Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (7/4/2021). Nicolas Velez masih berpotensi menambah cantik catatan statistiknya di fase grup.

 

6 dari 6 halaman

Assanur Rijal

Striker Persiraja Banda Aceh, Assanur Rijal, langsung jadi sorotan publik sepak bola Indonesia saat tampil di Piala Menpora 2021. Dia mengawalinya dengan membawa Persiraja Banda menang 3-1 atas Persita Tangerang pada laga pertama Grup D Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (24/3/2021).

Semua gol Persiraja di laga tersebut dicetak oleh Rijal, dengan dua di antaranya lahir lewat sundulan. Itu membuat striker berusia 25 tahun itu sebagai pemain pertama dan satu-satunya yang mencetak hattrick di Piala Menpora 2021 sejauh ini.

Sosok satu ini belum banyak berkiprah di kasta teratas karena mengawali karier di level klub dengan berkostum Aceh United pada 2017. Saat itu, Aceh United berkiprah di Liga 3 dan kemudian menjadi bagian integral tim yang promosi ke Liga 2 pada 2018.

Selepas dari Aceh United, Assanur Rijal bergabung dengan Persiraja jelang Liga 2 musim 2019. Bersama klub impiannya sejak kecil, Rijal membuat lompatan besar dalam karier sepak bolanya karena membawa Persiraja promosi di Liga 1 2019.

Rijal kembali menambah koleksi golnya saat Persiraja kalah 1-2 dari Persib (2/4/2021). Gol yang dicetaknya lagi-lagi lahir lewat sundulan. Berkat kemampuan dalam sundulan itu, dia mendapat julukan Torres. Raihan empat gol membuatnya menjadi top scorer sementara Piala Menpora 2021.

Sayang, Persiraja gagal menembus babak perempat final lantaran hanya mengoleksi tiga poin dan menduduki peringkat ketiga klasemen akhir Grup D.

Video Populer

Foto Populer