Sukses


Kiper dan Ban Kapten Ikut Rotasi, Persib Tetap Tampil Ciamik di Fase Grup Piala Menpora 2021

Bola.com, Jakarta - Sejak menggelar persiapan mengikuti Piala Menpora 2021 di tengah pandemi COVID-19, Persib Bandung berkomitmen menjadikan turnamen pramusim ini sebagai ajang untuk melihat dan mengukur kemampuan para pemain. Komitmen tersebut terlihat dari rotasi pemain yang dilakukan Robert Alberts dalam tiga laga yang dijalani Persib di Grup D Piala Menpora 2021. Hasilnya, memuaskan!

Persib Bandung berada di Grup D Piala Menpora 2021, yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, bersama Bali United, Persiraja Banda Aceh, dan Persita Tangerang. Sejak awal, Bali United memang dianggap sebagai satu-satunya tim yang bakal merepotkan Persib di fase grup turnamen pramusim ini.

Namun, Robert Alberts selaku pelatih kepala Persib, tak pernah mau jemawa dengan hasil drawing yang didapatkan oleh tim asuhannya. Bahkan dengan fakta sepak bola Indonesia yang vakum selama satu tahun karena pandemi COVID-19, pelatih kebangsaan Belanda itu menilai semua tim punya situasi yang sama, yaitu pemain yang tidak dalam kondisi terbaik.

Persib tidak punya target muluk-muluk. Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono, sejak awal menegaskan bahwa Maung Bandung tidak punya target di Piala Menpora 2021 dan menjadikan ajang ini untuk menilai perkembangan para pemain setelah kembali melakukan latihan bersama.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono. (Bola.com/Erwin Snaz)

"Targetnya tidak juara. Turnamen ini kan sifatnya pramusim. Kami akan menggunakan ini sebagai ajang pemain berlatih dan bermain kembali," kata Teddy setelah drawing Piala Menpora 2021 di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Senin (8/3/2021) malam WIB.

Namun, perasaan tanpa beban target itu sepertinya membantu Persib Bandung untuk bisa bermain lepas dan tampil baik di Piala Menpora 2021. Bahkan komitmen Robert Alberts untuk memainkan semua pemain yang dimilikinya, termasuk tiga penjaga gawang, benar-benar dilakukan dan berjalan dengan baik.

Hasilnya, Persib Bandung melangkah ke delapan besar Piala Menpora 2021 sebagai juara Grup D dengan tujuh poin, hasil dari dua kemenangan dan satu hasil imbang. Prestasi itu menjadi sebuah bonus yang sangat bagus dalam upaya Robert Alberts mengembalikan semua pemainnya ke kondisi terbaik jelang Liga 1 2021.

Video

2 dari 2 halaman

Tidak Ragu Merotasi Pemain, Termasuk Kiper dan Kapten

Robert Alberts cukup berani untuk merotasi para pemainnya dalam ketiga laga di fase grup yang dimainkan Persib Bandung. Hasilnya, Persib Bandung tetap mampu untuk menjadi juara grup. Tidak hanya para pemain outfield yang dirotasi, bahkan kiper hingga ban kapten pun ikut dirotasi oleh mantan pelatih PSM Makassar itu.

Dalam laga pertamanya di Grup D Piala Menpora 2021, Persib bermain imbang 1-1 dengan Bali United. Pada laga tersebut, Robert Alberts menerapkan formasi 4-4-2.

Ferdinand Sinaga diduetkan dengan Frets Butuan yang berhasil mencetak gol dalam laga tersebut. Ferdinand yang sejak awal sudah direncanakan oleh Robert Alberts tidak akan dipaksakan tampil penuh, ditarik keluar dan digantikan oleh Wander Luiz pada menit ke-61.

Pemain Persib Bandung, Frets Listanto Butuan, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Bali United dalam pertandingan Babak Penyisihan Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Rabu (24/3/2021). (Bola.com/Arief Bagus)

Sementara di lini tengah, Persib memainkan Dedi Kusnandar, Esteban Vizcarra, Febri Hariyadi, dan Beckham Putra Nugraha. Tiga dari empat pemain tersebut pun ditarik keluar pada babak kedua untuk memberikan kesempatan kepada Erwin Ramdani, Abdul Aziz Lutfi Akbar, dan Achmad Jufriyanto.

Sementara di lini pertahanan, I Made Wirawan berdiri di bawah mistar gawang dan menjadi kapten tim pada laga tersebut, memimpin empat bek yang berdiri di depannya, Victor Igbonefo, Ardi Idrus, Nick Kuipers, dan Henhen Herdiana yang pada babak kedua digantikan oleh pemain muda Bayu Fiqri.

Pada laga kedua Persib, yaitu ketika menang 3-1 atas Persita Tangerang, Robert Alberts menerapkan formasi 3-5-2. Dhika Bhayangkara berdiri di bawah mistar gawang sementara di depannya ada Victor Igbonefo yang kali ini ditunjuk menjadi kapten, bersama Achmad Jufriyanto dan Bayu Fiqri yang pada laga pertama baru bermain di babak kedua.

Dedi Kusnandar dan Esteban Vizcarra kembali menjadi starter di lini tengah, tapi kali ini ditemani oleh Erwin Ramdani, Abdul Aziz Lutfi Akbar, dan Zalnando. Esteban Vizcarra pun berhasil mencetak gol pertama Persib dalam laga ini.

Satu yang menarik, Robert Alberts tidak ragu untuk menarik kelima gelandangnya itu pada babak kedua untuk memberi kesempatan kepada Febri Hariyadi, Ardi Idrus, Ezra Walian, Beckham Putra, dan pemain asing baru mereka, Farshad Noor untuk tampil. Masuknya Ezra Walian membuat Persib berhasil menggandakan keunggulan sebelum babak pertama berakhir.

Dua pemain Persib Bandung, Wander Luiz (kiri) dan Frets Butuan kanan ketika melawan Persita Tangerang pada partai kedua Piala Menpora di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (29/3/2021). (Bola.com/Ikhwan Yanuar Harun).

Sementara Wander Luiz dipercaya menjadi penyerang bersama Frets Butuan, juga ditarik keluar pada babak kedua untuk kembali memberikan kesempatan kepada Ferdinand Sinaga. Namun, kerjasama antara Wander Luiz dan Frets Butuan tampak solid dalam laga ini, di mana Frets kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk dua laga secara berturut-turut.

Dari pertandingan tersebut, terlihat bagaimana Robert Alberts benar-benar menjadikan momen kompetitifnya Piala Menpora 2021 untuk menguji semua pemain yang dimilikinya, termasuk di posisi kiper. Bahkan ia berani menjamin Teja Paku Alam mendapatkan kesempatan mengawal gawang Persib pada laga terakhir fase grup, yaitu menghadapi Persiraja Banda Aceh.

"Kami memiliki tiga kiper dan dalam tiga laga di fase grup, satu kiper akan bermain dalam satu laga. Siapa pun yang menanyakan hal itu, saya hanya bisa menjawab karena dia kiper dan kami memiliki tiga kiper. Kami akan memainkan satu kiper dalam satu pertandingan. Kami ingin adil kepada semua pemain," tegas Robert Alberts setelah kemenangan atas Persita.

Pada kemenangan 2-1 atas Persiraja pada laga terakhir, Robert Alberts membuktikan ucapannya. Sembari menjajal formasi 3-4-3, Teja Paku Alam mendapatkan kesempatan berada di bawah mistar gawang Persib Bandung. Henhen Herdiana, Nick Kuipers dan Victor Igbonefo berdiri di depannya.

Kemudian di lini tengah, Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi, Zalnando, dan Farshad Noor menjadi penyeimbang tim yang membantu Frets Butuan, Ezra Walian, dan Wander Luiz yang tampil sebagai trio penyerang di lini depan.

Satu yang menarik Wander Luiz, yang mencetak gol pertama Persib, ditarik keluar pada babak kedua dan digantikan oleh Ferdinand Sinaga yang akhirnya mencetak gol penentu kemenangan Maung Bandung dalam laga tersebut.

Striker Persib Bandung, Ferdinand Sinaga melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua timnya ke gawang Persiraja Banda Aceh dalam laga matchday ke-3 Grup D Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (2/4/2021). Persib menang 2-1 atas Persiraja. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Dalam pertandingan ini, Mario Jardel yang menjadi satu-satunya pemain yang tidak tampil dalam dua pertandingan pertama diberikan kepercayaan oleh Robert Alberts untuk tampil menggantikan Henhen Herdiana.

Dengan masuknya Mario Jardel, semua pemain Persib yang dibawa oleh Robert Alberts ke Sleman mendapatkan giliran bermain. Bahkan, hanya ada satu pemain Persib yang tercatat selalu tampil penuh dalam tiga laga tersebut, yaitu Victor Igbonefo.

Setelah melaju ke perempat final dengan semua eksperimen yang dilakukan Robert Alberts, baik formasi maupun komposisi pemain, patut dinantikan bagaimana kelanjutan perjalanan Persib Bandung di Piala Menpora 2021.

Video Populer

Foto Populer