Lawan Ideal untuk Persebaya di Perempat Final Piala Menpora, Persib atau Bali United Nih?

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 07 Apr 2021, 10:15 WIB
Diperbarui 09 Apr 2021, 14:56 WIB
FOTO: Persebaya Raih Kemenangan kedua usai Tundukkan Madura United 2-1 - Rendi Irwan; Tim Persebaya Surabaya
Para pemain Persebaya Surabaya merayakan gol kedua yang dicetak gelandang Rendi Irwan (kedua kiri) ke gawang Madura United dalam laga matchday ke-2 Grup C Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Minggu (28/3/2021). Persebaya menang 2-1 atas Madura United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Bandung - Persebaya Surabaya berada pada posisi yang dilematis pada Piala Menpora 2021. Sudah memastikan tiket lolos ke babak delapan besar, namun klub berjulukan Bajul Ijo itu berada dalam situasi yang tidak menguntungkan.

Persebaya Surabaya saat ini berada di peringkat puncak klasemen sementara Grup C Piala Menpora 2021. Pasukan Aji Santoso menyisakan satu laga terakhir yakni melawan PSS Sleman yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Rabu (7/4/2021) malam WIB.

Apapun hasil yang diraih Persebaya sejatinya sudah tak menentukan nasib di Piala Menpora 2021. Jika mampu meraih kemenangan atau imbang, Persebaya akan lolos ke babak delapan besar dengan status juara Grup C.

Jika kalah, Persebaya tetap lolos ke babak delapan besar, namun dengan status runner-up Grup C. Namun, permasalahannya adalah lawan yang akan dihadapi pada babak delapan besar nanti.

Persebaya akan menghadapi Persib Bandung atau Bali United yang sudah menunggu sebagai perwakilan juara dan runner-up Grup D Piala Menpora 2021. Pelatih Aji Santoso menegaskan, timnya tak akan bermain aman untuk bisa memilih lawan sehingga akan mengeluarkan penampilan maksimal saat melawan PSS.

"Kami akan melawan PSS Sleman yang juga masih punya peluang. Kami juga tidak ingin kalah. Meskipun nanti saya melakukan rotasi, yang jelas kami akan main serius. Kami berusaha menampilkan yang terbaik supaya mendapat hasil maksimal,” kata Aji Santoso.

Lantas, skenario seperti apa yang akan dihadapi Persebaya Surabaya pada babak delapan besar Piala Menpora 2021? Berikut ini penjabaran singkat mengenai laga selanjutnya yang bakal dihadapi Rachmat Irianto dkk.

2 dari 4 halaman

Skuad Komplet

FOTO: Kado Jumat Agung, Gol Ferdinand Sinaga Bawa Persib ke Perempatfinal sebagai Juara Grup D - Wander Luiz
Striker Persib Bandung, Wander Luiz (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persiraja Banda Aceh dalam laga matchday ke-3 Grup D Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (2/4/2021). Persib menang 2-1 atas Persiraja. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Persebaya Surabaya akan menantang Persib Bandung pada babak delapan besar Piala Menpora 2021 andai mampu menutup babak penyisihan dengan status runner-up Grup C. Hal itu terjadi karena Persib merupakan juara Grup D.

Skenario ini sudah jelas tidak menguntungkan buat Persebaya. Persib merupakan klub tangguh yang punya skuad komplet di Piala Menpora 2021.

Klub asuhan Robert Alberts itu tak terkalahkan dalam tiga laga pada babak penyisihan grup. Persib meraih dua kemenangan dan sekali imbang sehingga mampu mengumpulkan tujuh poin.

Persib juga klub yang punya materi pemain melimpah. Pelatih Robert Alberts bisa mengandalkan pemain lokal, asing, dan muda yang secara kualitas tak jauh berbeda.

Hal itu sudah terlihat dari tiga pertandingan pada babak penyisihan grup di mana Robert Alberts selalu mengandalkan susunan pemain yang berbeda-beda. Semuanya berlaku di semua posisi yakni kiper, bek, tengah, dan lini depan.

"Kami datang ke sini untuk bermain sepak bola. Kami membawa 23 pemain dan seluruhnya sudah bermain," kata Robert Alberts.

"Itulah yang menjadi target kami ketika bermain di Piala Menpora, agar semua pemain bisa menikmati bermain sepak bola lagi,"ucap pelatih berpaspor Belanda itu.

Kaya akan materi pemain membuat Robert Alberts leluasa dalam meracik kompetisi yang tepat untuk mengalahkan lawan. Hal inilah yang bakal dihadapi Persebaya jika bertemu Persib.

Di tengah keterbatasan skuad yang ada, Persebaya dituntut mampu menyeimbangkan gaya permainan agresif yang diusung Persib. Pelatih Aji Santoso tentu sadar anak asuhnya harus kerja keras saat menghadapi Persib.

3 dari 4 halaman

Matang Persiapan

FOTO: Gol Ilija Spasojevic Bawa Bali United sementara Unggul 1-0 atas Persita Tangerang - Ilija Spasojevic
Striker Bali United, Ilija Spasojevic (kanan), melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persita Tangerang dalam laga matchday ke-3 Grup D Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (2/4/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Persebaya Surabaya akan menghadapi Bali United pada babak delapan besar Piala Menpora 2021 andai mampu menutup babak penyisihan dengan status juara Grup C. Hal itu terjadi karena Bali United merupakan runner-up Grup D.

Skenario ini juga tak menguntungkan buat Persebaya. Seperti diketahui, Bali United adalah klub yang punya persiapan matang di Piala Menpora 2021.

Klub asuhan Stefano Cugurra Teco itu sudah melakukan persiapan sejak awal Februari lalu. Selain itu, Bali United juga punya waktu persiapan yang panjang karena terakhir bertanding pada 2 April 2021.

"Tentu saja pada pertandingan perempat final tim harus bekerja lebih bagus lagi di lapangan. Saat babak penyisihan grup ini ada tiga pertandingan yang berdekatan," kata Spasojevic seperti dikutip situs resmi klub.

"Jadi, saat ini tim punya waktu istirahat sekaligus persiapan yang lebih matang untuk babak berikutnya. Semoga tim bisa meraih hasil terbaik pada babak selanjutnya," tegas pemain naturalisasi yang sudah mencetak dua gol di Piala Menpora 2021.

Rapor Bali United di Piala Menpora 2021 sejauh ini cukup mengesankan. Klub asal Pulau Dewata itu tak terkalahkan dalam tiga laga babak penyisihan dengan rincian sekali menang dan dua kali imbang.

Bali United punya kekuatan skuad yang merata di semua lini. Pasukan Stefano Cugurra Teco itu tangguh saat bertahan, atraktif dalam membangun serangan, dan punya lini depan yang agresif.

Ketiga aspek itulah yang membuat Bali United bakal membuat masalah andai bertemu Persebaya di babak delapan besar. Apalagi Persebaya hanya mengandalkan skuad yang bermaterikan semua pemain lokal.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Gol-Gol yang Antarkan Persib Bandung ke Semifinal Piala Menpora 2021