3 Gol Terbaik Babak Penyisihan Piala Menpora: Parade Tendangan Bebas dan Cannon Ball

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 08 Apr 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 08 Apr 2021, 09:15 WIB
Piala Menpora -  3 Gol Terbaik Babak Penyisihan
Piala Menpora - 3 Gol Terbaik Babak Penyisihan (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Bandung - Akhirnya, babak penyisihan Piala Menpora telah tuntas. Setelah melalui 56 pertandingan, turnamen pramusim itu memasuki perempat final.

Grup C paling lama menyelesaikan fase grup. Sebab, peserta Grup C berjumlah lima tim, lebih banyak satu klub ketimbang grup lain.

Tiket ke perempat final Piala Menpora telah disegel delapan tim. Dari Grup A, PSIS Semarang muncul sebagai yang terbaik ditemani oleh Barito Putera.

Grup B mewakili dua tim, Persija Jakarta sebagai juara grup dan PSM Makassar selaku runner-up.

Dari Grup C, PSS Sleman harus menunggu hingga matchday terakhir untuk mengkudeta Persebaya Surabaya dari puncak klasemen. Kedua tim sama-sama melaju ke delapan besar.

Terakhir dari Grup D, Persib Bandung bersama Bali United berhasil memenangi persaingan dengan Persiraja Banda Aceh dan Persita Tangerang untuk meramaikan perempat final Piala Menpora.

Sepanjang babak penyisihan, begitu banyak gol-gol terjadi dengan dramatis, indah, maupun keberuntungan. Bola.com mencoba merangkum tiga gol terbaik yang lahir di fase grup Piala Menpora.

2 dari 4 halaman

Free Kick Mematikan

FOTO: PSM Makassar Lolos ke Perempatfinal usai Bermain Imbang 2-2 dengan Borneo FC - Zulham Zamrun
Gelandang PSM Makassar, Zulham Zamrun (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua timnya ke gawang Borneo FC dalam laga matchday ke-3 Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Rabu (31/3/2021). PSM bermain imbang 2-2 dengan Borneo FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Gol terbaik pertama babak penyisihan Piala Menpora versi Bola.com jatuh kepada gol tendangan bebas dari gelandang Barito Putera, Rizky Pora ke gawang PSIS Semarang pada matchday pertama Grup A, 21 Maret 2021.

Ketika itu, pada menit ke-90+4, Barito Putera sedang tertinggal 2-3. Tim berjulukan Laskar Antasari ini mendapatkan tendangan bebas di sisi kiri luar kotak penalti PSIS.

Posisi free kick ini pas sekali bagi Rizky Pora yang berkaki kidal. Pemain berusia 31 tahun itu tinggal memilih untuk memberikan umpan atau mengarahkan bola langsung secara melengkung ke tiang jauh PSIS.

Rizky Pora mengambil cara yang kedua. Mantan winger Timnas Indonesia itu melepaskan tendangan melengkung yang jatuh di ujung tiang kanan PSIS.

Gol injury time Rizky Pora itu begitu berarti bagi Barito Putera. Berkat gol tersebut, Laskar Antasari melakukan epic comeback setelah ketinggalan 0-3 untuk menahan imbang PSIS 3-3.

Gol paling mantap kedua sepanjang babak penyisihan Piala Menpora menurut penilaian Bola.com diberikan kepada Zulham Zamrun. Lagi-lagi, berawal dari tendangan bebas.

Kali ini, jarak free kick Zulham Zamrun lebih jauh dari Rizky Pora. Winger PSM Makassar itu berhasil mengeksekusi tendangan bebas dari pinggir lapangan ketika timnya diimbangi Borneo FC Samarinda 2-2 pada matchday ketiga Grup B, 31 Maret 2021.

Sepakan Zulham Zamrun memang tidak mengarah ke rekan-rekannya. Padahal, dari posisi itu, umumnya pemain mengirimkan umpan ke kotak penalti lawan.

Aksi Zulham Zamrun justru sebaliknya. Sepakan melengkungnya menyasar langsung ke gawang Borneo FC.

Kiper Borneo FC, Angga Saputro, terlihat kaget dengan arah bola. Penjaga gawang berusia 27 tahun itu terlanjur maju untuk memotong bola, namun bola malah mengarah ke gawangnya.

Gol spektakuler Zulham Zamrun itu terjadi pada menit 24 sekaligus membawa PSM unggul 2-0. Pada akhir laga, Borneo FC berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

3 dari 4 halaman

Cannon Ball Slamet Nurcahyo

FOTO: Wajah Lesu Pemain Madura United Usai Dibungkam Persebaya Surabaya di Piala Menpora
Pemain Madura United, Slamet Nurcahyo, tampak lesu usai ditaklukkan Persebaya Surabaya pada laga Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Minggu (28/3/2021). Madura United takluk dengan skor 2-1. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Gol terkeren ketiga di fase Grup Piala Menpora versi Bola.com menjadi milik gelandang Madura United, Slamet Nurcahyo ketika melawan Persebaya Surabaya pada matchday kedua Grup C, 28 Maret 2021.

Slamet mencetak gol dari jarak jauh pada menit ke-49. Gol itu membuat Madura United menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Namun, di akhir laga, tim berjulukan Laskar Sapeh Kerrab ini kalah 1-2 dari Persebaya.

Menerima umpan dari Hugo Gomes, Slamet membalikan badannya untuk menghadap gawang Persebaya. Tanpa ampun, gelandang berusia 37 tahun itu melepaskan tendangan cannon ball ke gawang Satria Tama.

4 dari 4 halaman

3 Gol Terbaik Sepanjang Babak Penyisihan Piala Menpora

Lanjutkan Membaca ↓
Gol-Gol yang Antarkan Persib Bandung ke Semifinal Piala Menpora 2021