Tundukkan Persebaya, PSS Lolos ke Perempat Final Piala Menpora sebagai Juara Grup C

Oleh Aditya Wany pada 07 Apr 2021, 20:11 WIB
Diperbarui 07 Apr 2021, 20:15 WIB
PSS Sleman Vs Persebaya Surabaya
Duel PSS Sleman Vs Persebaya Surabaya pada laga terakhir grup C Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Kab. Bandung, Rabu (7/4/2021). (Bola.com.Ikhwan Yanuar)

Bola.com, Bandung - PSS Sleman berhasil memetik hasil positif dalam laga terakhir Grup C Piala Menpora 2021. Elang Jawa menang tipis 1-0 atas Persebaya Surabaya di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (7/4/2021) malam.

Kedua tim tampak tak begitu terburu-buru dalam memulai pertandingan. Mereka sama-sama berusaha menata untuk melakukan serangan. Peluang pertama pertandingan ini dibukukan oleh Persebaya.

Adalah pemain muda Marselino Ferdinan yang hampir mencatatkan namanya di papan skor setelah melalui skema sepak pojok pada menit ke-5. Skrimit di muka gawang PSS sempat terjadi, namun bola tembakan Marselino masih melenceng.

Kiper Persebaya, Ernando Ari Sutaryadi, melakukan kesalahan fatal dengan mengirim umpan mendatar yang niatnya ditujukan kepada rekan setimnya. Bola kemudian disambar oleh Irfan Bachdim dari sisi kanan serangan PSS.

Bachdim melihat peluang dan ruang kosong sehingga mengirimnya kepada gelandang Kim Kurniawan. Dari sini, bola ditujukan kepada Irfan Jaya yang bisa melakukan tusukan ke sisi kanan pertahanan Persebaya.

Beruntung buat Persebaya. Bola tembakan Irfan Jaya masih tidak menemui sasaran karena melenceng ke sisi kanan gawang Ernando di menit k-13.

Hanya enam menit berselang, gelandang asing PSS, Nicolas Velez, yang memiliki peluang emas dengan tendangan bebas. Sayang, bola sepakannya masih melambung jauh di atas gawang Persebaya.

Memasuki menit ke-41, PSS kembali membukukan peluang penting melalui skema tendangan bebas. Wahyu Sukarta yang menjadi eksekutor mengirim umpan yang menembus jantung pertahanan Persebaya

Asyraq Gufron yang berada di dekat bola gagal memanfaatkan peluang itu. Sampai berakhir babak pertama tak ada gol yang tercipta. Skor 0-0 menghiasi turun minum duel PSS Sleman Vs Persebaya Surabaya.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

PS Sleman vs Persebaya Surabaya
Striker PS Sleman, Velez Nicolas Leandro (kiri) menguasai bola dibayangi gelandang Persebaya Surabaya, Dicky Kurniawan Arifin dalam laga Grup C Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (7/4/2021). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

PSS Sleman langsung tancap gas dalam melakukan serangan memasuki babak kedua. Beruntung, upaya memberi tekanan Bajul Ijo kali ini membuahkan hasil.

Winger PSS, Arsyad Yusgiantoro, dijatuhkan di kotak penalti oleh Reva Adi Utama di menit k-47 dan wasit Yudi Nurcahya menunjuk titik putih. Irfan Bachdim yang tampil sebagai algojo mampu menyarangkan bola ke gawang Persebaya. Skor 1-0 untuk PSS.

Dalam kondisi unggul, PSS tidak mengendurkan serangan. Kali ini, giliran Mario Maslac yang mengancam gawang Persebaya pada menit ke-49. Tapi, bola tidak berhasil masuk ke gawang Ernando.

Tendangan tepat sasaran Persebaya akhir lahir memasuki menit ke-54. Marselino Ferdinan melepas tembakan dari tengah lapangan dan mengarah ke gawang. Bola tipis saja ditepis oleh Ega Rizky sebelum membentur mistar.

Ega Rizky benar-benar dibuat kerepotan dengan serangan Persebaya. Pada menit ke-70, giliran Reva Adi Utama yang melepas tendangan ancaman ke gawang PSS. Beruntung, Ega masih bisa menyelamatkannya.

Tiga menit kemudian, Ega melakukan kesalahan yang hampir membuatnya kebobolan. Dia menangkap bola di kotak penalti setelah Aaron Evans melakukan clearance dengan kaki kiri. Wasit menganggapnya sebagai backpass.

Persebaya pun mendapat hadiah tendangan bebas yang dilakukan di dalam kotak penalti PSS. Sayang, bek Rizky Ridho yang tampil sebagai algojo tidak mampu mengarahkan bola ke gawang PSS karena melambung.

Ega Rizky masih dibuat kerepotan hingga memasuki injury time. Kali ini, giliran Akbar Firmansyah yang melepas tembakan mengarah ke gawang. Ega Rizky mampu melakukan penyelamatan yang membuahkan tendangan sudut untuk Persebaya.

Sampai peluit panjang dibunyikan tak ada gol lagi yang tercipta. Kemenangan ini membuat PSS mengoleksi tujuh poin, sama dengan Persebaya. Namun, PSS unggul head-to-head sehingga lolos ke perempat final dengan status juara Grup C.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

FOTO: PS Sleman Imbangi Persebaya Surabaya Tanpa Gol di Babak Pertama - Irfan Bachdim; Reva Adi Utama
Striker PS Sleman, Irfan Bachdim (kanan) berusaha melewati bek Persebaya Surabaya, Reva Adi Utama (tengah) dalam laga Grup C Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (7/4/2021). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)
  • PSS (4-3-3): Ega Rizky (kiper); Bagus Nirwanto, Asyraq Gufron, Mario Maslac, Samsul Arifin (belakang); Wahyu Sukarta, Kim Kurniawan, Nicolas Velez (tengah); Arsyad Yusgiantoro, Irfan Bachdim, Irfan Jaya (depan)
  • Pelatih: Dejan Antonic
  • Persebaya (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi (kiper); Mokhamad Syaifuddin, Rizky Ridho, Arif Satria, Reva Adi Utama (belakang); Muhammad Hidayat, Dicky Kurniawan, Marselino Ferdinan (tengah); Oktafianus Fernando, Rifaldi Bawuo, Mochamad Supriadi (depan)
  • Pelatih: Aji Santoso   
4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Gol-Gol yang Antarkan Persib Bandung ke Semifinal Piala Menpora 2021