Shin Tae-yong Kenang Masa-masa Kritis karena COVID-19, Akui Naik Ambulans Udara karena Kondisinya Serius

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 08 Apr 2021, 18:10 WIB
Diperbarui 08 Apr 2021, 18:10 WIB
Timnas Indonesia Jalani Prokes Ketat
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengukur suhu tubuh saat tiba di Stadion Madya, Jakarta. (Foto: Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Bola.com, Seoul - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berhasil pulih usai berperang dengan COVID-19. Shin Tae-yong mengaku tak bisa melupakan masa-masa kritis yang dialaminya ketika terinfeksi COVID-19.

Shin Tae-yong terkonfirmasi positif COVID-19 pada pertengahan Maret 2021. Ketika itu, Shin Tae-yong selesai bertugas di pemusatan latihan Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021.

Rencananya, Shin Tae-yong ingin memantau pemain untuk Timnas Indonesia di Piala Menpora 2021. Namun, rencana tersebut gagal setelah pelatih asal Korea Selatan itu dikonfirmasi positif COVID-19.

Kondisi Shin Tae-yong sempat memburuk sehingga pihak keluarga meminta agar bisa dipulangkan ke Korea Selatan. Upaya itu dikabulkan setelah Shin Tae-yong dinyatakan negatif COVID-19.

Dibantu Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta dan PSSI, Shin Tae-yong akhirnya dipulangkan ke Korea Selatan dengan menggunakan ambulans udara. Kabarnya, pihak keluarga sampai harus mengeluarkan dana sebesar 130 juta won (Rp1,6 miliar) untuk ambulans udara sekali penerbangan dari Jakarta ke Korea Selatan.

"Saat itu, kondisi cukup serius sehingga saya harus menggunakan ambulans udara," kenang Shin Tae-yong seperti dikutip KBS News, Kamis (8/4/2021).

Setelah tiba di Korea Selatan, Shin Tae-yong langsung mendapatkan perawatan lanjutan di Rumah Sakit. Namun, pelatih berusia 51 tahun itu hanya dirawat selama tiga hari kemudian dilanjutkan dengan melakukan karantina mandiri.

"Saya menerima perawatan intensif selama tiga hari di Rumah Sakit setelah kembali ke Korea. Sekarang, kesehatan saya sudah sangat pulih," tegas Shin Tae-yong.

2 dari 3 halaman

Tonton Asnawi

Laga Uji Coba Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat pertandingan uji coba melawan Timnas Indonesia. (Foto: Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Shin Tae-yong akan menyelesaikan masa karantina usai COVID-19 pada Sabtu (10/4/2021). Sehari setelahnya, Shin Tae-yong mengaku akan langsung menonton penampilan Asnawi Mangkualam bersama Ansan Greeners dalam laga melawan Jeongnam Dragons.

Kehadiran Shin Tae-yong di Ansan Wa Stadium itu dilakukan untuk memberikan dukungan pada Asnawi Mangkualam. Selain itu, Shin Tae-yong juga ingin melihat perkembangan pemain Timnas Indonesia tersebut.

"Saya akan kembali ke Indonesia pada tanggal 2 bulan depan (Mei). Sebelum itu, saya akan hadir di stadion demi menonton secara langsung penampilan pemain Timnas Indonesia di Ansan Greeners yakni Asnawi," ucap Shin Tae-yong

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓