Sukses


Menanti Kombinasi Manis Marko Simic dan Riko Simanjuntak di Piala Menpora: Persija Bisa Jadi Mimpi Buruk Barito Putera

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta menghadapi Barito Putera dalam pertandingan perempat final Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (10/4/2021) malam. Macan Kemayoran punya begitu banyak pemain bintang, tapi ada dua yang benar-benar harus diwaspadai oleh Barito Putera.

Persija Jakarta, yang lolos ke perempat final Piala Menpora 2021 sebagai juara Grup B, wajib diwaspadai oleh Barito Putera. Tim asuhan Djadjang Nurdjaman itu tentu harus bersiap untuk dieksploitasi oleh keunggulan pilar Persija di semua lini.

Namun, seperti yang sudah terjadi dalam beberapa musim terakhir, ancaman terbesar Persija untuk Barito Putera akan datang dari sisi sayap kanan yang kemudian bekerja sama dengan baik dengan sang ujung tombak di area penalti.

Kombinasi mematikan Persija itu bernama Marko Simic dan Riko Simanjuntak. Dua pemain berbeda ukuran yang punya keistimewaan masing-masing, tapi kerap membuahkan hasil manis bagi Macan Kemayoran lewat kolaborasi keduanya.

Marko Simic adalah striker bertubuh besar milik Persija yang sudah dikenal tajam sejak Piala Presiden 2018. Striker asal Kroasia itu merupakan mesin gol utama Macan Kemayoran dengan senjata yang lengkap, baik kaki kanan dan kiri, serta tandukan kepala yang keras.

Sementara itu, Riko Simanjuntak adalah pemain bertubuh mungil yang memiliki kecepatan dan dribel luar biasa di sisi sayap permainan Persija Jakarta. Pergerakan yang cepat dan lincah kerap membuat lini pertahanan lawan kerepotan untuk mengatasinya.

Video

2 dari 3 halaman

Kombinasi Luar Biasa sejak 2018

Harus diakui bahwa kolaborasi antara Marko Simic dan Riko Simanjuntak sudah terjadi sejak Persija Jakarta sukses meraih gelar juara Piala Presiden 2018 dan berlanjut dengan titel Liga 1 2018.

Pergerakan Riko Simanjuntak dari sisi kanan kerap membuat pertahanan lawan tak bisa berbuat banyak hingga akhirnya bola dikirimkan ke jantung pertahanan lawan dan Marko Simic muncul sebagai finisher yang mempersembahkan gol untuk Macan Kemayoran.

Kolaborasi antara Marko Simic dan Riko Simanjuntak tidak hanya terjadi di Piala Presiden dan Liga 1 2018, tapi juga di Piala AFC. Hal yang sama kembali terjadi pada musim 2019.

Riko Simanjuntak yang kerap menjadi pelayan Marko Simic telah mencetak 3 gol di Liga 1 sejak 2018 dan 18 assist, di mana sebagian besar diberikan untuk Simic.

Sementara sang striker sudah mengemas 48 gol dan 4 assist di Liga 1 sejak 2018. Raihan keduanya itu baru sebatas di Liga 1, belum lagi di Piala Presiden dan Piala AFC.

3 dari 3 halaman

Belum Terlihat di Fase Grup Piala Menpora

Sayangnya, kombinasi permainan di antara Riko Simanjuntak dan Marko Simic belum benar-benar terlihat di Piala Menpora 2021. Satu tahun tidak bermain bersama karena terhentinya Liga 1 2020 tampaknya cukup memengaruhi chemistry di antara keduanya.

Dari enam gol yang dicetak oleh Persija Jakarta setelah menjalani tiga pertandingan di Grup B Piala Menpora 2021, Marko Simic hanya berhasil mencetak satu gol, setelah mendapatkan assist dari Osvaldo Haay dalam laga kontra Borneo FC.

Sementara itu, Riko Simanjuntak juga baru mengemas satu assist, yang terjadi saat Osvaldo Haay mencetak gol ke gawang Bhayangkara FC.

Harus diakui bahwa dalam tiga laga yang dilewati Persija di fase grup Piala Menpora 2021, ada pemain yang lebih cemerlang ketimbang Marko Simic dan Riko Simanjuntak. Mereka adalah Marc Klok dan Osvaldo Haay.

Namun, bukan tidak mungkin dalam laga kontra Barito Putera di perempat final Piala Menpora 2021 nanti malam, Riko Simanjuntak dan Marko Simic akan kembali padu setelah berhari-hari bermain dan berlatih bersama kembali.

Video Populer

Foto Populer