Sukses


Aji Santoso Berharap Wasit Tidak Membuat Keputusan Salah di Perempat Final Piala Menpora

Bola.com, Sleman - Kepemimpinan wasit selama fase grup Piala Menpora 2021 banyak menjadi perbincangan. Ada beberapa keputusan yang dirasa tidak tepat dan merugikan beberapa klub.

Madura United sudah mengalami hal tersebut ketika dua gol yang mereka cetak dianulir dan dianggap offside dalam pertandingan Grup C Piala Menpora 2021. Padahal, dalam tayangan ulang, pencetak gol dalam posisi onside.

Jika gol itu disahkan, mungkin kiprah tim asuhan Rahmad Darmawan itu tidak terhenti di fase grup. Pada akhirnya, Laskar Sape Kerap harus puas dengan raihan empat poin dan menghuni posisi juru kunci Grup C.

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, berharap kepemimpinan wasit bisa lebih baik lagi ketika memasuki perempat final. Kebetulan, timnya bakal berjumpa dengan Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4/2021) malam.

“Kalau ada kesalahan di fase grup itu tidak disengaja, karena faktor manusia yang ada batasnya. Mudah-mudahan kesalahan yang dilakukan tidak terjadi lagi. Saya berharap di babak 8 besar Piala Menpora ini wasit lebih jeli lagi,” kata Aji Santoso, Sabtu (10/4/2021).

“Kami selalu menghormati keputusan wasit. Saya sebenarnya tidak mau berkomentar soal wasit, karena tidak berpengaruh kepada tim. Kepemimpinan wasit harus berusaha yang terbaik, itu saja menurut saya,” imbuh Aji Santoso.

Video

2 dari 2 halaman

Cukup Diuntungkan di Fase Grup

Persebaya Surabaya mengantongi tujuh poin dari empat pertandingan di Grup C Piala Menpora. Hasil ini pun sebenarnya membuat Bajul Ijo termasuk tim yang diuntungkan dengan kepemimpinan wasit selama fase grup.

Sebab, satu dari dua gol Madura United yang dianulir wasit itu terjadi saat berhadapan dengan Bajul Ijo (28/3/2021).

Itu bermula saat striker Beto Goncalves yang mencetak gol pada menit kelima. Setelah gol itu tercipta, wasit Musthofa Umarella melihat asisten wasit atau hakim garis mengangkat bendera sehingga gol itu dianulir.

Padahal, dalam tayangan ulang, terlihat jelas Beto dalam posisi onside sebelum gol itu lahir. Laga itu berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk Persebaya. Padahal, jika gol disahkan, Persebaya harus puas bermain 2-2 dan hanya mendapat satu poin.

Artinya, jika insiden itu tidak terjadi, Persebaya sebenarnya hanya mengantongi lima poin di Grup C. Berbeda dengan Madura United yang seharusnya memiliki enam poin karena mereka mendapat tambahan dua poin atas gol yang disahkan.

Video Populer

Foto Populer