Sukses


Perjalanan Persib ke Semifinal Piala Menpora 2021: Mulus Sejak Awal dan Dibarengi Konsistensi, Calon Juara?

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung menjadi tim paling difavoritkan keluar sebagai juara Piala Menpora 2021. Sebagai satu di antara kontestan semifinal, perjalanan tim berjulukan Maung Bandung sejak babak penyisihan grup bisa dikatakan berjalan mulus dan nyaris seluruh pertandingan dilalui dengan hasil yang positif.

Di sisi lain, keberhasilan Ezra Walian dkk. lolos ke semifinal bisa dibilang melebihi target. Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahyono awalnya tidak membebankan tim dengan target tinggi dalam kiprahnya di turnamen pramusim itu.

"Disyukuri saja, kan memang dari awal tidak pernah ada target jadi juara Piala Menpora 2021," kata Teddy kepada wartawan, Rabu (31/3/2021) silam.

"Ajang ini Persib manfaatkan untuk membuat pemain bisa bermain lagi, berlatih lagi, bisa mengembalikan stamina, fisiknya, dan mengembalikan sentuhan mereka terhadap bola," kata Teddy.

Namun ternyata semangat juang dan fakta di lapangan tak sejalan dengan target 'asal coba-coba'. Sejak ditahan imbang oleh Bali United pada laga pertama fase grup, laju Persib seperti sulit dihentikan. Tercatat mereka menang tiga kali berturut-turut, termasuk di babak delapan besar kontra Persebaya.

Persib juga selalu mencetak gol pada tiap laganya. Ini mengindikasikan bahwa meski persiapan tak sebaik tim lain seperti Bali United yang punya waktu dua bulan, tak ada sentuhan dan mental juara yang berkurang sedikitpun.

Tidak ada salahnya melihat kembali perjalanan Persib Bandung sebagai penantang serius di ajang Piala Menpora 2021 ini, dari fase grup ke babak gugur. Berikut ulasan versi Bola.com tentang perjalanan Ferdinand Sinaga cs.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Perkasa di Penyisihan Grup

Persib Bandung tergabung di grup D dalam ajang turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Victor Igbonefo dan kawan-kawan harus bersaing dengan tim kuat Bali United serta dua tim berstatus promosi, Persita Tangerang dan Persiraja Banda Aceh.

Laga pertama, Persib Bandung harus berjumpa dengan pesaing terberatnya, Bali United. Pembuktian dua tim berstatus tim favorit tersebut berakhir imbang 1-1. Persib tertinggal lebih dulu melalui bek asing Bali United, Willian Pacheco.

Namun mental juara Persib keluar dengan mampu mengejar ketertinggalan, menjelang waktu normal berakhir. Gol penyama kedudukan dilesakkan oleh Frets Butuhan, meski sayangnya Persib gagal memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dalam laga ini.

Laju kencang Persib pun baru dimulai pada pertandingan kedua, berjumpa Persita Tangerang. Dengan mudah tim pujaan Bobotoh itu meraih angka penuh, lewat kemenangan meyakinkan 3-1.

Kemenangan tersebut semakin membuat motivasi para penggawa Persib meningkat, untuk laga terakhir di fase grup kontra kuda hitam Persiraja. Tim promosi yang mampu membuat kejutan dengan punya peluang lolos.

Namun lewat konsistensi permainan, keunggulan kualitas pemain, Persib mampu menyudahi perlawanan sengit dari Persiraja. Skor tipis 2-1 menutup kemenangan Persib dan memastikan lolos ke babak delapan besar dengan status juara grup D dengan koleksi tujuh poin.

3 dari 6 halaman

Memenangi Final Kepagian

Lantas Persib harus bertemu tim raksasa asal Jawa Timur sekaligus saudara tuanya, Persebaya Surabaya di babak delapan besar. Dua tim yang sama-sama menunjukkan permainan menghibur selama gelaran Piala Menpora.

Banyak kalangan menyebut duel klasik ini sebagai partai final kepagian, karena sudah harus bertemu terlebih dahulu di babak perempat final. Benar saja laga berlangsung sengit sejak menit pertama hingga laga bubar.

Skor akhir berkedudukan 3-2 untuk kemenangan Persib, yang semua golnya tercipta di babak pertama. Meski Persebaya mampu mengejar defisit dua gol, kemenangan Persib tak terhindarkan dan memastikan langkah ke babak semifinal.

Di babak empat besar nanti, Persib akan berjumpa PSS Sleman. Tentunya konsistensi permainan dan mental bertanding Persib kembali diuji, untuk kesekian kalinya.

Namun dengan melihat kedalaman skuad, kekompakan bermain, hingga racikan taktik Robert Alberts, sudah cukup menjadi modal Persib melaju lebih jauh lagi. Dengan sudah melangkah ke semifinal, trofi Piala Menpora 2021 bukan mustahil diraih Persib.

4 dari 6 halaman

Masih Ada PR?

Setelah memastikan tiket ke perempat final, Robert Rene Alberts merasa masih memiliki pekerjaan yang belum tuntas. Sukses mencatatkan sembilan gol, termasuk tiga gol ke gawang Persebaya, Persib punya rekor kebobolan yang buruk.

"Enam gol itu tidak begitu banyak sebenarnya. Tapi tidak buruk, mencetak enam gol dan kemasukan tiga gol itu lumayan," cetus Robert setelah laga kontra Persiraja.

Setelah ketambahan dua gol lagi, Persib kini total kebobolan lima kali dari empat pertandingan. Jelas ini jadi PR buat ke depannya, terutama saat Liga 1 2021 resmi dibuka.

Selama babak penyisihan, Persib Bandung kerap kebobolan sedikitnya satu gol, baik saat lawan Bali United, Persita Tangerang, maupun Persiraja Banda Aceh. Konsentrasi di lini belakang yang berisikan Nick Kuipers, Victor Igbonefo, dan Ahmad Jupriyanto tentunya masih harus diperbaiki oleh Robert.

5 dari 6 halaman

Statistik Tim

Persib Bandung

  • Main: 4
  • Menang: 3
  • Imbang: 1
  • Kalah: 0

Mencetak gol: 9

Kebobolan: 5

Hasil Pertandingan Fase Grup

  • Persib Bandung 1-1 Bali United
  • Persita Tangerang 1-3 Persib Bandung
  • Persib Bandung 2-1 Persiraja Banda Aceh

Hasil Pertandingan Fase Gugur

  • Persib Bandung 3-2 Persebaya Surabaya (Perempat final)
6 dari 6 halaman

Statistik Individu

 

 

Top Scorer:

  • 2 - Frets Butuan, Ezra Wallian, Wander Luis
  • 1 - Esteban Vizcarra, Ferdinand Sinaga, Nick Kuipers

Assist:

  • 2 - Frets Butuan, Wander Luis
  • 1 - Esteban Vizcarra, Bayu Fiqri, Febri Hariyadi, Farshad Noor, Beckham Putra

Kartu Kuning:

  • 2 - Nick Kuipers, Beckham Putra, Ardi Idrus
  • 1 - Victor Igbonefo, Esteban Vizcarra, Abdul Aziz, Ezra Wallian, Febri Hariyadi, Farshad Noor

Video Populer

Foto Populer