Perempat Final Piala Menpora 2021: Drama Kartu Merah dan Gol Dianulir, PSS Kalahkan Bali United Lewat Adu Penalti

Oleh Aditya Wany pada 12 Apr 2021, 22:50 WIB
Diperbarui 12 Apr 2021, 23:37 WIB
PS Sleman Vs Bali United
Pemain PS Sleman Arthur Daniel Irawan (lompat kanan) duel udara dengan pemain Bali United, Fadil Sausu dalam pertandingan perempat final Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Senin (12/4/2021).(Ikhwan Yanuar Harun/Bola.com)

Bola.com, Jakarta - PSS sukses menggenggam tiket semifinal Piala Menpora 2021. Mereka menang 4-2 atas Bali United dalam babak adu penalti setelah bermain 0-0 di waktu normal dalam perempat final di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (12/4/2021) malam.

Kedua tim masih meraba-raba untuk melakukan serangan di menit-menit awal. Tapi, peluang pertama dibukukan oleh Bali United pada menit ke-4. Bek Haudi Abdillah melakukan sundulan setelah menerima umpan lambung, sayang bola tepat mengarah ke kiper PSS, Ega Rizky.

Bali United terlihat lebih agresif dan berusaha untuk mencetak gol terlebih dahulu di laga ini. Kali ini giliran Yabes Roni Malaifani yang melepas tembakan di menit k-10. Lagi-lagi gagal berbuah gol karena bola melambung ke atas gawang Elang Jawa.

Tim Serdadu Tridatu sebenarnya berhasil mencetak gol saat pertandingan memasuki menit ke-18. Itu berawal dari umpan yang dikirim oleh Hariono kepada Stefano Lilipaly saat keduanya berada di dalam kotak penalti lawan.

Lilipaly kemudian mengirim umpan silang yang sukses ditanduk oleh Yabes Roni. Bola diarahkan kepada Ilija Spasojevic yang berada di jantung pertahanan PSS. Namun, bola terkena bek kiri PSS, Samsul Arifin, dan memantul ke gawang sendiri.

Dari tayangan ulang, sebenarnya terlihat bahwa bola sudah melewati garis gawang sebelum dibuang oleh kiper Ega Rizky untuk kembali ke dalam. Namun, wasit tidak mengesahkannya, sehingga pertandingan masih berkedudukan 0-0.

Yabes Roni sempat melakukan protes karena melihat bola itu seharusnya menjadi gol buat timnya. Namun, pemain lain tidak melakukan hal serupa. Sehingga wasit bergeming dan melanjutkan pertandingan.

Pada menit ke-22, giliran PSS Sleman yang hampir mencetak gol lewat pemain sayap Irfan Jaya. Dia melakukan aksi individu dan mencari ruang tembak dari luar kotak penalti. Tembakannya mendatar ke gawang Bali United dan mudah diamankan oleh Wawan Hendrawan.

Peluang emas lewat skema yang sama kembali didapat oleh PSS Sleman, namun kali ini lewat Nicolas Veles. Dia melepas tembakan keras yang sayangnya malah melambung jauh ke atas mistar gawang Bali United.

Jelang turun minum, Bali United nyaris saja mengungguli kedudukan. Itu berawal dari Andhika Wijaya yang mengirim umpan silang dari sisi kanan serangan. Bola dihalau oleh Samsul Arifin dengan sundulan, yang nyaris mengarah ke gawang sendiri.

Kedudukan imbang tanpa gol menghiasi berakhirnya babak pertama pertandingan ini.

 

2 dari 5 halaman

Jalannya Babak Kedua

FOTO: PS Sleman Imbangi Tanpa Gol Bali united di Babak Pertama - Ilija Spasojevic; Fabiano Beltrame
Striker Bali United, Ilija Spasojevic (kanan) mengontrol bola dibayangi bek PS Sleman, Fabiano Beltrame dalam laga perempatfinal Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (12/4/2021). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Memasuki babak kedua, kedua tim semakin tampil agresif dan bergantian melakukan serangan.

Beberapa kali Bali United gencar dalam melakukan serangan lewat long pass dari tengah. Akan tetapi, kebanyakan dari umpan itu masih belum tepat ke arah pemain lini depan.

Pada menit ke-61, Bali United kembali mendapat peluang emas di dalam kotak penalti PSS. Kali ini melibatkan umpan dari M. Rahmat ke arah Spasojevic yang diteruskan ke Lilipaly. Sayang, kontrol bola yang lemah membuah Ega Rizky mudah mengamankannya.

Hanya dua menit kemudian, Serdadu Tridatu kembali memberi ancaman kepada Elang Jawa. Ricky Fajrin mengirim umpan silang dari sisi kiri ke jantung pertahanan. Lerby Eliandry berusaha menyambutnya, sayang sontekannya tipis di sisi kiri gawang PSS.

Petaka menghampiri Bali United pada menit ke-69. Mereka harus berlaga dengan 10 pemain saja karena Andhika Wijaya mendapat kartu kuning itu. Penyebabnya, dia melakukan pelanggaran terhadap Saddam Ghaffar di tengah lapangan.

Dalam kondisi kalah jumlah pemain, Bali United terlihat ingin mempertahankan kedudukan imbang sampai 90 menit pertandingan berakhir. Mereka ingin mengakhiri pertandingan ini dengan babak adu penalti.

Hal itu dibuktikan dengan menarik keluar kiper Wawan Hendrawan dan memasukkan Samuel Reimas yang disiapkan untuk adu tos-tosan. Skor 0-0 masih tidak berubah sampai wasit meniup peluit panjang.

 

 

3 dari 5 halaman

Adu Penalti

FOTO: PS Sleman Imbangi Tanpa Gol Bali united di Babak Pertama - Velez Nicolas Leandro
Striker PS Sleman Velez Nicolas Leandro (kiri) menendang bola ke gawang Bali United yang dikawal Wawan Hendrawan dalam laga perempatfinal Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (12/4/2021). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Dalam adu penalti, empat eksekutor PS Sleman sukses memperdaya Reimas, yakni Irfan Jaya, Kim Kurniawan, Fabiano Beltrame, dan Wahyu Sukarta.

Sedangkan Bali United hanya mampu menjebol gawang PSS dua kali lewat Stefano Lilipaly dan Lerby Eliandry. Dua eksekutor lainnya, Dias Angga dan Willian Pacheco, gagal menggetarkan jala gawang lawan.

Skor 4-2 di babak adu penalti membuat PSS Sleman melaju ke semifinal dan akan berjumpa dengan Persib Bandung.

4 dari 5 halaman

Susunan Pemain

PS Sleman vs Bali United
Striker PS Sleman, Velez Nicolas Leandro (kedua dari kanan) menguasai bola di antara tiga pemain Bali United dalam laga perempatfinal Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (12/4/2021). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)
  • PSS (4-3-3): Ega Rizky (kiper); Arthur Irawan, Mario Maslac, Fabiano Beltrame, Samsul Arifin (belakang); Aaron Evans, Irkham Mila, Kim Kurniawan (tengah); Nicolas Velez, Arsyad Yusgiantoro, Irfan Jaya (depan)
  • Pelatih: Dejan Antonic
  • Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (kiper); Andhika Wijaya, Haudi Abdillah, Willian Pacheco, Ricky Fajrin (belakang); Fadil Sausu, Hariono, Rizky Pellu (tengah); Yabes Roni Malaifani, Ilija Spasojevic, Stefano Lilipaly (depan)
  • Pelatih: Stefano Cugurra Teco
5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓
Ketum PSSI Apresiasi Piala Menpora dan Berharap Liga 1 Bergulir Juli Tahun Ini