Lolos ke Semifinal Piala Menpora, PSS Lebih Siap Hadapi Adu Penalti ketimbang Bali United

Oleh Vincentius Atmaja pada 13 Apr 2021, 03:15 WIB
Diperbarui 13 Apr 2021, 03:15 WIB
FOTO: PS Sleman Imbangi Tanpa Gol Bali united di Babak Pertama - Velez Nicolas Leandro; Hariono
Striker PS Sleman, Velez Nicolas Leandro (depan) mengontrol bola dibayangi gelandang Bali United, Hariono dalam laga perempatfinal Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (12/4/2021). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Bola.com, Bandung - PSS Sleman akhirnya melengkapi daftar empat tim yang akan tampil di babak semifinal Piala Menpora 2021. PSS mendepak Bali United lewat adu penalti pada laga delapan besar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (12/4/2021).

Dalam partai sengit tersebut, PSS unggul melalui adu tos-tosan tendangan penalti 4-2, setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol 0-0 sepanjang 2 x 45 menit. Pada waktu normal, permainan PSS memang lebih banyak bertahan dan melancarkan serangan balik.

Pemain belakang PSS yang dipimpin kapten tim Fabiano Beltrame berhasil menahan gempuran serangan Bali United. Anak asuh Dejan Antonic sanggup membuat Bali United kesulitan dalam memecah kebuntuan.

Alhasil, pemenangnya harus ditentukan oleh adu tendangan penalti. Mental dan kepercayaan diri para algojo PSS tampaknya lebih baik dari para eksekutor Serdadu Tridatu (julukan Bali United).

Empat penendang PSS Sleman sukses menjalankan tugas dengan baik, yaitu Irfan Jaya, Fabiano Beltrame, Kim Jeffrey Kurniawan, dan Wahyu Sukarta. Sementara dua algojo Bali United gagal yaitu Dias Angga dan Willian Pacheco.

2 dari 4 halaman

Strategi

PS Sleman vs Bali United
Bek PS Sleman, Arthur Daniel Irawan (kanan) berduel udara dengan gelandang Bali United, Fadil Sausu dalam laga perempatfinal Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (12/4/2021). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Ternyata, PSS Sleman memang sudah mempersiapkan dengan baik untuk mengantisipasi terjadinya adu penalti. Hal itu diakui oleh pelatih Dejan Antonic dalam konferensi pers usai pertandingan.

Beberapa hal ia lakukan adalah demi mempersiapkan dengan baik untuk menghadapi potensi adu penalti. Beberapa diantaranya memasukkan pemain yang dipilihnya sebagai eksekutor penalti.

"Tentu saja memang sudah dipersiapkan sebelum itu (adu penalti), terutama memasukkan Wahyu Sukarta. Semua memang sudah kami persiapkan, termasuk di dalam sesi latihan," beberapa Dejan Antonic menjawab pertanyaan Bola.com.

"Kemudian melihat kepercayaan diri dan kedisiplinan pemain. Saya lihat mereka bekerja dengan baik dan hasilnya sangat memuaskan," lanjut eks pelatih Madura United.

3 dari 4 halaman

Puji Fabiano Beltrame

FOTO: PS Sleman Imbangi Tanpa Gol Bali united di Babak Pertama - Ilija Spasojevic; Fabiano Beltrame
Striker Bali United, Ilija Spasojevic (kanan) mengontrol bola dibayangi bek PS Sleman, Fabiano Beltrame dalam laga perempatfinal Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (12/4/2021). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Di sisi lain, Dejan Antonic secara khusus juga memuji performa Fabiano Beltrame. Bek senior yang bermain apik dalam laga itu. Ia punya peran besar dalam membantu PSS memastikan tiket ke babak semifinal.

Ia tampil selamat 90 menit penuh di jantung pertahanan dan mengemban tugas sebagai kapten tim. Pengalaman serta kualitasnya belum habis, meski usia sudah tidak muda lagi. Terbukti ia mampu membuat Ilija Spasojevic seperti mati kutu dalam mengancam gawang PSS.

"Fabiano bermain luar biasa malam ini. Semua tahu kualitasnya, dan itulah resiko seorang pelatih seperti saya untuk memainkannya. Ternyata dengan hasil yang istimewa malam ini," tegas Dejan Antonic.

Atas kemenangan ini, PSS melenggang ke babak semifinal untuk berjumpa dengan tim kuat lainnya Persib Bandung. PSS sedikit diuntungkan saat babak semifinal nanti, karena untuk leg pertama akan digelar di Stadion Maguwoharjo, yang merupaka rumah tim berlogo Candi Prambanan tersebut.

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓