Sukses


Bentrok Kapten Persija Vs PSM di Piala Menpora: Adu Kharisma Andritany Ardhiyasa dan Zulkifli Syukur

Bola.com, Sleman - Peran kapten begitu penting bagi sebuah tim, baik di dalam dan luar lapangan. Faktor kepemimpinan dari Andritany Ardhiyasa dan Zulkifli Syukur dapat memengaruhi permainan timnya di semifinal Piala Menpora 2021.

Andritany Ardhiyasa, kapten Persija Jakarta, akan beradu vokal dengan Zulkifli Syukur, kapten PSM Makassar, pada leg pertama empat besar Piala Menpora di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (15/4/2021).

Keberadaan Andritany dan Zulkfli begitu vital untuk timnya masing-masing. Selain menjadi kapten tim, keduanya juga pilar yang tidak tergantikan.

Andritany telah menjabat sebagai kapten Persija sejak 2019 alias setelah menjuarai Liga 1. Atribut sebagai pemimpin di tim ibu kota turut membuka jalannya dipilih sebagai kapten Timnas Indonesia di tahun yang sama.

Sebagai kapten, Andritany cukup vokal. Dalam sejumlah video yang dibagikan Persija di media sosial, adik dari Indra Kahfi itu kerap memberikan motivasi kepada rekan-rekannya dengan lantang.

Di Piala Menpora, Andritany selalu bermain sejak babak penyisihan hingga perempat final Piala Menpora. Kiper yang identik dengan nomor punggung 26 itu tiga kali dibobol dalam empat laga.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Zulkifli Syukur, Captain, Leader, dan Legend PSM

Banyak orang yang mengira kualitas Zulkifli Syukur sudah habis. Namun, mantan pemain Timnas Indonesia itu bisa menjawabnya dengan penampilan lugas di atas lapangan.

Zulkifli Syukur tidak tergantikan sebagai kapten dan bek sayap PSM hingga babak perempat final Piala Menpora. Hebatnya, pemain yang akan menginjak 37 tahun pada 3 Mei 2021 ini selalu tampil penuh.

Putra daerah Makassar itu mampu memimpin materi pemain lokal PSM melaju ke empat besar Piala Menpora. Padahal di awal turnamen, tim berjulukan Pasukan Ramang itu sama sekali tidak diunggulkan.

"Peran Zulkifli sangat vital sebagai kapten tim sekaligus wakil pelatih di lapangan," kata mantan pelatih PSM, Syamsuddin Umar menilai performa Zulkifli.

Dalam empat partai yang dimainkan PSM di Piala Menpora, Zulkifli jarang melewati garis tengah lapangan layaknya seorang bek sayap. Mantan pemain Sriwijaya FC itu cukup paham dengan taktik dan strategi karena telah mengantungi lisensi kepelatihan B AFC.

"Saya menilai apa yang ditunjukkan Zulkifli terbilang wajar. Kan sebagai bek, tugas utamanya adalah mengamankan lini belakang. Dia memang tak banyak aktif membantu serangan namun berperan besar sebagai pemimpin rekan-rekannya di lini belakang," tegas Syamsuddin.

"Sepak bola adalah permainan tim. Setiap pemain harus tampil optimal sesuai posisinya. Tapi, tim tetap butuh pemimpin yang bisa jadi jenderal di lapangan untuk menjaga harmonisasi dan kebersamaan tim. Saya menilai Zulkifli bisa menjalankan peran itu dengan baik," imbuh Syamsuddin.

3 dari 3 halaman

Jadwal Persija Vs PSM di Semifinal Piala Menpora

Leg Pertama

15 April 2021

  • PSM Makassar Vs Persija Jakarta
  • Stadion Maguwoharjo, Sleman
  • Live Vidio dan Indosiar

Leg Kedua

18 April 2021

  • Persija Jakarta Vs PSM Makassar
  • Stadion Manahan, Solo
  • Live Indosiar dan Vidio

Video Populer

Foto Populer