Duel Antarlini PSM Vs Persija di Semifinal Piala Menpora: Uji Efektivitas Serangan Balik Jilid Dua Tim Juku Eja

Oleh Abdi Satria pada 14 Apr 2021, 09:30 WIB
Diperbarui 14 Apr 2021, 09:30 WIB
Piala Menpora - PSM Makassar Vs Persija Jakarta - Duel Antar Lini
Piala Menpora - PSM Makassar Vs Persija Jakarta - Duel Antar Lini (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar dan Persija Jakarta bakal bentrok pada laga leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis (15/4/2021). Duel kedua tim akan disiarkan langsung di Indosiar dan Vidio.com mulai pukul 20.30 WIB.

Bagi PSM dan Persija, pertandingan ini sangat vital untuk dijadikan modal jelang leg kedua di Stadion Manahan Solo, Minggu (18/4/2021). Sebelumnya, kedua tim sudah pernah bertemu pada penyisihan Grup B di Stadion Kanjuruhan Malang.

Pada laga itu, Tim Juku Eja mempermalukan Persija dengan dua gol tanpa balas. Sukses itu sejatinya jadi modal moril buat PSM menatap laga semifinal.

Namun, pelatih PSM Makassar, Syamsuddin Batola, merasa perlu mengingatkan tim asuhannya karena situasinya tentu berbeda. Menurut Syamsuddin, grafik penampilan Persija menunjukkan trend menaik setelah kekalahan tersebut.

"Jadi wajar kalau Persija sangat bernafsu membalas dendam. Sebagai pelatih, tugas saya adalah menjaga mental dan kebersamaan tim jelang laga," ujar Syamsuddin Batola kepada awak media Makassar, Senin (12/4/2021).

Menghadapi Persija, Syamsuddin dipastikan menurunkan materi starter yang sama ketika meredam keganasan PSIS Semarang pada perempat final di Stadion Kanjuruhan, Malang (9/4/2021).

Kalau pun ada sedikit perubahan, Syamsuddin langsung memainkan Patrich Wanggai sejak menit awal. "Saya juga masih menunggu perkembangan terakhir Hasim Kipuw yang masih cedera ringan," kata Syamsuddin.

 

2 dari 6 halaman

Tampil Beda

Persija Jakarta Vs Barito Putera
Pelatih Persija Jakarta, Sudirman, memberikan arahan kepada anak asuhnya saat melawan Barito Putera pada laga perempat final Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (10/4/2021). Persija Jakarta menang dengan skor 1-0. (Bola.com/Arief Bagus

Sementara itu, pelatih Persija Jakarta, Sudirman, menjanjikan penampilan yang berbeda dibandingkan saat ditekuk PSM pada Grup B Piala Menpora 2021.

Kembalinya ketajaman Marko Simic dan kehadiran Rohit Chand diyakini berdampak besar pada kualitas permainan Tim Macan Kemayoran. Khusus buat Rohit, pemain multi posisi itu kemungkinan besar kembali bermain di lini tengah.

Sebelumnya, pada laga perempatfinal menghadapi Barito Putera, Rohit berduet dengan Tony Sucipto di jantung pertahahan Persija. Kembalinya Otavio Dutra dan Yan Motta jadi acuannya.

Kalau Persija tampil dengan kekuatan terbaiknya, PSM Makassar bakal berada dalam kesulitan besar. Terutama mengantisipasi situasi set-piece.

Dengan bermodalkan pemain berpostur tinggi seperti Yan Motta, Marco Motta, Otavio Dutra dan Marco Simic, Persija bisa memanfaatkan kelebihan itu untuk memburu gol via bola mati dengan Marc Klok sebagai eksekutor.

Syamsuddin tentu sudah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi kelebihan Persija. Permainan pantang menyerah dan determinasi tinggi mempertahankan daerah pertahanan, plus ketangguhan kiper Hilman Syah menjemput bola bakal menjadi tontonan menarik pada laga nanti.

Berikut ini adalah ulasan Bola.com terkait kekuatan lini per lini PSM Makassar versus Persija Jakarta:

 

3 dari 6 halaman

Lini Belakang

FOTO: Himan Syah Gagalkan 2 Penalti PSIS, PSM Makassar Lolos ke Semifinal Piala Menpora 2021
Penjaga gawang PSM Makassar, Hilman Syah menjadi pahlawan dengan menggagalkan 2 tendangan PSIS Semarang dalam drama adu penalti tersebut. (Foto: Bola.com/Arief Bagus)

Kiper PSM Makassar, Hilmansyah, bakal menjadi pemain paling 'sibuk' pada laga ini. Hilman wajib tampil prima seperti empat laga sebelumnya untuk meredam gelombang serangan lini depan Persija yang mengandalkan trio Osvaldo Hay, Marko Simic, dan Riko Simanjuntak.

Kalau Hilman berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, kepercayaan diri bek PSM kian tebal dan tentunya bisa berlaku sebaliknya buat lini depan Persija.

Sementara itu, lini belakang Persija wajib mematikan pergerakan cepat dua penyerang sayap PSM, Rizky Eka Pratama dan Yakob Sayuri. Terutama Yakob yang tak hanya piawai membuat assist tapi juga mencetak gol.

Apalagi kalau striker PSM, Patrich Wanggai, dalam kondisi bugar sehingga bisa bermain sejak menit awal. Otavio Dutra dan Yan Motta, duet stoper Persija tentu sudah belajar banyak ketika mereka kecolongan dua gol dari PSM pada laga penyisihan grup.

 

4 dari 6 halaman

Lini Tengah

Rasyid Bakri, PSM Makassar
Gelandang PSM Makassar, Rasyid Bakri. (Bola.com/Abdi Satria)

Kehadiran Rohit Chand di lini tengah bisa menjadi opsi positif buat lini tengah Persija yang terlihat kedodoran menghadapi determinasi tinggi gelandang PSM pada pertemuan pertama.

Pada laga itu, PSM yang menurunkan trio Rasyid Bakri, Sutanto Tan, dan M. Arfan terlihat lebih dominan di lini tengah. Kejelian membaca permainan dan skill tinggi yang dimiliki Rohit bisa meringankan tugas Marc Klok yang diplot sebagai penyeimbang di lini tengah.

Sebaliknya, lini tengah Persija harus mewaspadai pergerakan Rasyid, gelandang pembeda PSM. Rasyid yang dijuluki 'Sang Pangeran' oleh suporter PSM sejauh ini berkontribusi besar di lini tengah Juku Eka. Tak hanya sebagai pemimpin lini tengah Juku Eja, Rasyid juga tak jarang berkeliaran di area 16 lawan.

 

5 dari 6 halaman

Lini Depan

Persija Jakarta Vs Barito Putera
Pemain Persija Jakarta, Marko Simic (kiri) berbincang dengan Riko Simanjuntak, saat melawan Barito Putera pada laga perempat final Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (10/4/2021). Persija menang dengan skor 1-0. (Bola.com/Arief Bagus)

Kalau tampil dengan kekuatan terbaik, secara umum kualitas lini depan Persija dan PSM relatif sama. Tim Macan Kemayoran mengandalkan trio Osvaldo Haay, Marko Simic, dan Riko Simanjuntak untuk merusak konsentrasi lini belakang PSM sekaligus membuka peluang mencetak gol.

Di sisi lain, Tim Juku Eja bertumpu pada Patrich Wanggai sebagai stiker tunggal yang ditopang penyerang sayap cepat, Rizky Eka Pratama dan Yakob Sayuri.

Kedua tim juga menyimpan opsi alternatif untuk menambah daya serang saat mereka kesulitan membongkar pertahanan lawan. Persija memiliki opsi pada diri Heru Susanto, sedangkan PSM bisa mengoptimalkan peran Zulham Zamrun atau Saldi Amiruddin.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓