Sedapnya Kombinasi Veteran dan Darah Muda Lini Tengah Persib di Piala Menpora 2021

Oleh Vincentius Atmaja pada 14 Apr 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 14 Apr 2021, 07:00 WIB
Kolase - Piala Menpora, Persib Bandung
Kolase - Piala Menpora, Persib Bandung (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung mulai banyak dijagokan untuk memenangi turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Persib berhasil masuk ke babak semifinal, dengan akan menantang PSS Sleman.

Superioritas tim berjulukan Maung Bandung ditunjukkan sejak fase grup hingga babak delapan besar Piala Menpora 2021. Persib seperti berjalan mulus, meski masih perlu pembenahan di beberapa sisi.

Memuncaki di fase penyisihan grup, serta mendepak rivalnya Persebaya di perempat final, adalah bukti berapa matangnya tim di bawah naungan Robert Alberts ini. Persib diketahui tim yang yang belum pernah kalah dan selalu mencetak gol selama Piala Menpora.

Satu diantara kuncinya adalah peran dari sektor gelandang yang menjaga keseimbangan permainan. Para pemain Tengah Persib memiliki karakter, tugas, dan tanggung jawab masing-masing, menjadi pembedanya.

Peran lini tengah tidak hanya memutus aliran serangan lawan, namun juga ikut menyuplai bola ke depan untuk barisan penyerangnya. Bola.com memiliki ulasan menarik mengenai kualitas lini tengah Persib yang berdampak positif pada perjalanan di Piala Menpora.

 

2 dari 5 halaman

Kedalaman Lini Tengah

Persib Bandung Vs Persebaya Surabaya
Pemain Persib Bandung, Farshad Noor, saat melawan Persebaya Surabaya pada laga perempat final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Seperti diketahui, Robert Alberts memiliki stok pemain tengah yang cukup melimpah. Menariknya mereka memiliki usia dan pengalaman yang bervariasi. Ada yang terbilang veteran, ada pula yang masih cukup muda untuk jangka panjang.

Dedi Kusnandar, Farshad Noor, Febri Hariyadi, Beckham Putra Nugraha, Abdul Aziz Lutfi Akbar, Erwin Ramdani, dan Esteban Vizcarra merupakan stok barisan para gelandang yang dipunyai Persib saat ini.

Nama-nama tersebut membuat kekuatan tersendiri khususnya untuk lini tengah Persib yang tak kalah meratanya. Jika lini belakang Persib cukup sulit ditembus, begitu juga untuk lini tengahnya yang menyeimbangkan permainan.

Pelatih Robert Alberts beberapa kali melakukan perombakan. Kadang dengan menempatkan tiga gelandang, kadang juga memainkan lima gelandang. Sesuai kebutuhan permainan dan lawan yang dihadapi, serta melihat potensi dari para pemain tengahnya.

Masing-masing gelandang yang dimiliki Persib memiliki karakter permainan yang berbeda. Nama Dedi Kusnandar, Abdul Aziz, Erwin Ramdani adalah pemain yang dalam usia emas. Mereka juga sudah cukup matang dengan menjadi pemain reguler di Persib.

 

3 dari 5 halaman

Pengalaman Esteban Vizcarra

FOTO: Momen Hariono Hadapi Mantan Timnya dalam Laga Persib vs Bali United - Hariono;Esteban Vizcarra
Gelandang Bali United, Hariono (kanan) terus mengawal mantan rekannya di Persib Bandung, gelandang Esteban Vizcarra dalam laga Grup D Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Rabu (24/3/2021). Bali United bermain Imbang 1-1 dengan Persib. (Bola.com/Arief Bagus)

Kemudian ada satu pemain senior yang sudah malang melintang di sepak bola Indonesia, yakni Esteban Vizcarra. Gelandang berkebangsaan Argentina yang sudah lama bermain di Indonesia. Pemain berusia 35 tahun

Pengalaman bermain di klub besar seperti Semen Padang, Sriwijaya FC, dan Arema sudah cukup baginya mendapat tempat di Persib. Hanya saja untuk masuk ke dalam skema permainan Alberts saat ini, Vizcarra lebih dimaksimalkan sebagai super sub.

Alberts lebih banyak memberikan kesempatan bermain bagi para pemain mudanya di Piala Menpora, serta seperti gelandang asal Afganistan yang sedang dijajal, Farshad Noor. Pemain kelahiran Belanda tersebut mendapat menit bermain lebih banyak selama gelaran Piala Menpora.

 

4 dari 5 halaman

Panggung Febri Hariyadi dan Beckham Putra

FOTO: Aksi Jebolan Diklat dan Akademi Persib Bandung di Babak Penyisihan Piala Menpora 2021
Teranyar, Beckham Putra yang berposisi sebagai gelandang serang itu mencetak umpan (assist) untuk gol Ferdinand Sinaga yang memenangkan Persib Bandung atas Persiraja Banda Aceh. (Foto: Bola.com/M.Iqbal Ichsan)

Hal yang dinantikan adalah progres dari beberapa pemain muda Persib di Piala Menpora. Setidaknya ada dua gelandang yang masih berusia muda namun sudah banyak mengenyam pengalaman. Yakni Febri Hariyadi dan Beckham Putra.

Bahkan keduanya sudah mendapatkan jam terbang di level Timnas Indonesia. Dua pemain dengan tipikal sama yakni sebagai gelandang serang, cukup berperan. Jika Febri Hariyadi dengan kecepatannya beroperasi di sektor sayap, Beckham Putra lebih sedikit masuk ke dalam.

Febri dan Beckham juga sering tampil secara reguler untuk membantu permainan menyerang Persib. Keduanya dapat berkolaborasi dengan pemain depan lainnya seperti Frets Butuan dan Ezra Walian yang mulai menemukan kepercayaan dari pelatih Robert Alberts.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓