Piala Menpora: Marc Klok, Kartu Truf Persija yang Dulu Dicintai Suporter PSM

Oleh Abdi Satria pada 15 Apr 2021, 05:00 WIB
Diperbarui 15 Apr 2021, 05:00 WIB
Ilustrasi - Marc Klok PSM Makassar dan Persija Jakarta
Ilustrasi - Marc Klok PSM Makassar dan Persija Jakarta (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta dan PSM Makassar kembali bertemu di Piala Menpora 2021 setelah sama-sama meraih tiket semifinal. Sebelumnya, pada babak penyisihan Grup B di Stadion Kanjuruhan, dua tim eks Perserikatan ini saling berhadapan pada matchday pertama, 22 Maret silam.

Pada laga itu, skuad Juku Eja membungkam Macan Kemayoran dengan skor dua gol tanpa balas. Seperti pada laga pertama, aksi Marc Klok bakal kembali jadi sorotan pada dua partai Persija Jakarta vs PSM di semifinal, 15 dan 18 April.

Klok yang kini menjadi kartu truf lini tengah Macan Kemayoran pernah jadi idola suporter Juku Eja pada periode 2017-2019. Pada masa itu, Klok jadi bagian penting skuad PSM yang menjadi seteru bebuyutan Persija di Liga 1. Khususnya pada Liga 1 2018 yang yang menjadi musim terbaik Klok bersama PSM.

Saat itu, ia tampil pada 29 partai bersama PSM dengan koleksi gol. Pada musim itu, PSM dan Persija berburu trofi juara sampai pengujung kompetisi. Persija akhirnya memenangkan perburuan ini dengan unggul satu poin dari PSM yang mengoleksi 61 poin.

Kekecewaan suporter Juku Eja kemudian terobati dengan sukses Marc Klok dan kawan-kawan membungkam ambisi tim Persija Jakarta mengawinkan gelar Liga 1 dan Piala Indonesia. Pada dua pertemuan di final Piala Indonesia, PSM akhirnya meraih trofi juara setelah unggul agregat 2-1.

 

2 dari 4 halaman

Ingin Kembangkan Karier

Tak hanya tampil impresif di lapangan hijau, Klok kemudian jadi idola suporter Juku Eja dengan berbagai kegiatan sosialnya baik secara tim maupun pribadi. Eks gelandang Dundee United ini pun sempat di prediksi bakal bertahan lama di PSM menyusul keinginannya menjadi warga negara Indonesia.

Ia membuka usaha kafe yang berlokasi di tengah kota Makassar dengan nama Koffie O'klok. Tapi, kebersaman Klok dengan PSM serta suporternya berakhir menyusul keputusan sang pemain menerima tawaran manajemen Persija Jakarta yang ingin memakai jasanya jelang Liga 1 2020.

Terkait keputusannya itu, Klok mengaku ingin mengembangkan kariernya bersama tim Ibukota.

"Langkah ini membantu saya untuk menjadi lebih sukses karena Persija adalah klub besar. Setiap tahun di Indonesia selalu berbeda, namun Persija memiliki ambisi menjadi yang terbaik," tegas Klok kala itu.

 

3 dari 4 halaman

Melempem Di Laga Perdana Piala Menpora 2021

FOTO: Comeback Dramatis, Persija Singkirkan Bhayangkara Solo FC dan Lolos ke Perempatfinal sebagai Juara Grup B - Tim Persija Jakarta; Marc Klok
Para pemain Persija Jakarta merayakan gol kedua yang dicetak gelandang Marc Klok ke gawang Bhayangkara Solo FC dalam laga matchday ke-3 Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Rabu (31/3/2021). Persija menang 2-1 atas Bhayangkara Solo FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bersama Persija, Klok belum sempat bertemu dengan PSM di pentas Liga 1 2020 menyusul terhentinya kompetisi dan kemudian dibatalkan oleh PSSI. Jadi, wajar aksi Klok bakal jadi sorotan saat Persija bersua untuk kali pertama dengan PSM di Piala Menpora.

Pada laga itu, Klok bersama penggawa Persija lainnya kesulitan menghadapi determinasi tinggi yang diperlihatkan anak-anak PSM. Klok yang diplot sebagai penyeimbang sekaigus pengatur serangan Persija tak bisa berbuat banyak melepaskan diri keroyokan trio gelandang PSM, Rasyid Bakri, Sutanto Tan dan M. Arfan yang terus mengawasi pergerakannya sepanjang 2x45 menit.

Alhasil, Persija dipermalukan seteru bebuyutannya itu dengan dua gol tanpa balas.Tapi, pada laga selanjutnya, Klok membuktikan kapasitasnya sebagai gelandang mumpuni di Indonesia.

Saat menghadapi Borneo, Klok mencetak dua assist untuk membawa Persija menang dengan skor telak 4-0. Skuad asuhan Sudirman itu lolos ke perempat final dengan status juara Grup B setelah mengalahkan Bhayangkara Solo FC 2-1 pada matchday ketiga.

Pada laga itu, Klok mencetak satu dari gol Persija.Di perempat final, langkah Persija tak tertahankan setelah menekuk Barito Putera dengan skor 1-0. Sukses yang kemudian jadi pembuka jalan buat Klok untuk membuktikan dirinya pantas dibajak Persija dari PSM. Klok wajib menjaga penampilannya agar bisa membantu Persija melewati adangan PSM di dua laga semifinal Piala Menpora 2021.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓