3 Pemain PSM yang Bisa Kembali Permalukan Persija di Piala Menpora 2021: Impresif, Licin, dan Determinasi Tinggi

Oleh Abdi Satria pada 15 Apr 2021, 08:45 WIB
Diperbarui 15 Apr 2021, 08:45 WIB
Piala Menpora - PSM Makassar, Yakob Sayuri, Rasyid Bakri, Hilmansyah
Piala Menpora - PSM Makassar, Yakob Sayuri, Rasyid Bakri, Hilmansyah (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Sleman - PSM Makassar kembali bersua Persija Jakarta di Piala Menpora 2021. Duel ini terulang setelah kedua seteru bebuyutan itu melenggang ke semifinal.

PSM lolos ke empat besar setelah membungkam PSIS Semarang via drama adu penalti yang berakhir dengan skor 4-2. Adapun Persija meredam ambisi Barito Putera lewat gol tunggal Marko Simic.

Jelang duel ini, kedua tim saling melontarkan keyakinannya untuk lolos ke laga puncak turnamen pramusim tersebut. Pelatih Persija, Sudirman, lebih dulu buka suara dengan menegaskan tim asuhannya akan membalas kekalahan memalukan dua gol tanpa balas dari PSM pada laga pertama Grup B di Stadion Kanjuruhan, Malang, 22 Maret.

"Kami tak ingin jatuh di lubang yang sama," tegas Sudirman.

Pernyataan berbau ancaman Sudirman itu ditanggapi santai oleh pelatih PSM, Syamsudin Batola. Menurut eks bek PSM peraih trofi juara Liga Indonesia 1999/2000 itu, wajar kalau Persija bernafsu membalas dendam atas PSM. Apalagi secara materi pemain, Persija memang di atas PSM.

"PSM sudah mengalahkan Persija. Saya yakin dan percaya para pemain sangat termotivasi untuk mengulang sukses itu," kata Syamsuddin kepada awak media Makassar, Senin (12/4/2021).

Komentar Syamsuddin itu seakan menjadi sinyal bahwa dirinya tetap memainkan formasi starter yang sukses melibas Persija pada pertemuan pertama. Termasuk Patrich Wanggai, pencetak satu gol ke gawang Persija yang kondisinya mulai membaik pasca-cedera pada laga itu.

"Saya juga menunggu perkembangan terakhir Hasim Kipuw yang mengalami cedera ringan," papar Syamsuddin.

Pada empat laga yang dimainkan PSM di Piala Menpora, Syamsuddin memang tak banyak melakukan perubahan pemain, baik pada materi starternya serta pemain penggantinya.

Berdasarkan fakta ini, Bola.com memilih tiga pemain yang menjadi andalan PSM Makassar untuk kembali memperlakukan Persija pada leg pertama semifinal di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (15/4/2021). Siapa saja mereka? Berikut ini ulasannya:

 

 

 

2 dari 5 halaman

1. Hilman Syah (Kiper)

FOTO: Himan Syah Gagalkan 2 Penalti PSIS, PSM Makassar Lolos ke Semifinal Piala Menpora 2021
Ekspresi pemain PSM Makassar, Hilman Syah (kiri) dan Yakob Sayuri (kanan) setelah menang adu penalti melawan PSIS Semarang dalam laga Perempatfinal Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang. Jumat (9/4/2021). (Foto: Bola.com/Arief Bagus)

Aksi impresif Hilman Syah dibawah mistar gawang PSM di Piala Menpora jadi sorotan publik sepak bola Indonesia. Dalam empat laga, pria kelahiran Kabupaten Jeneponto, 25 Mei 1997 itu tercatat dua kali membuat gawang PSM cleansheet.

Satu di antaranya ketika PSM melibas Persija dua gol tanpa balas pada matchday pertama Grup B di Stadion Kanjuruhan, Malang, 22 Maret silam. Terakhir, Hilman menjadi pahlawan skuad Juku Eja dalam drama adu penalti menghadapi PSIS Semarang pada perempat final, Jumat (9/4/2021).

Hilman memblok tendangan penalti Pratama Arhan dan Hari Nur Yulianto untuk membawa PSM memenangi adu penalti dengan skor 4-2.

Menghadapi Persija pada leg pertama semifinal, PSM kembali berharap banyak kepada Hilman yang pasti lebih 'sibuk' menahan gelombang serangan Tim Macan Kemayoran.

Terutama memotong umpan tendangan bola mati yang menjadi andalan Persija, karena memiliki sederet pemain berpostur tinggi seperti Otavio Dutra, Yann Motta, Marco Simic, Rohit Chand dan Marko Simic.

3 dari 5 halaman

2. Rasyid Bakri (Tengah)

FOTO: Rasyid Bakri, Kunci Lini Tengah PSM Makassar
Rasyid pernah mencetak dua gol indah yang sekaligus bisa menjadi gambaran potensi yang dimilikinya. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Rasyid Bakri membuktikan kapasitasnya sebagai pemain pembeda PSM di Piala Menpora 2021. Pada empat laga yang sudah dimainkan Juku Eja di Piala Menpora, gelandang yang mendapat julukan 'Sang Pangeran' oleh suporter PSM itu tampil sebagai penyeimbang di lini tengah timnya.

Tak hanya itu, Rasyid kerap juga berkeliaran di area 16 tim lawan untuk melepaskan tendangan jarah jauh yang akurat. Penampilan ciamik Rasyid membuat suporter PSM untuk sementara melupakan Wiljan Pluim, sang kapten yang selama ini menjadi motor serangan Juku Eja.

Romantisme Rasyid dengan PSM yang sudah dibelanya sejak 2011 kembali bersemi di Piala Menpora. Jadi, salah besar kalau Persija tak mewaspadai pergerakan pemain kelahiran 17 Januari 1991 itu.

4 dari 5 halaman

3. Yakob Sayuri (Depan)

Picture of The Week: 10 Foto Terbaik Sepak Bola Dunia Pekan ini
Pemain PSM Makassar, Yakob Sayuri (kanan), melewati hadangan kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, sebelum mencetak gol kedua dalam pertandingan Babak Penyisihan Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang. Senin (22/3/2021). (Bola.com/Arief Bagus)

Yacob Sayuri jadi momok menakutkan buat Persija pada matchday pertama Grup B di Stadion Kanjuruhan. Pada laga itu, penyerang sayap pilihan utama pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mencetak masing-masing satu gol dan satu assist.

Saat PSM kembali bersua pada leg pertama semifinal di Stadion Maguwoharjo, bukan tak mungkin Yakob kembali mengulang pencapaiannya itu.

Apalagi, ia juga berpeluang menjadi top skorer turnamen karena hanya berselisih dua gol dari Assanur Rijal yang mencetak empat gol buat Persiraja Banda Aceh.

Kelebihan utama Yakob adalah determinasi yang menunjang kecepatan dan kejeliannya mencari ruang kosong di daerah pertahanan lawan. Tak hanya itu, penyerang sayap kelahiran 9 September 1997 tersebut juga tak egois untuk memberikan kesempatan kepada pemain lainnya untuk mencetak gol.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓