Kiprah Youngster Persib yang Diorbitkan di Piala Menpora, Ajang Menimba Ilmu Plus Unjuk Gigi

Oleh Vincentius Atmaja pada 16 Apr 2021, 10:15 WIB
Diperbarui 16 Apr 2021, 10:15 WIB
FOTO: Aksi Jebolan Diklat dan Akademi Persib Bandung di Babak Penyisihan Piala Menpora 2021
Erwin Ramdani (belakang) merupakan pesepakbola asli Bandung dan binaan Akademi Persib Bandung. Bermain untuk Maung Bandung sudah menjadi mimpi Erwin sejak kecil. (Foto: Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Bola.com, Sleman - Piala Menpora 2021 menjadi ajang bagi klub-klub, termasuk Persib Bandung, memanaskan mesinnya setelah satu tahun kompetisi vakum karena pandemi Covid-19. Beberapa pemain bintang unjuk gigi sepanjang turnamen, tapi tak sedikit pemain muda yang mampu memikat hati para penonton.  

PSIS Semarang dan Barito Putera bisa dikatakan menjadi role model dalam memaksimalkan potensi pemain mudanya. Kedua tim itu cukup banyak menurunkan pemain hasil pembinaan sendiri, dan berperan besar memengaruhi prestasi tim.

PSIS dan Barito sama-sama melaju hingga ke babak delapan besar. Sayangnya, langkah kedua tim terpaksa terhenti di babak tersebut karena kalah bersaing masing-masing dari PSM Makassar dan Persija Jakarta.

Klub besar dan matang lainnya, Persib Bandung, juga cukup mumpuni dalam mengoptimalkan pemain-pemain mudanya. Klub pujaan Bobotoh itu memanggil beberapa tenaga muda untuk mencicipi turnamen pramusim ini.

Memang, Persib tampil di Piala Menpora ini dengan kekuatan yang penuh. Pelatih Robert Alberts selalu memasukkan tiga pemain asingnya untuk tampil sejak fase grup.

Nick Kuipers, Farshad Noor, dan Wander Luiz selalu mengisi starting XI sejak menit pertama di setiap laga. Ditambah wajah-wajah lama termasuk pemain naturalisasi semacam Victor Igbonefo dan Esteban Vizcarra.

Kontribusi mereka jelas sangat besar dan menentukan permainan serta hasil akhir. Terbukti Maung Bandung berjalan cukup mulus sejak penyisihan hingga melaju ke semifinal bertemu PSS Sleman.

Akan tetapi jangan melupakan beberapa pemain muda yang mulai ikut diorbitkan oleh Robert Alberts. Sang pelatih turut membawa beberapa pemain muda hasil produk Persib, selain Febri Hariyadi, Zalnando, dan Beckham Putra Nugraha yang lebih dulu naik tingkat.

Sebut saja Saiful, Erwin Ramdani, Mario Jardel, Ardi Maulana, dan Bayu Fikri. Mereka masih berusia muda dengan rata-rata umur di bawah 20 tahun. Perlahan mulai diperkenalkan oleh pelatih Alberts, minimal merasakan atmosfer Piala Menpora.

Nama-nama tersebut pernah menghiasi line-up Persib Bandung meski berstatus pemain cadangan dalam daftar susunan pemain yang diracik Robert Alberts sepanjang Piala Menpora 2021.

 

 

2 dari 3 halaman

Belajar dari Pemain Senior

FOTO: Gelar Latihan, Persib Bandung Panggil Pemain Cabutan
Deretan pemain muda Persib juga mengikuti porsi latihan yang diberikan, diantaranya ada Beckham Putra (#7) dan Mario Jardel (#66). (Foto: Dok. Persib)

Sang pelatih asal Belanda tersebut tentunya memiliki pertimbangan dan tujuan khusus memasukkan para pemain muda, sekalipun duduk di bangku cadangan.

Bayu Fikri dan Mario Jardel misalnya, keduanya dapat belajar banyak dari pemain belakang senior Persib yang sudah banyak makan asam garam. Bahkan Mario Jardel pernah diturunkan saat Persib menghadapi Persita di babak kedua.

Kemudian Erwin Ramdani di sektor gelandang tanpa ragu menimba banyak ilmu dari deretan pemain tengah Persib yang ciamik. Begitu juga Saiful yang berposisi striker.

Meski lini depan Persib sangat mewah dengan kehadiran Wander Luiz, Ezra Walian, Frets Butuan, hingga Ferdinand Sinaga, setidaknya dapat meningkatkan kepercayaan diri Saiful.

Cara yang ditempuh Alberts pantas mendapat apresiasi, dengan memasimalkan pemain muda terutama hasil binaan klub sendiri, untuk menyiapkan pilar masa depan di Persib. Di sisi lain, taktik tersebut bermanfaat untuk mengukur kualitas pemain muda yang dapat dipersiapkan saat menghadapi kompetisi Liga 1 tahun ini. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓