PSM Wajib Maksimalkan Rotasi Pemain Jika Ingin Melenggang ke Final Piala Menpora 2021

Oleh Abdi Satria pada 17 Apr 2021, 11:45 WIB
Diperbarui 17 Apr 2021, 11:45 WIB
Kolase - PSM Makassar di Piala Menpora
Kolase - PSM Makassar di Piala Menpora (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Solo - PSM Makassar tetap tampil konsisten dengan permainan khasnya saat bermain 0-0 kontra Persija Jakarta pada leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (15/4/2021) malam.

Hasil tersebut membuat peluang kedua meraih tiket ke final sama-sama terbuka. Rencananya, PSM dan Persija akan menjalani laga leg kedua semifinal Piala Menpora di Stadion Manahan Solo, Minggu (18/4/2021).

Di mata Andi Coklat, mantan jenderal lapangan The Maczman (kelompok suporter PSM), yang menonjol pada penampilan Zulkifli Syukur dkk. adalah determinasi dan semangat tak mau kalah.

Apalagi saat pemain Persija menguasai bola, setidaknya ada dua pemain PSM datang mengadang. "Seluruh pemain terlihat berusaha keras untuk saling menutupi satu sama lain," ujar Coklat kepada Bola.com, Jumat (16/4/2021).

Coklat merujuk contoh lini depan Persija yang kesulitan mendapat peluang di kotak penalti PSM Makassar. Hal itu terjadi karena tangguhnya lini belakang Tim Juku Eja.

Menurut Coklat, sepanjang pertandingan, penyerang Persija tak banyak melakukan penetrasi di kotak penalti PSM. Kalau pun Persija mendapatkan peluang, terjadinya di luar area penalti Tim Juku Eja.

"Jadi wajar kalau striker berkelas seperti Marko Simic terlihat kesal dan frustrasu karena tidak bisa berbuat banyak pada laga leg pertama semifinal," terang Coklat.

Selain itu, kecepatan yang dimiliki dua penyerang sayap PSM, Yakob Sayuri dan Rizky Eka Pratama, membuat Marco Motta dan Novri Setiawan juga kehilangan agresivitasnya untuk membantu lini depan Tim Macan Kemayoran.

Menurut Coklat, situasi itu membuat kualitas serangan PSM justru lebih baik dibandingkan Persija. Ia merujuk sejumlah peluang yang didapatkan Tim Juku Eja di kotak penalti lawan.

Termasuk satu peluang dari striker PSM Makassar, Saldi Amiruddin yang bisa dimentahkan kiper Persija, Andritany Ardhiyasa.

 

2 dari 3 halaman

Wajib Maksimalkan Rotasi

Semifinal Leg Pertama Piala Menpora 2021: PSM Makassar vs Persija Jakarta
Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa (kanan) berhasil menangkap bola hasil tendangan pemain PSM Makassar dalam laga leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (15/4/2021). Kedua tim bermain imbang 0-0. (Bola.com/I

Di sisi lain, keputusan pelatih PSM, Syamsuddin Batola, yang memainkan materi nyaris sama pada setiap laga dinilai bisa menjadi bumerang pada leg kedua semifinal Piala Menpora.

Hal itu diungkap Mirdan Midding, mantan Dirtek PSM era kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI). Menurut Mirdan, rotasi tak jalan ditengah jadwal padat bisa menjadi kendala sekaligus kelemahan PSM.

Sebaliknya, Persija dengan kualitas pemain yang merata lebih diuntungkan dengan kondisi ini. Mirdan merujuk trend penampilan PSM pada laga Grup B yang cenderung menurun dalam setiap pertandingan.

Akibat minim melakukan pergantian pemain membuat kondisi fisik dan stamina Zulkifli Syukur dkk. terkuras. Oleh karena itu, PSM Makassar diminta untuk memaksimalkan rotasi pemain demi meraih hasil bagus pada laga kontra Persija.

"Jadwal perempat dan semifinal jaraknya juga berdekatan. Dengan memainkan pemain yang sama pada setiap laga, PSM butuh kerja keras dan serta penjagaan stamina yang baik untuk menghadapi Persija pada leg kedua semifinal nanti," papar Mirdan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓