Sukses


Prediksi Semifinal Leg 2 Piala Menpora Persija vs PSM: Duel Sengit Jilid Ketiga

Bola.com, Jakarta - Duel klasik antara Persija Jakarta kontra PSM Makassar akan kembali dilanjutkan pada leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (18/4/2021). Hanya kemenangan yang harus diraih untuk memastikan diri siapa tim yang lolos ke partai puncak.

Kedua tim hanya mampu bermain imbang tanpa gol pada leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis (15/4/2021). Hasil yang membuat laga kedua di Solo ibarat partai hidup dan mati, karena satu di antara kedua tim harus menang untuk lolos ke final.

Dalam regulasi di babak semifinal dua leg ini, tidak menerapkan produktivitas gol tandang. Apalagi dalam pertandingan ini, di mana kedua tim sebelumnya bermain imbang tanpa gol.

Jadi tim yang menang, berarti melangkah ke babak final. Jika menang berarti masuk final, dan bagi yang kalah harus puas tampil di perebutan tempat ketiga.

Baik Persija dan PSM tentunya sudah sangat hafal luar dalam kekuatan lawan saat bentrok di lapangan. Macan Kemayoran dan Juku Eja tercatat sudah dua kali bertemu di Piala Menpora ini.

Dalam dua pertemuan terakhir di Piala Menpora 2021, PSM lebih unggul dari Persija berkat kemenangan 2-0 saat babak penyisihan Grup B. Namun, secara historis, Persija juga tak kalah unggul, termasuk dua kali menjadi juara setelah mengalahkan PSM Makassar pada 2001 dan 2018.

Namun, melihat sepak terjang kedua tim sepanjang gelaran Piala Menpora dan melihat kedalaman skuad masing-masing, Persija dan PSM bakal kembali menyajikan laga yang sengit. Dalam duel ini, kesiapan mental dan konsentrasi bakal menjadi satu di antara faktor penentu kemenangan.

Video

2 dari 4 halaman

Hanya Berpikir untuk Menang dan Bersiap untuk Adu Penalti

Dalam pertemuan pertama di Sleman, secara permainan Persija sedikit lebih dominan atas PSM. Banyak peluang yang didapat seperti dari Marko Simic, meski masih belum menemui sasaran tepat.

Persija juga perlu mencari pengganti yang pas di lini pertahanan, karena dipastikan tidak diperkuat bek asal Italia, Marco Motta. Sang pemain diganjar kartu merah pada leg pertama semifinal Piala Menpora 2021.

Sementara itu, pelatih Persija, Sudirman, juga sudah merancang skenario apabila pemenang harus ditentukan melalui babak adu penalti.

"Fokus kami harus bisa memanfaatkan peluang yang ada untuk bisa menjadi gol. Termasuk jika nanti pertandingan harus ditentukan dengan adu penalti. Semua harus siap," terang pelatih Persija, Sudirman dalam konferensi pers jelang laga, Sabtu (17/4/2021).

Melihat tingginya tensi pertandingan pada leg pertama, Sudirman meminta anak asuhnya untuk tampil dengan pikiran jernih. Dalam leg pertama kemarin, wasit harus mengeluarkan 12 kartu kuning dan satu kartu merah sepanjang permainan.

"Saya sampaikan ke pemain agar hanya memikirkan harus memenangkan pertandingan, bukan mencederai lawan dan malah mengganggu konsentrasi sendiri," ungkap Sudirman.

"Melihat laga sebelumnya, kami memang harus lebih siap lagi. Semoga diberikan kemenangan tanpa melalui adu penalti," tegas winger Persija, Novri Setiawan.

3 dari 4 halaman

Mempertahankan Karakter Permainan

Sementara di kubu PSM Makassar, permainan mereka juga tak kalah garang di leg pertama semifinal Piala Menpora 2021. Dengan langsung menekan Persija sejak awal permainan, peluang di babak pertama lebih banyak didapat PSM, dua di antaranya melalui Saldy dan Muhammad Rizky.

Sayangnya kiper Persija, Andritany Ardhiyasa, tampil gemilang dengan berulangkali mengagalkan peluang PSM. Pelatih PSM, Syamsuddin Batolla, memastikan timnya akan kembali tampil dengan kekuatan penuh, dan berharap tidak terdampak terhadap kelelahan dari laga leg pertama.

"Tidak jauh berbeda dengan persiapan kami di leg pertama. Masa pemulihan agak pendek. InsyaAllah pemain lebih fit dan bugar," terangnya.

Bahkan PSM punya modal berharga berupa kemenangan atas Persija saat babak penyisihan grup. Hasil yang bisa diulang kembali untuk pertemuan ketiga nanti. Karakter bermain ngotot, disiplin, dan impresif masih akan diusung oleh PSM.

"Kami akan tetap mempertahankan skema permainan seperti di laga-laga sebelumnya. Saat bertahan maupun menyerang tidak ada perubahan dalam permainan," tuturnya.

Melihat penampilan pada leg pertama, nama-nama pilar tim Juku Eja bakal kembali masuk dalam daftar susunan pemain sejak awal laga. Kiper Hilman Syah, bek Zulkifli Syukur, Abdul Rachman, serta Erwin Gutawa.

Gelandang Rasyid Bakri, Sutanto Tan, hingga duet penyerangan Yakob Sayuri dan Saldy bisa kembali menjadi opsi utama Syamsuddin Batolla tampil sebagai starter.

"Kalau memang ada kesempatan mencetak gol pada awal laga, mengapa tidak kami lakukan? Tidak ada masalah juga dengan banyaknya kartu yang diterima kemarin," katanya.

"Pemain siap bekerja keras dan motivasi tinggi. Kami juga ingin lolos ke final. Jika Persija ngotot kami juga tidak boleh kalah ngotot," jelas kapten tim PSM, Zulkifli Syukur.

4 dari 4 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

  • Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Alfath Faathier, Otavio Dutra, Yann Motta, Novri Setiawan (belakang); Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu, Marc Klok (tengah); Heri Susanto, Marko Simic, Osvaldo Haay (depan)
  • Pelatih: Sudirman
  • PSM Makassar (4-3-3): Hilman Syah (kiper); Zulkifli Syukur, Erwin Gutawa, Hasyim Kipuw, Abdul Rachman (belakang); Rasyid Bakri, Sutanto Tan, Muhammad Arfan (tengah); Muhammad Rizky, Saldy, Yakob Sayuri (depan)
  • Pelatih: Syamsuddin Batolla

Video Populer

Foto Populer