3 Pemain PSS Berstatus Supersub, Bisa Jadi Senjata Ampuh untuk Singkirkan Persib dari Piala Menpora 2021

Oleh Vincentius Atmaja pada 19 Apr 2021, 12:30 WIB
Diperbarui 19 Apr 2021, 12:30 WIB
Irkham Mila, Jepri Kurniawan dan Fitra Ridwan
Irkham Mila, Jepri Kurniawan dan Fitra Ridwan. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Solo - PSS Sleman masih memiliki kesempatan untuk lolos ke final Piala Menpora 2021. Yakni dengan menang minimal dua gol tanpa balas atas Persib Bandung dalam leg kedua semifinal di Stadion Manahan, Solo, Senin (19/4/2021) malam.

Kekalahan 1-2 dari Persib pada pertemuan pertama, cukup menjadi tamparan keras anak asuh Dejan Antonic untuk terus berbenah. Karena sebenarnya tim Elang Jawa bermain cukup baik dan mendominasi permainan, meski hal itu tidak cukup.

Melihat kekuatan PSS, tidak hanya pada lini belakang yang begitu kuat. Namun juga barisan tengah yang penuh karakter, baik pada pemain inti maupun para pemain penggantinya.

Pemain serep di PSS tak kalah kualitasnya untuk bisa menjadi senjata menyingkirkan Persib. Kedalaman skuad khususnya pada lini tengah PSS cukup merata dan bisa jadi membuat perbedaan di atas lapangan.

Bola.com memiliki ulasan menarik tentang siapa saja nama-nama pemain cadangan PSS yang ikut menjadi kunci kesuksesan bermain atau supersub. Yuk scroll ke bawah untuk mengetahui siapa saja mereka. 

 

 

2 dari 5 halaman

Irkham Mila

Irkham Zahrul Mila, PSS Sleman
Gelandang sayap PSS, Irkham Zahrul Mila. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Seorang pemain tengah yang punya kualitas besar milik PSS. Mila adalah sosok yang ikut mengantarkan PSS berjuang promosi dari Liga 2 di tahun 2018, hingga musim pertamanya di Liga 1 yang sensasional.

Pemain asal Tegal ini seorang pemain sayap sejati yang bisa ditempatkan di sisi kanan maupun kiri. Keistimewaannya adalah kecepatan dan kelincahan berlari membawa bola, serta melakukan tusukan melalui umpan silang mematikan.

Di turnamen Piala Menpora, Irkham tercatat baru sekali tampil sejak menit pertama dalam skema permainan Dejan Antonic yakni pada laga pertama fase grup.

Kemudian ia sering dijadikan senjata maut Dejan Antonic sebagai supersub, untuk merusak konsentrasi lawan ketika tenaga sudah mulai habis. Tentu sepak terjang Mila harus diwaspadai penggawa Persib

 

 

 

3 dari 5 halaman

Jepri Kurniawan

Gelandang PSS Sleman, Jepri Kurniawan
Gelandang PSS Sleman, Jepri Kurniawan (kiri) saat berduel dengan pemain Persib Bandung dalam sebuah uji coba. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Pemain asal Malang yang tak kalah ngototnya dengan pemain-pemain PSS lainnya. Jepri Kurniawan sudah membuktikannya dengan menjadi bagian dari Elang Jawa sejak musim 2018.

Ia termasuk gelandang yang cukup lama membela PSS. Meski dalam skema permainan di turnamen Piala Menpora ini dirinya lebih sering dijadikan supersub.

Salah satu ciri khas permainannya adalah pekerja keras dan daya jelajah tinggi. Jepri dapat dimainkan sebagai gelandang bertahan untuk memutus serangan lawan di daerah tengah. Begitu juga sebagai gelandang serang yang berani ikut membuka ruang di pertahanan lawan.

 

4 dari 5 halaman

Fitra Ridwan

Persija Jakarta Vs Persela Lamongan
Fitra Ridwan (kanan) eks Persija yang kini memperkuat PSS (Bola.com/Yoppy Renato)

Satu di antara pemain muda yang mulai mendapatkan kepercayaan dari pelatih Dejan Antonic di turnamen ini. Meski sebagai seorang supersub, tenaganya sangat dibutuhkan di menit-menit krusial.

Beberapa kesempatan ia dapatkan, khususnya memperkuat keseimbangan di lini tengah ketika Kim Kurniawan sudah mulai kehabisan bensin. Semangat bermain yang tinggi ditunjang ketenangan, menjadikannya pemain pengganti yang pas.

Persib wajib mewaspadai pemain ini jika tak ingin lini tengah nya kedodoran di menit-menit akhir. Mengingat PSS juga punya serangan balik mematikan, sosok Fitra Ridwan bisa ikut berperan dalam skema tersebut. 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓