Sukses


Prediksi Leg 2 Semifinal Piala Menpora PSS Vs Persib: Elang Jawa Ngotot, Maung Bandung Waspada

Bola.com, Solo - Partai hidup dan mati layak disematkan untuk status leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 yang mempertemukan PSS Sleman kontra Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo, Senin (19/4/2021) malam. Kedua tim sama-sama masih berpeluang lolos meski Persib punya keunggulan satu gol sebelum laga dimulai.

Berkat kemenangan 2-1 atas PSS dalam perjumpaan pertama semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Jumat (16/4/2021) malam, Persib kini hanya butuh hasil imbang untuk bisa memastikan tiket laga final menjadi milik mereka.

Sementara itu, PSS Sleman harus menang minimal selisih dua gol untuk bisa lolos tanpa melalui drama adu penalti.

Melihat pertemuan pertama kedua tim, laga berlangsung ciamik, terbuka, dan saling melancarkan serangan. Pertandingan begitu enak ditonton, terutama karena PSSĀ  tampil lebih ofensif ketimbang Persib.

Meski bermain dominan, nyatanya Persib mampu bermain efektif dan mampu berbalik unggul lewat gol Victor Igbonefo dan Frets Butuan. Hal ini membuat PSS harus mengevaluasi apa yang masih kurang berjalan baik dalam laga pertama semifinal Piala Menpora 2021.

Video

2 dari 4 halaman

PSS Kembali Tampil Ofensif

Bagi PSS sleman, tidak ada cara selain memenangkan pertandingan jika ingin menorehkan prestasi menawan lolos ke final Piala Menpora 2021. Kemenangan dengan selisih lebih dari satu gol sudah cukup untuk PSS mewujudkan targetnya.

Kans PSS masih cukup besar dan berpotensi mengalahkan Persib. Melihat jalannya pertandingan pada pertemuan pertama kemarin, Irfan Jaya dan kawan-kawan tampil lepas dan lebih dominan ketimbang Persib.

Penguasaan bola yang mencapai 60 persen, kemudian empat peluang emas yang seharusnya menjadi gol, sudah cukup menjadi gambaran kekuatan PSS yang tak kalahĀ hebat dari Persib.

Dalam hal ini, Irfan Jaya, Nicolas Velez, dan Saddam Emiruddin harus lebih tenang dalam menyelesaikan peluang di depan gawang Persib. Begitu juga untuk lini belakang yang perlu menambah konsentrasi akibat dua gol dalam satu laga di pertemuan pertama.

Ā 

"Kondisi pemain tidak terlalu banyak berubah, karena waktu persiapan juga tidak banyak. Tapi melihat kondisi pemain secara umum sudah oke. Dua pemain masih absen karena cedera yakni Gufron dan Irfan Bachdim," terang juru taktik PSS, Dejan Antonic, Minggu (18/4/2021).

Kemudian tidak akan banyak perubahan dengan komposisi tim PSS melakoni pertemuan kedua. Ketangguhan duet bek Fabiano Beltrame dan Mario Maslac, keseimbangan gelandang Kim Jeffrey Kurniawan, dan banyaknya peluang di lini depan oleh Irfan Jaya maupun Nicolas Velez harus lebih dimaksimalkan.

"Kami harus tampil maksimal untuk merebut tiket ke final. Laga pertama banyak kesalahan dan semoga tidak terulang kembali," tegas Dejan Antonic.

Ā 

3 dari 4 halaman

Persib Percaya Diri

Sementara itu, di kubuĀ Persib Bandung, anak asuh Robert Alberts jauh lebih percaya diri untuk menghadapi leg kedua semifinal Piala Menpora ini. Tentunya hal itu tidak lepas dari modal besar, berupa kemenangan 2-1 atas PSS Sleman pada leg pertama.

Tentunya pekerjaan Ardi Idrus dan kawan-kawan lebih mudah ketimbang PSS. Maung Bandung hanya butuh hasil imbang saja untuk memastikan langkah ke babak final.

Berbicara soal taktik dan strategi Robert Alberts, tampaknya tak akanĀ ada perubahan yang besar dari pertemuan pertama kontra PSS. Persib mampuĀ memaksimalkan skema serangan balik, walaupun lebih banyak digempur oleh PSSĀ pada partai pertama.

Tak ada pemain yang absen dalam laga nanti, memudahkan Alberts kembali menurunkan siapa saja pemainnya yang paling siap. Kekuatan Persib justru akan bertambah dengan kembalinya striker andalan Wander Luiz, meski kondisi Ezra Walian masih diragukan bisa tampil.

"Recovery sudah cukup, dan semoga tren bagus Persib berlanjut demi tiket final. Kami tidak akan bermain bertahan, tapi untuk menang adalah dengan menyerang," beber pelatih Persib, Robert Alberts.

Sementara kiper Persib, I Made Wirawan meminta timnya melupakan kemenangan pada pertemuan pertama kemarin untuk lebih fokus memenangkan pertandingan dan tidak kebobolan.

"Lini depan PSS bagusĀ karena bisa mencetak gol. Nanti jangan sampai kemasukan lagi. Kami harus mencegah jangan sampai ada umpan silang yang menjadi andalan PSS," jelasnya.

Persib cukup familiar dengan Stadion Manahan yang sudah berdiri megahĀ setelahĀ direnovasi.Ā Mereka pernah mencatatkan kemenangan telak 3-0 atas Persis Solo dalam sebuah uji cobaĀ pada awal 2020 lalu. Hasil yang secara tidak langsung meningkatkan motivasi bertanding Esteban Vizcarra dan kolega.

Ā 

4 dari 4 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

  • PSS Sleman (4-4-2): Ega Rizky (kiper); Bagus Nirwanto, Mario Maslac, Fabiano Beltrame, Samsul Arifin (belakang); Kim Kurniawan, Aaron Evans, Irfan Jaya, Nicolas Velez (tengah); Arsyad Yusgiantoro, Saddam Emiruddin Gaffar (depan)
  • Pelatih: Dejan Antonic
  • Persib Bandung (4-3-3): I Made Wirawan (kiper); Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Ardi Idrus (belakang); Dedi Kusnandar, Esteban Vizcarra, Farshad Noor (tengah); Febri Hariyadi, Frets Butuan, Wander Luiz (depan)
  • Pelatih: Robert Alberts

Video Populer

Foto Populer