Piala Menpora Segera Berakhir, Zainudin Amali Dorong Kompetisi 2021 Segera Berputar

Oleh Vincentius Atmaja pada 19 Apr 2021, 17:30 WIB
Diperbarui 19 Apr 2021, 20:00 WIB
Piala Menpora, Zainudin Amali, Mochamad Iriawan
Menpora Zainudin Amali (tengah) bersama Ketua PSSI, Mochamad Iriawan (kanan), dan petinggi PT LIB, Sudjarno, menunjukkan gelang tanda menjalani swab antigen menjelang laga Persija Jakarta kontra PSM Makassar di Stadion Manahan, Solo, Minggu (18/4/2021). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Bola.com, Solo - Gelarang turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora 2021 akan berakhir pada akhir pekan mendatang. Kini Piala Menpora sudah memasuki fase akhir dan laga final bakal digelar pada Kamis (22/4/2021) dan Minggu (25/4/2021).

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga kembali memberikan apresiasi untuk yang kesekian kalinya atas pelaksanaan Piala Menpora yang berlangsung lancar dan memenuhi standar protokol kesehatan.

Menpora Zainudin Amali kembali meninjau pelaksanaan pertandingan leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, bersama para petinggi PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB). Menpora mengaku bangga melihat turnamen berjalan dengan acuan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Hal ini sekaligus membuat masa depan pelaksanaan kompetisi resmi musim 2021 akan semakin cerah. Zainudin Amali memastikan akan memberikan rekomendasi penyelenggaraan kompetisi resmi, melanjutkan pencapaian bagus di Piala Menpora ini.

"Protokol kesehatan masih sama dengan apa yang dipaparkan PSSI maupun PT LIB. Tidak ada benturan sedikitpun. Sebagai contoh warna gelang yang menjadi tanda tes antigen berbeda-beda. Artinya tidak mungkin ada penggunaan gelang yang sama," beber Zainudin Amali dalam konferensi pers jelang laga Persija vs PSM pada Minggu (18/4/2021).

"Saya optimistis izin Liga 1 dan 2 dikeluarkan oleh Kepolisian. Pasti kami merekomendasikan, kecuali ada skenario lain penyelenggaraan Liga 1 dan 2. Ujian sudah ada mendekati finis yang masih ada beberapa laga ke depan," ungkap Menpora.

2 dari 3 halaman

Menonton dari Rumah

Piala Menpora - Zainudin Amali
Piala Menpora - Zainudin Amali (Bola.com/Adreanus Titus)

Sementara itu, petinggi PT LIB, Sudjarno, ikut mengapresiasi langkah dari Menpora serta animo penonton yang tetap tinggi walaupun menyaksikannya dari tayangan televisi.

Pihaknya mengatakan kompetisi 2021 ini akan dapat berjalan melihat respons positif, khususnya masyarakat penggila sepak bola yang tetap menjaga diri dengan tidak datang ke stadion maupun menggelar nonton bareng.

"Mulai dari Sleman, Malang, Bandung, dan Solo. Melihat jalannya pertandingan yang lancar, protokol kesehatan menjadi syarat utama untuk perizinan, tinggal satu pertandingan di final nanti," tuturnya.

"Kami hormat ke semua suporter walau liga tetap berjalan tanpa suporter. Kami berharap rekomendasi benar-benar diberikan untuk pelaksanaan kompetisi," tegas pria yang menjabat Direktur Operasional PT LIB itu.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓