Sukses


3 Pemain Bintang yang Jadi Penentu Lolosnya Persib ke Final Piala Menpora 2021

Bola.com, Solo - Persib Bandung bermain imbang 1-1 kontra PSS Sleman pada laga leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Senin (19/4/2021) malam WIB. Hasil tersebut membuat Persib menantang Persija Jakarta di final.

Tim Maung Bandung melenggang ke partai puncak berkat keunggulan agregat 3-2 atas Tim Elang Jawa. Pasalnya, pada pertemuan pertama di Stadion Maguwoharjo, 16 April lalu, Persib Bandung meraih kemenangan dengan skor 2-1.

Duel di Stadion Manahan tersebut berjalan tidak mudah bagi Persib walau berbekal kemenangan pada semifinal pertama. PSS yang hanya bermain dengan 10 orang akibat kartu merah Fabiano Beltrame, justru mengejutkan lewat gol Saddam Emiruddin Gaffar.

Persib sempat tertekan meski unggul jumlah pemain. Hingga akhirnya Ezra Walian sukses menjadi pahlawan Persib berkat golnya pada menit ke-84. Ezra sukses membobol gawang PSS Sleman setelah menyambut umpan silang Ardi Idrus.

Bola.com memiliki ulasan menarik tentang siapa saja pemain Persib yang tampil apik, sekaligus menjadi kunci keberhasilan membawa timnya ke final. Berikut ini adalah tiga pemain yang memiliki kontribusi membawa Persib Bandung ke final versi Bola.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Victor Igbonefo

Igbonefo merupakan palang pintu tangguh dan jaminan di lini belakang Persib. Pemain naturalisasi asal Nigeria tersebut begitu diandalkan pelatih Robert Alberts, apalagi melihat jam terbang dan pengalamannya.

Faktor usia tak berpengaruh besar pada kualitas Victor Igbonefo. Terbukti ia selalu tampil sebagai pemain utama sejak Persib bermain pada fase grup. Ia diduetkan dengan Nick Kuipers sekaligus menjadi benteng pertahanan yang tambah kuat.

Igbonefo ikut menjadi kunci sukses Persib menyingkirkan PSS Sleman pada semifinal. Ia mencetak gol pembuka Persib Bandung pada pertandingan leg pertama di Sleman. Kemudian pemain berusia 35 tahun tersebut berjibaku menahan gempuran 10 pemain PSS dalam laga panas di Solo.

 

3 dari 4 halaman

Febri Hariyadi

Pemain berkelas hasil didikan Persib itu sulit tergantikan untuk menghuni sektor winger. Kualitas individu dengan kecepatan dan naluri menyerang Febri masih belum luntur, meski kompetisi sepak bola di Indonesia sempat terhenti selama satu tahun.

Meski sejauh ini belum mengemas gol di Piala Menpora, Febri Hariyadi merupakan pemain yang paling dibutuhkan dalam skema permainan Robert Alberts. Termasuk dalam usaha Persib menyingkirkan PSS pada laga semifinal.

Pergerakannya di sektor sayap kanan, menjadi pembeda alur serangan Persib. Bek kiri PSS, Derry Rachman cukup kewalahan menghentikan Febri. Hingga seorang Samsul Arifin harus dimasukkan PSS untuk menggangu gerakan Febri Hariyadi.

Ia punya keistimewaan menusuk dari sisi kanan, memberikan umpan silang yang matang, dan kadangkala berani masuk ke wilayah kotak penalti. Satu peluang emasnya digagalkan dengan gemilang oleh kiper PSS, Miswar Saputra pada pertandingan leg kedua di Solo.

 

4 dari 4 halaman

Ezra Walian

Menjadi keputusan tepat Persib untuk mendatangkan seorang Ezra Walian. Bomber keturunan Indonesia-Belanda itu mulai menemukan ketajamannya bersama Tim Pangeran Biru.

Ia ikut menjadi mesin gol Persib yang menjadi tim paling produktif di ajang Piala Menpora 2021. Ezra sejauh ini telah mengoleksi tiga gol bersanding dengan rekannya Frets Butuan, dan berpotensi menjadi top skorer Piala Menpora menggeser Assanur Rijal (4 gol).

Mantan pemain Ajax Amsterdam dan PSM Makassar tersebut menjadi opsi yang pas bagi skenario lini depan Persib. Selain masih punya Wander Luiz dan Ferdinand Sinaga, Ezra semakin melengkapi kekuatan barisan depan.

Ezra Walian menjadi pemain terbaik Persib saat menyingkirkan PSS pada leg kedua semifinal di Solo. Walau kondisinya sempat diragukan tampil karena cedera, nyatanya ia dapat mencetak gol penyama kedudukan untuk memastikan timnya lolos ke final dengan agregat 3-2 atas PSS.

Video Populer

Foto Populer