Sukses


Final Piala Menpora: Persija Bikin Persib Kelimpungan, Selalu Ada Mantan yang Menyakitkan

Bola.com, Sleman - Lini pertahanan Persija Jakarta kembali membuat tim lawan kewalahan di Piala Menpora 2021. Pada leg pertama final, Persib Bandung menjadi korbannya.

Persija mengalahkan Persib 2-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021). Dalam laga tersebut, lini belakang Macan Kemayoran memang terlihat sangat rapat.

Duet jantung pertahanan Persija diisi oleh Maman Abdurrahman dan Tony Sucipto yang berstatus mantan pemain Persib. Di menit ke-29, bek kiri Persija Alfath Faathier, yang merupakan pemain jebolan Diklat Persib, masuk menggantikan Novri Setiawan.

Lini belakang Macan Kemayoran yang berisikan mantan pemain Maung Bandung itu rupanya masih menyulitkan Persib. Persib mendapat peluang penting di menit ke-30 lewat tendangan bebas.

Namun, bola sepakan Victor Igbonefo itu masih membentur dan dengan mudah diamankan oleh Andritany Ardhiyasa.

Pada injury time babak pertama, Febri Hariyadi sempat mendapat peluang untuk memperkecil ketinggalan. Namun, bola hasil tendangan spekulasi yang dilepasnya masih melambung di atas mistar gawang Persija.

Sementara di babak kedua, Persib Bandung masih bermasalah dengan penyelesaian akhir sehingga beberapa peluang gagal menjadi gol. Di sisi lain, Taufik Hidayat, pencetak gol kedua Persija, merupakan jebolan Persib U-17.

Video

2 dari 2 halaman

Disiplin

Catatan tak pernah kebobolan dalam tiga pertandingan fase gugur sudah menunjukkan bahwa barisan pertahanan Persija sangat disiplin dan rapi. Lini belakang benar-benar menjadi momok yang menakutkan buat tim lawan.

Menariknya, deretan bek mereka sebenarnya mengalami perubahan dalam setiap pertandingan. Otavio Dutra, Yann Motta, dan Rohit Chand bergantian mengisi pos dalam duet jantung pertahanan Persija.

Sokongan bek kanan dan kiri yang biasanya diisi oleh Tony Sucipto, Novri Setiawan, atau Marco Motta juga cukup apik. Alhasil, mereka mampu menghalau serangan dan membuat lawan kesulitan menciptakan peluang.

Selain itu, penampilan apik gelandang di lini tengah juga patut diacungi jempol. Marc Klok masih menjadi kunci keberhasilan duel dengan pemain lawan dalam perebutan. Rohit Chand juga menemani Klok di lini tengah dalam leg kedua semifinal kontra PSM juga bekerja dengan baik.

Duel leg kedua final Piala Menpora Persija kontra Persib Bandung akan digelar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (25/4/2021).

Video Populer

Foto Populer