Sukses


Duo Penyerang Muda Persija Mengejutkan, Marko Simic Bakal Disimpan Lagi di Leg Kedua Final Piala Menpora?

Bola.com, Jakarta - Sebuah kejutan diperlihatkan Persija Jakarta saat menghadapi Persib Bandung dalam leg pertama final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021) malam WIB. Dua penyerang muda Macan Kemayoran, Braif Fatari dan Taufik Hidayat, mendapat kesempatan menjadi starter dan langsung memperlihatkan kualitasnya lewat dua gol yang membawa Persija menang.

Dalam pertandingan leg pertama final Piala Menpora 2021 itu, pelatih Persija Jakarta, Sudirman, memang membuat sejumlah perubahan. Maman Abdurrahman akhirnya dimainkan sejak awal laga untuk mengisi pusat pertahanan Macan Kemayoran bersama Tony Sucipto.

Riko Simanjuntak, yang dalam beberapa pertandingan sebelumnya selalu memulai pertandingan dari bangku cadangan, juga mendapat kesempatan bermain sejak awal laga. Justru Marko Simic yang kali ini disimpan oleh Sudirman di bangku cadangan hingga akhirnya masuk pada babak kedua.

Namun, yang lebih mengejutkan Sudirman memainkan dua penyerang muda sejak awal pertandingan. Braif Fatari dan Taufik Hidayat mendapatkan kepercayaan dari Sang Jenderal untuk memulai laga sejak kick-off.

Satu yang menarik, kedua pemain membayar kepercayaan dari sang pelatih dengan sangat baik. Pertandingan baru dimulai, Braif Fatari langsung menjebol gawang Persib yang dikawal I Made Wirawan.

Berawal dari umpan keras Riko Simanjuntak yang ditahan oleh Taufik Hidayat, bola jatuh tepat di depan Braif Fatari. Dengan sedikit kecohan, pemain berusia 18 tahun itu melepaskan tembakan kaki kiri yang tak mampu dihalau oleh I Made Wirawan.

Tidak sampai di situ, Persija kembali mencetak gol hanya dalam waktu enam menit berselang. Kali ini Taufik Hidayat yang menjebol gawang Made Wirawan.

Berawal dari pergerakan Novri Setiawan yang kemudian mengirim umpan pendek kepada Riko Simanjuntak yang berlari di sisi kiri, pemain asal Pematang Siantar itu mengirim umpan silang ke jantung pertahanan Persib. Taufik Hidayat yang datang dari garis kedua melepas sebuah tembakan placing yang meluncur indah masuk ke dalam gawang Persib.

Dua kejutan tersebut membuat Persija Jakarta tak hanya mampu meraih keunggulan dengan cepat. Macan Kemayoran kemudian bisa terus menjaga pertahanan yang solid sehingga membuat Persib harus sangat bekerja keras untuk bisa mengejar ketinggalan.

Hingga laga usai, tak ada tambahan gol yang tercipta. Persija Jakarta pun menatap leg kedua final Piala Menpora 2021 yang akan digelar di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021) malam, dengan percaya diri.

Video

2 dari 2 halaman

Marko Simic Kembali Menghangatkan Bangku Cadangan?

Marko Simic yang sejak 2018 menjadi mesin gol Persija Jakarta, sejauh ini baru mencetak dua gol untuk Persija Jakarta di Piala Menpora 2021. Dua gol tersebut dicetak ke gawang Borneo FC dan Barito Putera.

Terlalu sering mendapatkan kepercayaan menjadi mesin gol di lini depan Persija tampaknya membuat Marko Simic selalu mendapatkan penjagaan yang ketat dalam setiap pertandingan.

Dalam laga kontra Persib di leg pertama semifinal Piala Menpora 2021, Marko Simic tentu awalnya bakal menjadi target prioritas pengawalan dari lini pertahanan Persib.

Namun, Sudirman memutuskan untuk mengistirahatkan Marko Simic di bangku cadangan. Sebagai gantinya, Taufik Hidayat tampil sebagai striker ditemani Osvaldo Haay dan Riko Simanjuntak yang bermain dari sisi sayap. Sementara Braif Fatari juga diberikan kesempatan sejak awal, di mana Sudirman mengistirahatkan Ramdani Lestaluhu.

Dua gol cepat Persija yang dicetak dua pemain muda tersebu tentu menjadi sebuah kejutan tersendiri dalam partai puncak pertama Piala Menpora 2021. Meski pada akhirnya kedua pemain muda tersebut ditarik keluar pada babak kedua, dan kemudian Marko Simic masuk ke lapangan, kejutan kedua pemain muda tersebut terus diingat jelang leg kedua final Piala Menpora 2021.

Kondisi tersebut tentu membuat Sudirman kini punya banyak opsi dalam menerapkan strategi untuk menghadapi Persib dalam laga di Stadion Manahan, Solo. Bukan tidak mungkin Taufik Hidayat dan Braif Fatari akan kembali mendapatkan kesempatan tampil, tapi juga mungkin saja Marko Simic yang sempat diistirahatkan pada awal laga leg pertama, kini benar-benar akan turun sejak awal pertandingan.

Video Populer

Foto Populer