Sukses


3 Gol Terbaik The Finals Piala Menpora 2021: Hadir dalam Setiap Laga

Bola.com, Jakarta - Piala Menpora 2021 telah rampung digelar. Persija Jakarta meraih trofi juara setelah menang agregat 4-1 atas Persib Bandung lewat dua leg pertandingan final yang digelar pada 22 dan 25 April 2021. Selain itu, PSS Sleman menjadi tim peringkat ketiga setelah menang 2-1 atas PSM Makassar dalam laga perebutan tempat ketiga pada 24 April.

Persija Jakarta membuka peluang menjadi juara lewat kemenangan 2-0 atas Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021) malam.

Dua gol cepat yang dicetak pemain muda Persija, Braif Fatari, dan Taufik Hidayat, menjadi pahlawan kemenangan yang membuat Macan Kemayoran satu tangan memegang trofi juara.

Macan Kemayoran pun memastikan diri menjadi juara Piala Menpora 2021 setelah kembali meraih kemenangan dalam leg kedua final yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021) malam. Dua gol Persija dicetak oleh Osvaldo Haay dan Riko Simanjuntak. Sementara satu gol Persib dicetak oleh Ferdinand Sinaga.

Rangkaian The Finals Piala Menpora 2021 juga menghadirkan laga perebutan tempat ketiga yang mempertemukan dua tim semifinalis, PSS Sleman dan PSM Makassar. Laga tersebut akhirnya berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk PSS yang resmi menjadi tim peringkat ketiga di Piala Menpora 2021.

Dua gol kemenangan PSS Sleman dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Menpora 2021 itu dicetak oleh Irfan Jaya melalui titik putih dan Irkham Zahrul Mila. Sementara satu gol PSM Makassar dicetak oleh Sutanto Tan.

Dari 8 gol yang tercipta dalam 3 pertandingan The Finals Piala Menpora 2021, Bola.com memilih 3 gol terbaik. Berikut ulasannya:

Video 3 Gol Terbaik The Finals Piala Menpora 2021

2 dari 2 halaman

Gol Terbaik Tercipta dalam Setiap Pertandingan

Satu yang menarik, ketiga gol terbaik yang dipilih Bola.com pada periode tiga pertandingan terakhir Piala Menpora 2021 itu tercipta dalam tiga pertandingan yang berbeda, mulai dari leg pertama pertandingan final, perebutan tempat ketiga, hingga leg kedua final.

Gol terbaik pertama yang dipilih Bola.com adalah milik Taufik Hidayat, penyerang muda Persija Jakarta, yang menjebol gawang Persib pada menit ketujuh dalam laga leg pertama final Piala Menpora 2021, Kamis (22/4/2021).

Striker Persija Jakarta, Taufik Hidayat tampak kecewa usai gagal mencetak gol ke gawang Persib Bandung dalam laga leg kedua final Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Dalam kondisi Persija sudah unggul satu gol, Taufik Hidayat menciptakan sebuah gol dengan sangat manis. Berawal dari pergerakan Novri Setiawan ke lini pertahanan Persib dan kemudian mengoper bola kepada Riko Simanjuntak yang ada di sisi kiri lapangan, bola kemudian dilepaskan oleh pemain sayap Persija itu ke jantung pertahanan Persib.

Bola hasil umpan silang itu melewati sejumlah pemain, baik Persija maupun Persib, hingga akhirnya jatuh di depan Taufik Hidayat yang muncul dari lini kedua. Sebuah tembakan placing ke arah tiang jauh pun dilepaskan oleh pemain berusia 21 tahun itu dan tidak bisa dijangkau oleh kiper Persib, I Made Wirawan.

Gol tersebut sekaligus menjadi gol terakhir Persija dalam pertandingan tersebut. Macan Kemayoran menyelesaikan pertandingan leg pertama final itu dengan kemenangan 2-0.

Pemain PSS Sleman, Kim Jeffrey Kurniawan (kanan) mengawal laju pemain PSM Makassar, Sutanto Tan yang sedang mengontrol bola pada laga perebutan juara tiga Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (24/4/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sementara gol terbaik lain datang dari pertandingan perebutan tempat ketiga yang mempertemukan PSS Sleman dan PSM Makassar. Dalam laga tersebut, PSS menang 2-1 dan didaulat menjadi tim peringkat ketiga Piala Menpora 2021. Namun, gol PSM Makassar yang dicetak oleh Sutanto Tan, layak menjadi satu di antara tiga yang terbaik.

Sutanto Tan yang dilanggar di dekat kotak penalti PSS, mengambil sendiri eksekusi tendangan bebas tersebut. Dengan hanya sedikit ancang-ancang, mantan pemain Persija itu melepaskan tembakan melengkung yang meluncur deras ke sisi kanan gawang PSS. Miswar Saputra yang mengawal gawang PSS berhasil menjangkau tapi tak berhasil menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Gol Sutanto Tan itu membawa PSM mengimbangi PSS dengan skor 1-1. Sayang, PSM akhirnya kebobolan lagi setelah Irkham Mila mencetak gol penentu kemenangan PSS dalam pertandingan tersebut.

Striker Persib Bandung, Ferdinand Sinaga saat melawan Persiraja Banda Aceh dalam laga matchday ke-3 Grup D Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (2/4/2021). Persib menang 2-1 atas Persiraja. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sementara satu gol terbaik lain tercipta dalam leg kedua final Piala Menpora 2021, di mana Persija Jakarta menang 2-1 atas Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo. Gol Persib yang dicetak Ferdinand Sinaga menjadi gol terbaik ketiga di fase The Finals Piala Menpora 2021.

Tepatnya pada menit ke-84, Ferdinand Sinaga mengambil eksekusi tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Macan Kemayoran. Dengan kaki kirinya, Ferdinand Sinaga melambungkan bola langsung ke arah gawang.

Andritany yang mengawal gawang Persija cukup terkejut lantaran bola tersebut seakan menjadi umpan bagi para pemain Persib yang berada di kotak penalti. Namun, nyatanya bola meluncur langsung ke dalam gawang Persija Jakarta.

Gol tersebut membawa Persib Bandung menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dalam pertandingan tersebut dan membutuhkan dua gol lagi untuk bisa menyamakan agregat. Namun, Persib akhirnya justru kebobolan lagi hingga kalah 1-2 dalam pertandingan tersebut dan harus puas menjadi runner-up Piala Menpora 2021 karena kalah 1-4 secara agregat.

Seperti apa proses lahirnya ketiga gol terbaik di fase The Finals Piala Menpora 2021 itu? Berikut cuplikan videonya:

Video Populer

Foto Populer