Sukses


Polri Janji Usut Tuntas Insiden yang Libatkan Suporter Persija dan Persib Setelah Piala Menpora

Bola.com, Jakarta - Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol. Imam Sugianto, mengapresiasi kelancaran turnamen Piala Menpora 2021. Namun, Polri juga menyayangkan insiden yang melibatkan suporter Persija Jakarta dan Persib Bandung setelah penyelenggaraan Piala Menpora 2021. 

Pernyataan itu disampaikan Imam Sugianto sebagai perwakilan dari Polri dalam pertemuan evaluasi Piala Menpora 2021. Pertemuan yang berlangsung Selasa (27/4/2021) dihadiri oleh Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Direktur Utama dan Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru, Satgas COVID-19, dan Direktur Olahraga Persija Jakarta.

Imam Sugianto menyebut secara keseluruhan Piala Menpora 2021 berlangsung aman dan lancar. Hal ini bisa menjadi referensi kegiatan-kegiatan olahraga lainnya.

"Pada prinsipnya penyelenggaraan event pertandingan pramusim Piala Menpora berlangsung sukses. Baik evaluasi dari penyelenggaraan, pengamanan, dan pendekatan protokol kesehatan dinilai sudah cukup baik. Ini bisa menjadi poin pada penyelenggaraan event-event lainnya," kata Imam Sugianto.

Sementara itu, Polri akan mengusut secara tuntas kejadian yang melibatkan suporter Persija Jakarta dan Persib Bandung setelah Piala Menpora. Tindakan terukur akan dilakukan apabila terdapat unsur pelanggaran PPKM Mikro atau tindakan pidana.

Seperti diketahui, suporter Persija melanggar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat skala mikro (PPKM Mikro) setelah melakukan pawai juara Piala Menpora di Bundaran HI, Jakarta. Adapun suporter Persib Bandung melakukan perusakan kantor imbas kekecewaan setelah kalah di final Piala Menpora 2021.

"Namun, hasil evaluasi kami cukup menyayangkan kegiatan Piala Menpora 2021 yang sudah dilangsungkan dengan baik dan sukses dicederai beberapa oknum yang mencoba memprovokasi. Pada kejadian tanggal 26 April di Bundaran HI itu berkumpul lebih dari 2 ribuan orang suporter dari Jakmania," ucap  Imam Sugianto.

"Ini sedang didalami, mana kala nanti hal ini menyokong atau menyumbang pelanggaran protokol kesehatan maka Polri akan bersikap tegas dalam mengambil tindakan terukur dalam proses berikutnya. Kemudian juga yang di Bandung kami menyayangkan kejadian dari Bobotoh yang menyampaikan rasa kekecewaannya dengan melakukan perusakan-perusakan dan sweeping dari kendaraan yang datang dari Jakarta. Ini kami yang sayangkan," tegas  Imam Sugianto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Respons Menpora

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, mendukung penuh penyelidikan yang dilakukan Polri terkait insiden yang melibatkan dua kelompok suporter setelah Piala Menpora 2021. Namun, Zainudin Amali menyebut masyarakat harus obyektif dalam menyikapi Piala Menpora 2021 dan kejadian yang terjadi setelah turnamen tersebut.

Menurut Zainudin Amali, tindakan yang dilakukan suporter Persija dan Persib merupakan hal yang berbeda dari kelancaran turnamen secara keseluruhan. Menurutnya, hal itu tidak bisa dijadikan penghambat kegiatan olahraga lainnya pada kemudian hari.

"Tentang kejadian yang muncul setelah turnamen pramusim Piala Menpora ditutup, baik di Jakarta dan di Bandung, sekarang ini sedang ditangani oleh pihak Polri baik di Mabes maupun Polda Metro dan Polda Jabar dan sedang didalami. Apabila ditemukan unsur-unsur yang melanggar hukum tentu Mabes Polri akan melakukan penegakan hukum," ucap Zainudin Amali.

"Secara keseluruhan kita harus melihat ini satu hal yang jangan dicampuradukkan. Penyelenggaraan turnamen Piala Menpora sukses, akan tetapi setelah ditutup ada kejadian yang muncul. Saya mohon untuk melihat seperti itu sehingga kita lebih obyektif," tegas Zainudin Amali.

Video Populer

Foto Populer