Sukses


Liga 1: Madura United Bakal Menggelar Latihan Lagi Setelah Lebaran

Bola.com, Bangkalan - Kebanyakan tim kontestan Liga 1 2021 sudah menggelar latihan, terutama yang tersingkir lebih awal dari Piala Menpora 2021. Namun, Madura United masih belum menggelar latihan di bulan Ramadan ini.

Manajemen klub berjulukan Laskar Sape Kerap itu sudah membuat keputusan tidak akan berlatih selama bulan Ramadan ini. Latihan pertama mereka pasca kegagalan di Piala Menpora 2021 akan digelar setelah Idul Fitri.

“Rencananya, setelah lebaran (Idul Fitri) tim baru berkumpul kembali. Performa pemain jelas terpengaruh ketika latihan putus di tengah jalan. Mereka harus mengembalikan kondisi fisik lagi,” kata Zia Ulhaq, Direktu PT Polana Bola Madura Bersatu (PBMB).

Manajemen Madura United punya beberapa alasan tidak buru-buru menggelar latihan kolektif bagi pemainnya. Satu di antaranya adalah larangan mudik dari pemerintah. Mengumpulkan skuat di bulan Ramadan akan menyulitkan pemain untuk kembali ke kampung halaman.

Apalagi, saat ini mayoritas pemain Madura United berada di kampung halaman masing-masing. Jika harus kembali ke Bangkalan sebelum Lebaran, tentu hal itu bisa menyalahi aturan.

Ditambah lagi, waktu latihan akan terpotong dengan momen Lebaran. Memulai latihan setelah lebaran juga akan memiliki kelebihan. Tim pelatih, pemain, hingga ofisial, bisa merayakan lebaran terlebih dahulu bersama keluarga. 

Selama libur, jajaran manajemen klub bersama staf kepelatihan Madura United melakukan evaluasi penampilan tim di Piala Menpora 2021. “Hasilnya nanti kami sampaikan saat tim sudah berkumpul,’’ imbuhnya.

Video

2 dari 2 halaman

Menunggu Kepastian Liga 1

Seperti klub lain, Madura United juga menunggu kepastian Liga 1 2021. Dari situlah, manajemen bisa bergerak mengambil kebijakan disesuaikan dengan agenda pertandingan nantinya.

“Kalau mulai di bulan Juni atau Juli, Liga 1 akan beriringan dengan jadwal kompetisi di negara Eropa. Dengan begitu, kompetisi bisa tuntas pada Februari atau Maret 2022. Jeda untuk libur tidak terlalu panjang. Apalagi, di sela itu masih bisa diisi kompetisi pramusim,’’ tutur Zia.

Terpisah, pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, mengungkapkan bahwa dirinya dan jajaran pelatih sudah meminta pemain untuk berlatih secara mandiri. Itu diperlukan agar adaptasi mereka saat berlatih secara kolektif bisa lebih cepat.

“Rencananya, latihan setelah lebaran di Pamekasan. Semoga tidak ada perubahan. Saat ini, pemain intens latihan mandiri. Imbauan saya agar intensitasnya tidak dikendorkan, agar nanti saat kembali latihan tidak butuh waktu lama fokus pemulihan kondisi fisik,” ucap pelatih yang akrab disapa RD itu.

Video Populer

Foto Populer