Sukses


Gelandang-gelandang Timnas Indonesia: Seleranya Shin Tae-yong Ketahuan, Pemain yang Berteknik Tinggi

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal menjalani pemusatan latihan mulai 1 Mei di Jakarta. Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong sudah memanggil 34 pemain.

Setelah pemusatan latihan, agenda skuad Garuda berlanjut dengan ujicoba dan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia di Uni Emirat Arab hingga pertengahan Juni mendatang.

Khusus di lini tengah, ada hal lain yang terlihat. Tak banyak pemain berkarakter pekerja keras dan ngotot. Seperti Hendro Siswanto, Bayu Pradana dan lainnya. Kali ini lebih banyak pemain berteknik tinggi yang dipanggil, yakni Evan Dimas, Adam Alis, Marc Klok, Braif Fatari dan lainnya.

Mantan pelatih Arema, Gusnul Yakin meyakini jika Shin Tae-yong punya pertimbangan khusus memanggil para gelandang tersebut. Kehadiran pemain pekerja keras digantikan dengan yang kuat mempertahankan bola.

“Seperti yang pernah saya sampaikan, pelatih ini sepertinya punya karakter. Sekarang mungkin di posisi gelandang dia coba pemain yang punya skill dan cepat di tengah. Mungkin skemanya ingin membuat penguasaan bola yang bagus,” jelas pelatih yang kini berdomisili di Malang itu.

Jika dilihat dari pemain yang dipanggil, Shin Tae-yong memadukan hasil penjaringan di Piala Menpora dengan pemain di timnas kelompok usia. Seperti Marc Klok yang baru meraih gelar pemain terbaik Piala Menpora.

Selain itu, gelandang dari klub yang tersingkir di fase grup juga tetap dipanggil. Seperti dari Bhayangkara FC, Evan Dimas. Selain itu, pemain yang membela klub luar negeri, Syahrian Abimanyu, Egy Maulana dan Witan Sulaeman juga mendapat kesempatan bersaing di Timnas Indonesia.

 

Video

2 dari 3 halaman

Potensi Lain

Shin Tae-yong memahami seperti apa kualitas pemain tersebut. Namun, Gusnul melihat masih banyak potensi gelandang lokal yang punya skill tinggi namun belum dapat kesempatan.

“Saya masih suka dengan cara main seperti Septian David Maulana (PSIS Semarang). Seiring berjalannya waktu nanti pasti ada pemain lain yang muncul. Ini masih pemusatan latihan. Bisa jadi nanti ada pengurangan pemain atau ada lagi yang dipanggil,” sambungnya.

Sebenarnya lini tengah jadi salah satu faktor penting membentuk tim yang tangguh. Pelatih sementara Arema, Kuncoro menambahkan jika Timnas Indonesia era 90-an punya tim tangguh karena banyak pemain tengah yang bisa mengatur irama permainan.

“Dulu ada pemain sekelas Ansyari Lubis, lalu Fakhri Husaini. Setelah itu ada tapi tidak tidak. Seperti era Firman Utina. Yang sekarang, Evan Dimas bisa jadi penerus. Semoga saja banyak gelandang bagus yang membuat permainan timnas lebih enak dilihat,” kata Kuncoro.

3 dari 3 halaman

Daftar Pemain

Daftar Gelandang Timnas Indonesia di Pemusatan Latihan 1 Mei

  • Evan Dimas
  • Braif Fatari
  • Egy Maulana
  • Adam Alis
  • Marc Klok
  • Syahrian Abimanyu
  • Kadek Agung
  • Genta Alpredo
  • Witan Sulaeman
  • Osvaldo Haay

Video Populer

Foto Populer