Lompatan Karier Yakob Sayuri: Top Scorer Liga 3 yang Bersinar Bersama Klub Liga 1 dan Berseragam Timnas Indonesia

Oleh Abdi Satria pada 01 Mei 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 01 Mei 2021, 09:15 WIB
FOTO: PSM Makassar Bikin Persija Jakarta Tenggelam di Dasar Klasemen
Ekspresi pemain PSM Makassar, Yakob Sayuri, setelah mencetak gol kedua ke gawang Persija Jakarta dalam pertandingan Babak Penyisihan Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang. Senin (22/3/2021). (Bola.com/Arief Bagus)

Bola.com, Makassar - Aksi Yakob Sayuri sebagai penyerang sayap PSM Makassar di Piala Menpora 2021 terbilang lumayan. Penampilannya terbaiknya ketika mencetak satu gol dan satu assist ketika PSM melibas Persija Jakarta pada matchday pertama Grup B di Stadion Kanjuruhan Malang.

Pada ajang Piala Menpora 2021, Yakob tampil penuh dalam tujuh laga dengan koleksi dua gol dan membawa Juku Eja menembus semifinal. Sayang, PSM gagal ke final usai dikalahkan tim yang mereka kalahkan pada babak grup, Persija.

Pencapaian Yakob bersama PSM di Piala Menpora membuat nama saudara kembar Yance Sayuri ini masuk dalam daftar skuad tim nasional Indonesia yang dipersiapkan menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Sea Games Vietnam 2021.

"Yakob pantas mendapat panggilan timnas Indonesia. Di Piala Menpora, ia jadi ruh permainan PSM yang tampil dengan permainan cepat dan keras untuk menunjang strategi serangan balik ala coach Syamsuddin Batola," ujar Tony Ho, pengamat sepak bola Makassar kepada Bola.com, Jumat (30/4/2021) petang.

Di mata Tony, kelebihan yang menonjol dari Yakob Sayuri adalah kecepatan berlari dengan bola menyisir sisi sayap pertahanan. Ia juga tak jarang masuk ke tengah berdiri di belakang striker. Gaya permainan agresif dan ngotot ala Yakob ini dinilai Tony cocok dengan pola 4-4-2 kesukaan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

 

2 dari 4 halaman

Lompatan Karier Yakob

Striker PSM Makassar, Yakob Sayuri
Striker PSM Makassar, Yakob Sayuri, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Shan United pada laga Piala AFC 2020 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, rabu (26/2). PSM menang 3-1 atas Shan United. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bagi Yakob, sukses yang digapainya saat ini merupakan lompatan karier yang terbilang cepat. Pada 2018, ia hanya berstatus pemain Liga 3 zona Papua bersama Persemi Mimika. Bersama Persemi, namanya mulai diperhitungkan usai menjadi top skorer musim itu dengan koleksi 13 gol dari 10 partai. Di musim yang sama, ia juga menjadi bagian dari sukses Persewar Waropen promosi ke Liga 2.

Talenta yang dimiliki pria kelahiran Yapen, 9 September 1997 ini terpantau legenda Persipura Jayapura, Eduard Ivakdalam yang kemudian merekomendasi Yakob ke Barito Putera jelang Liga 2019.

Kebetulan saat itu, Barito Putera ditangani Jacksen Tiago yang dikenal piawai dalam mengorbitkan pemain muda. Di musim perdananya bersama Barito Putera di kompetisi kasta tertinggi tanah, Yakob tampil dalam 22 partai dengan koleksi satu gol. Pencapaian lumayan buat pemain muda yang sebelumnya bermain di tim Liga 3.

Di Barito pula, Yakob untuk kali pertama berseragam timnas Indonesia. Ia melakukan debut internasional untuk Indonesia U-23 pada 7 Juni 2019 melawan Thailand U-23 dan Filipina U-23 pada 9 Juni 2019 di Piala Merlion 2019.

 

3 dari 4 halaman

Bersinar di PSM

Borneo FC vs PSM Makassar
Striker PSM Makassar, Yakob Sayuri (kiri) berusaha melewati gelandang Borneo FC, Hendro Siswanto dalam laga matchday ke-3 Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Rabu (31/3/2021). PSM bermain imbang 2-2 dengan Borneo FC. (Bola.com/M Iqbal

Yakob hanya semusim di Barito Putera. Jelang musim 2020, PSM Makassar yang tengah bersiap menghadapi Piala AFC dan Liga 1 merekrutnya. Di klub kebanggaan warga Makassar itu, Yakob bersaing dengan sederet penyerang sayap familiar di Liga 1 musim sebelumnya. Diantaranya Bayu Gatra, Ferdinand sinaga, Irsyad Maulana, Rizky Eka Pratama, Ezra Walian dan Saldi Amiruddin.

Penampilannya yang agresif dan militan membuat pelatih PSM saat itu, Bojan Hodak, menjadikan Yakob sebagai pemain penting skuad Juku Eja di Piala AFC dan Liga 1. Sayang, kiprah Yakob bersama PSM di dua ajang ini terpaksa terhenti akibat wabah pandemi COVID-19.

Meski begitu, pamor Yakob tetap bersinar. Namanya masuk dalam daftar pemain timnas Indonesia yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan di Jakarta pada Februari silam.

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓