Shin Tae-yong Bantah Pemanggilan Marc Klok ke Timnas Indonesia karena Bagian Proyek Naturaliasi

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 01 Mei 2021, 18:15 WIB
Diperbarui 01 Mei 2021, 18:15 WIB
Marc Klok
Pemain Persija Jakarta, Marc Klok, mendapat penghargaan sebagai pemain terbaik Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dengan keras membantah telah memanggil Marc Klok ke pemusatan latihan karena alasan proyek naturalisasi. Shin Tae-yong mengklaim memanggil Marc Klok karena murni kualitas sang pemain.

Shin Tae-yong memanggil 34 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dalam daftar tersebut, hanya Marc Klok sebagai satu-satunya pemain naturalisasi yang dipanggil.

Pemanggilan Marc Klok yang dilakukan Shin Tae-yong mendapatkan perhatian dari media di Korea Selatan. Shin Tae-yong dituding melakukan proyek naturalisasi pemain terhadap Marc Klok sehingga bisa cepat menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

"Saya telah mendengar kabar yang mengatakan saya memiliki proyek naturalisasi pemain. Itu tidak benar. Klok telah lama aktif di Indonesia dan telah memenuhi persyaratan naturalisasi," kata Shin Tae-yong seperti dikutip Sport Seoul.

"Dia sudah dinaturalisasi dan memperoleh kewarganegaraan Indonesia sejak Oktober tahun lalu. Saya sedang menonon Liga Indonesia dan memperhatikan Klok. Saya mendengar dia adalah pemain yang dinaturalisasi dan saya mengambilnya," tegas Shin Tae-yong.

Tudingan yang diarahkan ke Shin Tae-yong nyatanya tidak berdasar. Marc Klok sudah mengajukan permohonan menjadi WNI sejak masih berseragam PSM Makassar pada 2019, sebelum Shin Tae-yong menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Marc Klok kemudian resmi memegang paspor Indonesia pada November 2020. Pemanggilan ke Timnas Indonesia ini menjadi yang perdana buat pemain berusia 28 tahun tersebut.

2 dari 3 halaman

Bayar Kepercayaan

Peraih Penghargaan di Piala Menpora 2021
Pemain Persija Jakarta, Marc Klok, mendapat penghargaan sebagai pemain terbaik Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, menyambut antusias kesempatan tampil di Timnas Indonesia. Pemain naturalisasi itu mengaku siap membayar kepercayaan yang diberikan pelatih Shin Tae-yong.

"Tentu saya sangat senang dan bangga resmi dipanggil mengikuti TC Timnas Indonesia. Saya juga bersyukur karena April dan Mei ini menjadi momen spesial bagi saya, seperti mendapatkan gelar pemain terbaik dan Persija menjadi juara Piala Menpora dan dua pekan lagi saya akan menunggu kelahiran anak pertama saya," kata Marc Klok.

"Saya bertekad memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia serta mengucapkan terima kasih kepada PSSI dan semua pihak yang telah membantu saya dalam proses naturalisasi," tegas Marc Klok.

Sumber: Sport Seoul

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓