6 Pemain Sayap Lincah yang Bakal Jadi Andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 02 Mei 2021, 08:15 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 23:09 WIB
Timnas Indonesia - Witan Sulaeman, Yakob Sayuri, Osvaldo Haay
Timnas Indonesia - Witan Sulaeman, Yakob Sayuri, Osvaldo Haay (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Shin Tae-yong memanggil 34 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di Jakarta 1-9 Mei 2021. TC itu dilakukan sebagai persiapan menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dalam daftar pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong membuat kejutan. Pelatih asal Korea Utara itu lebih banyak memanggil pemain muda dan menyisakan empat nama pemain yang berusia di atas 25 tahun.

Keputusan ini tak terlepas dari eksperimen yang dilakukan Shin Tae-yong. Seperti diketahui, Shin Tae-yong yang menganut skema 4-4-2 membutuhkan pemain lincah, bugar, dengan kondisi fisik yang mumpuni.

Wajar bila pemain yang dipanggil lebih banyak yang berusia muda karena masih segar. Gaya permainan yang diusung Shin Tae-yong juga menuntut permainan cepat dan efektif.

Satu di antara keunggulannya adalah mengandalkan serangan dari sektor sayap. Shin Tae-yong memanggil pemain sayap yang punya kemampuan individu baik dalam memuluskan serangan.

Apalagi Timnas Indonesia memiliki tiga laga sisa yang krusial di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand (3/6/2021), Vietnam (7/6/2021), dan Uni Emirat Arab (11/6/2021). 

Bola.com mencatat, dari 34 pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia enam di antaranya berperan sebagai sayap. Lantas, siapa saja pemain sayap yang bakal jadi andalan Shin Tae-yong?

2 dari 8 halaman

1. Altariq Ballah

Alta Ballah
Alta Ballah saat beraksi bersama Persita Tangerang di Piala Menpora 2021. (Dokumentasi Persita Tangerang)

Altariq Ballah tergolong nama baru yang diberi kesempatan Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia. Pemanggilan itu diyakini tak terlepas dari penampilan Altariq Ballah pada Piala Menpora 2021 bersama Persita Tangerang.

Altariq Ballah tampil sebanyak tiga kali untuk Persija. Pelatih Shin Tae-yong diyakini penasaran dengan kualitas pemain berusia 20 tahun tersebut.

Altariq Erfa Aqsal Ballah berperan sebagai sayap kiri dengan kemampuan mumpuni. Altariq Ballah juga punya kecepatan berlari yang menjadi kekuatannya di lapangan.

3 dari 8 halaman

2. Irfan Jauhari

Irfan Jauhari
Bali United resmi meminjamkan Irfan Jauhari ke Persis Solo pada Rabu (28/4/2021). (dok. Bali United)

Irfan Jauhari bisa dikatakan sebagai pemain kunci Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19. Irfan Jauhari merupakan pemain multifungsi.

Selain dapat bermain melebar, winger berusia 20 tahun itu juga bisa diplot sebagai penyerang. Irfan Jauhari biasa dimainkan di sisi kiri.

Dengan kaki kanannya, Irfan Jauhari bisa menusuk ke tengah lapangan atau beradu lari dengan pemain lawan. Kemampuan itulah yang membuat Irfan dipromosikan ke timnas senior.

4 dari 8 halaman

3. Yakob Sayuri

PSM Makassar VS Borneo FC Samarinda
Pemain PSM Makassar, Yakob Sayuri (kiri) berusaha melewati pemain Borneo FC Samarinda, Hendro Siswanto, pada laga Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Rabu (31/3/2021). Borneo FC berhasil menahan imbang 2-2 saat menghadapi PSM Makassar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Yakob Sayuri merupakan pemain lincah yang berperan di sektor sayap kanan. Yakob Sayuri itu punya kemampuan mumpuni sebagai pemain sayap.

Senjata utamanya adalah kecepatan berlari yang siap merepotkan lini pertahanan lawan. Yakob Sayuri juga punya kemampuan dalam melakukan tusukan dan tembakan yang akurat.

Yakob Sayuri tentu harus bekerja keras untuk bisa menembus skuad inti Timnas Indonesia. Hal ini tak terlepas dari persaingan ketat di sektor sayap.

5 dari 8 halaman

4. Osvaldo Haay

FOTO: Aksi Duo Kancil, Osvaldo Haay dan Riko Simanjuntak yang Hancurkan Perjuangan Persib Bandung
Osvaldo Haay juga selalu tampil dalam setiap pertandingan Persija Jakarta. Catatan statistiknya pun lumayan, dirinya berkontribusi terhadap tiga gol Macan Kemayoran. (Foto: Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Bicara soal kualitas, tak perlu diragukan lagi dari sosok Osvaldo Haay. Pemain Persija Jakarta itu sudah cukup pengalaman bermain dan menjadi andalan di sektor sayap.

Osvaldo Haay punya kemampuan individual yang menjadi senjata utamanya dalam membongkar lini pertahanan lawan. Selain itu, Osvaldo juga bisa diandalkan dalam mencetak gol dan assist.

Kemampuan gemilang itulah yang membuat pelatih Shin Tae-yong memanggilnya ke Timnas Indonesia senior. Laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 bisa menjadi panggung pembuktian untuk pemain berusia 22 tahun tersebut.

6 dari 8 halaman

5. Kushedya Hari Yudo

FOTO: 4 Pemain Timnas yang Badabest saat Melawan Tira Persikabo
Gol kedua Timnas Indonesia tak lepas dari peran yang diberikan oleh Neymar dari Arema yaitu julukan bagi Kushedya Hari Yudo. (Foto: Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Kishedya Hari Yudo mencuri perhatian saat tampil gemilang pada Liga 1 2020. Ketika itu, Hari Yudo sukses mencetak tiga gol untuk Arema FC.

Penampilan apik itu yang membawanya mendapatkan panggilan ke Timnas Indonesia. Hari Yudo juga tampil gemilang ketika dipercaya tampil pada laga uji coba bersama Timnas Indonesia U-22 proyeksi SEA Games 2021 dengan sumbangan satu gol.

Namun, penampilannya melempem pada Piala Menpora 2021. Kushedya Hari Yudo bisa memanfaatkan laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 sebagai panggung kebangkitannya.

7 dari 8 halaman

6. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman
Timnas Indonesia U-19, Witan Sulaeman. (dok. PSSI)

Witan Sulaeman merupakan senjata utama pelatih Shin Tae-yong di posisi sayap kanan saat melatih Timnas Indonesia U-19. Posisi Witan hampir tidak tergeser selama mengikuti pemusatan latihan dan laga uji coba di Kroasia.

Dalam 10 laga yang sudah dimainkan, Witan tampil sebanyak sembilan kali sebagai starter. Hampir semua laga dimainkan Witan secara penuh sampai peluit akhir.

Witan memiliki kelincahan, kecepatan berlari, dan tembakan akurat sehingga sering dipercaya pelatih Shin Tae-yong. Menarik untuk melihat kiprah Witan bersama Timnas Indonesia senior.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓