Persebaya Datangkan Eks Timnas Indonesia U-23 Top Scorer ISC B 2016

Oleh Aditya Wany pada 01 Mei 2021, 20:15 WIB
Diperbarui 01 Mei 2021, 20:59 WIB
Johan Yoga Utama
Johan Yoga Utama. (Bola.com/Robby Firly)

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya kembali kedatangan pemain baru dalam latihan tim. Kali ini, muncul striker Johan Yoga Utama dalam latihan yang digelar di Surabaya, Sabtu (1/5/2021) sore.

Johan tercatat pernah membela Badak Lampung pada Liga 1 2019. Sayang tim itu terdegradasi. Pada musim 2020, pemain asli Semarang itu membela Semen Padang dengan tampil di Liga 2 yang dibatalkan oleh PSSI

“Ini tadi latihan ada pemain baru, Johan Yoga. Dia mantan pemain Badak Lampung. Tadi malam datang, dan kami akan mencoba sampai hari Selasa minggu depan,” kata pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. 

Nama Johan Yoga sudah tidak asing buat Aji Santoso. Keduanya pernah bekerja sama di Timnas Indonesia U-23 dalam SEA Games 2011 arahan pelatih Rahmad Darmawan. Saat itu, Aji bertindak sebagai asisten pelatih, sedangkan Johan masuk striker muda.

Johan tercatat pernah menorehkan prestasi individu di level klub. Dia menjadi pencetak gol terbanyak alias top scorer dalam ISC B 2016, kompetisi kasta kedua tidak resmi, saat berseragam PSIS Semarang.

Dengan reputasi itu, Persebaya Surabaya rupanya tidak langsung memberi tawaran kontrak kepada Johan Yoga Utama. Dia akan menjalani status sebagai pemain trial.

“Nanti kami putuskan untuk latihan hari Selasa (4/5/2021). Hari ini latihan terakhir minggu ini. Kami tinggal 2 kali latihan, hari Senin sama Selasa. Kami uji coba hari Selasa, dan sudah ada lawannya dari Coach Uston (asisten pelatih Persebaya),” imbuh Aji Santoso.

 

2 dari 3 halaman

Nasib Pemain Trial Segera Diputuskan

PSIS Semarang Johan Yoga
Striker PSIS Semarang, Johan Yoga Utama mendapat gelar pencetak gol terbanyak ISC B 2016. (Bola.com/Romi Syahputra)

Sebelumnya, Persebaya sudah mendatangkan dua pemain lain yang juga berstatus sebagai pemain trial. Mereka adalah penyerang Daud Yafet Kareh dan bek kanan Arizky Wahyu Satria.

Daud tercatat sebagai pemain jebolan Persipura U-20. Dia menjadi top scorer tim Mutiara Hitam muda pada ajang Elite Pro Academy U-20 Liga 1 2019 dengan koleksi 7 gol, dua di antaranya dicetak ke gawang Persebaya U-20.

Sementara itu, Arizky tercatat sebagai pemain yang pernah membela Timnas Indonesia U-19 pada 2016. Pemain jebolan ASIFA itu seangkatan dengan kiper Persebaya, Satria Tama.

“Jadi, hari Selasa itu akan kami putuskan (nasib pemain trial). Setelah itu kami akan libur sampai tanggal 18 Mei, dan baru mulai latihan lagi 19 Mei. Dari situ nanti akan kelihatan siapa pemain yang kami bawa,” tutur Aji. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓