Piala Menpora, Momen Persib Merasakan Dampak Kepergian Omid Nazari dan Kim Jeffrey Kurniawan

Oleh Erwin Snaz pada 02 Mei 2021, 19:30 WIB
Diperbarui 02 Mei 2021, 19:30 WIB
PS Sleman vs Persib Bandung
Pemain PS Sleman, Kim Jeffrey Kurniawan (tengah) berbincang dengan pemain Persib Bandung usai laga leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Senin (19/4/2021). PS Sleman bermain imbang 1-1 dengan Persib. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Bola.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, mengakui mundurnya dua gelandang, Omid Nazari dan Kim Jeffrey Kurniawan, dari tubuh Maung Bandung sangat terasa ketika mengarungi turnamen Piala Menpora 2021.

Menurut Robert Alberts, hal tersebut menjadi kelemahan tim besutannya dan akan menjadi bahan evaluasi utama Persib Bandung untuk persiapan Liga 1 2021, yang rencananya mulai digelar pada 3 Juli 2021.

"Dengan adanya turnamen Piala Menpora, tentu bagus. Kami bisa melihat apa kelemahan yang ada. Kami tidak bisa langsung mengganti peran Omid dan Kim, kami kehilangan mereka," ujar Robert Alberts belum lama ini di Bandung.

Robert mengakui pemain seperti Omid Nazari dan Kim Jeffrey Kurniawan sebenarnya bukan pemain yang ingin dilepas dan masih masuk skema untuk persiapan Maung Bandung menatap Liga 1 2021.

"Tapi, mereka yang meminta untuk meninggalkan tim ini. Kami juga tidak berhasil dengan Farshad Noor di posisi itu. Dia mencoba untuk menggantikan peran itu tapi tipenya tidak cocok," jelas pelatih Persib Bandung itu.

2 dari 3 halaman

Lini Tengah Keropos

Persib Bandung, Omid Nazari
Pemain asing Persib Bandung, Omid Nazari. (Bola.com/Erwin Snaz)

Maka itu selama di turnamen Piala Menpora bisa dilihat bahwa kelemahan yang dimiliki Persib Bandung ada di lini tengah. Dengan mudah lini ini bisa dibongkar oleh lawan dalam sejumlah pertandingan meski pada akhirnya Persib mampu melangkah hingga final.

"Oleh sebab itu, lini pertahanan kami jadi lebih mudah terbuka karena kami tidak bisa mendapat second ball. Lawan banyak mencetak gol dari situasi itu," kata pelatih asal Belanda ini.

Padahal dari serangan yang dibangun Persib, Robert merasa sudah sangat bagus, terutama dari sisi sayap dan banyak mengeksploitasi pertahanan lawan. Namun, memang kurang bagus di area tengah karena kata Robert tidak banyak yang bisa melakukannya.

"Hanya striker utama kami, Wander Luiz, yang bisa. Tapi, dia juga belum sepenuhnya bugar dan nyetel, tapi itu pelajaran yang kami terima dan itu sangat bagus bagi kami karena bisa memperbaikinya sebelum liga," ungkap pelatih berusia 66 tahun ini mengakhiri.

Persib gagal menjadi jawara turnamen Piala Menpora 2021 setelah kalah dalam dua leg di babak final oleh Persija Jakarta dengan agregat 1-4. Persib kalah 0-2 pada leg pertama dan kalah 1-2 di leg kedua.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓