Sukses


Kisah Asnawi Mangkualam Jalani Bulan Ramadan di Korea Selatan: Cerita Ngabuburit dan Terpaksa Tidak Berpuasa

Bola.com, Ansan - Ramadan tahun ini terasa berbeda bagi Asnawi Mangkualam. Dia harus berpuasa di negeri orang dan jauh dari keluarga. Untungnya, bek Ansan Greeners ini menikmati kehidupan di Korea Selatan.

Menjalani ramadan di Negeri Ginseng, Asnawi Mangkualam harus berpuasa hingga lebih dari 14 jam. Sebagai pemain profesional, ia perlu menjaga kondisinya. Oleh sebab itu, pemain berusia 21 tahun itu memilih tidak berpuasa ketika Ansan Greeners bertanding.

Lain halnya ketika aktivitas Ansan Greeners hanya sekadar berlatih atau sedang tanpa kegiatan, Asnawi Mangkualam berusaha untuk tetap menunaikan rukun islam keempat itu.

"Kalau saat bertanding, saya tidak berpuasa. Namun, saya tetap berpuasa jika hanya latihan saja," kata Asnawi Mangkualam pada sesi tanya jawab dengan wartawan secara virtual, Selasa (4/5/2021).

Saat ini, Asnawi Mangkualam sedang menderita cedera hamstring. Cedera itu didapatkannya ketika kalah 0-1 dari Seoul E-Land, Minggu (2/5/2021). Masa istirahat yang diperkirakan selama dua pekan kemungkinan akan dipakainya untuk berpuasa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Ngabuburit Ala Asnawi Mangkualam

Seperti halnya di Indonesia, Asnawi Mangkualam juga membangun tradisi ngabuburit ketika berpuasa. Dia banyak menghabiskan waktunya untuk menonton TV series

Asnawi Mangkualam mengaku tengah menikmati serial Prison Break yang tayang di Netflix, TV series dengan 90 episode dalam lima musim.

"Ngabuburit saya di kamar tempat saya tinggal saja sambil menonton Prison Break," imbuh Asnawi Mangkualam.

Video Populer

Foto Populer