5 Pemain dengan Taksiran Nilai Pasar Termahal di Timnas Indonesia, Harga Jual Fantastis Marc Klok dan Asnawi Mangkualam!

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 06 Mei 2021, 09:45 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 09:45 WIB
Timnas Indonesia - Osvaldo Haay, Marc Klok, Asnawi Mangkualam
Timnas Indonesia - Osvaldo Haay, Marc Klok, Asnawi Mangkualam (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Marc Klok menjadi pemain Timnas Indonesia saat ini dengan taksiran nilai pasar termahal. Menurut Transfermarkt, gelandang Persija Jakarta itu memiliki market value Rp6,08 miliar.

Nilai pasar yang tercantum di Transfermarkt bukanlah nominal kontrak dari seorang pemain. Harga tersebut merupakan rujukan dari harga jual berdasarkan banyak faktor.

Beragam variabel yang dapat memenuhi nilai pasar antara lain performa di atas lapangan, pengaruh terhadap klub atau tim, dan branding di luar lapangan.

Marc Klok mempunyai tiga unsur tersebut. Gelandang naturalisasi asal Amsterdam, Belanda, itu baru saja membawa Persija Jakarta menjuarai Piala Menpora 2021.

Selain itu, pemain berusia 28 tahun ini juga mendirikan label pribadi dengan nama MK the Label alias akronim namanya.

Saat ini, Marc Klok baru mendapatkan panggilan pertamanya di Timnas Indonesia. Mantan pemain PSM Makassar itu dipercaya bersama 33 pemain lainnya.

Selain Marc Klok, siapa lagi pemain Timnas Indonesia saat ini dengan market value termahal? Berikut empat nama teratas.

2 dari 6 halaman

Evan Dimas (Rp5,21 Miliar)

Timnas Indonesia Vs Malaysia
Gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, berusaha melewati striker Malaysia, Syafiq Ahmad, pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Transfermarkt mencantumkan nilai pasar Evan Dimas sebagai yang tertinggi kedua di Timnas Indonesia saat ini. Gelandang berusia 26 tahun itu mempunyai banderol sebesar Rp5,21 miliar.

Evan Dimas baru saja hijrah ke Bhayangkara Solo FC setelah kontraknya bersama Persija Jakarta habis. Dia pindah dengan status bebas transfer.

Taksiran harga pasar itu cukup layak untuk Evan Dimas. Pada usia emasnya sebagai pesepak bola, mantan pemain Barito Putera itu pernah meraih juara Liga 1 2017 bersama Bhayangkara Solo FC dan Piala AFF U-19 2013 dengan Timnas Indonesia U-19.

3 dari 6 halaman

Asnawi Mangkualam (Rp5,21 Miliar)

Timnas Indonesia U-22 Vs Singapura U-22
Pemain Timnas Indonesia U-22, Asnawi Mangkualam, bersama Osvaldo Haay merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Singapura U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11). Indonesia menang 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal

Nilai pasar Asnawi Mangkualam melonjak pesat setelah bermain untuk klub Korea Selatan, Ansan Greeners. Transfermarkt memperkirakan market value Asnawi mencapai Rp5,21 miliar.

Asnawi Mangkualam dikontrak oleh Ansan Greeners, klub kasta kedua Liga Korea Selatan, selama semusim plus opsi perpanjangan setahun.

Sejauh ini, Asnawi Mangkualam mampu tampil impresif di Korea Selatan. Bek sayap berusia 21 tahun itu bermain enam kali dan mengukir satu assist.

4 dari 6 halaman

Osvaldo Haay (Rp5,21 Miliar)

Timnas Indonesia U-22 Vs Thailand
Gelandang Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Thailand pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (26/11). Indonesia menang 2-0 atas Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Osvaldo Haay punya nilai pasar yang sama dengan Asnawi Mangkualam. Winger berusia 23 tahun itu memiliki mahar mencapai Rp5,21 miliar.

Pada usianya yang masih muda, Osvaldo Haay telah bergelimang gelar. Pemain Persija Jakarta itu pernah meraih trofi Indonesia Soccer Championship (ISC) A bersama Persipura Jayapura pada 2016.

Osvaldo Haay juga menjadi top scorer SEA Games 2019 dengan delapan gol dan mengantar Persija menjuarai Piala Menpora 2021.

5 dari 6 halaman

Nadeo Argawinata (R4,35 Miliar)

Timnas Indonesia U-22 Vs Singapura U-22
Kiper Timnas Indonesia U-22, Nadeo Argawinata, memberikan instruksi saat melawan Singapura U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11). Indonesia menang 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Market value Nadeo Argawinata hanya sedikit di bawah Evan Dimas, Asnawi Mangkualam, dan Osvaldo Haay. Transfermarkt menaksir harganya hingga Rp4,35 miliar.

Saat ini, Nadeo Argawinata baru berusa 23 tahun. Namun, kiper Bali United ini telah menjadi penjaga gawang utama di Timnas Indonesia.

Secara prestasi, Nadeo Argawinata belum menorehkan apa-apa. Bermodalkan talentanya, banyak pihak memprediksi kiper berpostur 187 cm itu bakal cerah.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓