Sukses


Lika-liku Karier Arthur Irawan di Timnas Indonesia, Pernah Ditolak Alfred Riedl hingga Ingin Dicoba Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari Arthur Irawan. Gelandang PSS Sleman ituĀ kembali mendapat kesempatan memperkuatĀ Timnas Indonesia, setelah terakhir kali dipanggil pada 2012.

Arthur Irawan akan bergabung dengan 36 pemain lainnya yang sudah mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di Jakarta. Pemanggilan itu tentu membuat Arthur Irawan bangga, karena memiliki peluang kembali untuk membela Timnas Garuda.

"Saya sangat bahagia dan bangga dapat kesempatan ke timnas. Semua pemain bola pasti maunya main buat timnas negaranya masing-masing. Yang pasti, ini adalah impian yang terwujud bahwa saya bisa main di timnas," kata Arthur Irawan.

Selain bangga, Arthur Irawan juga mengaku antusias untuk mengikuti pemusatan latihan di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong. Menurut pemain berusia 28 tahun tersebut, Shin Tae-yong adalah pelatih hebat dan berpengalaman.

"Saya belum pernah latihan di bawah kepemimpinan coach Shin Tae-yong. Yang saya tahu dia disiplin, bagus, intensitas latihannya juga tinggi, pelatih yang hebat," ucap pemain jebolan akademi RCD Espanyol itu.

Pemanggilan ini karena Arthur Irawan tampil cukup baik bersama PSS Sleman di Piala Menpora 2021. Arthur tercatat tampil sebanyak lima kali dan mampu membantu PSS menghuni peringkat ketiga.

Arthur Irawan sejatinya sudah pernah membela Timnas Indonesia pada 2012. Namun, kariernya tak mampu bersinar bersama Timnas Garuda dan pernah mendapat dua kali penolakan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Ditolak Alfred Riedl hingga Nilmaizar

Arthur Irawan mendapatkan kesempatan untuk membela Timnas Indonesia pada 2011. Ketika itu, Timnas Indonesia diasuh oleh Alfred Rield.

Berbekal pengalaman bermain di akademi Lytham Town hingga RCD Espanyol, nyatanya Arthur tak mampu memikat Riedl. Arthur sempat dipanggil Timnas Indonesia U-23 untuk mengikuti persiapan SEA Games 2011 dan Pra Olimpiade 2012.

Namun, ketika itu Arthur Irawan akhirnya dicoret oleh Alfred Rield. Alasannya sang pemain terlalu muda karena masih berusia 19 tahun.

Setahun berselang, Arthur Irawan kembali mendapatkan panggilan Timnas Indonesia asuhan Nilmaizar. Ketika itu, Arthur Irawan mendapatkan kesempatan melakukan debut pada laga uji coba persiapan Piala AFF 2012 melawan Timor Leste.

Namun, nyatanya Nilmaizar tak membawa Arthur Irawan ke Piala AFF 2012. Posisinya digantikan Raphael Maitimo sebagai bek kanan.

"Semua tim dalam skuad ini bagus dan siapa saja yang masuk dalam skuad adalah yang terbaik bagi tim," ucap Nilmaizar ketika itu.

Kini, menarik untuk menyaksikan kiprah Arthur Irawan di bawah polesan Shin Tae-yong. Mampukan Arthur Irawan kembali ke Timnas Indonesia atau kembali mendapatkan penolakan? Menarik untuk dinantikan.

Video Populer

Foto Populer