Sukses


Liga 1 Tanpa Degradasi, Persis Solo Santai Saja

Bola.com, Solo - Wacana Liga 1 musim ini tanpa degradasi menimbulkan pro dan kontra. PSSI mengklaim hanya mengakomodasi permintaan sejumlah klub untuk menghapus sistem degradasi musim ini.

Persis Solo menanggapi dengan santai dan kalem atas regulasi tersebut.

"Kami di Liga 2, ya dinikmati saja. Slot dua tim di Liga 1 yang harus kami kejar, sekuat tenaga. Sesuai regulasi kami ikut saja di grup mana saja, lawan tim apa saja juga harus siap," kata Komisaris Utama Persis Solo, Kevin Nugroho, Jumat (7/5/2021).

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengungkapkan, pihaknya mendapatkan desakan dari kebanyakan peserta Liga 1 dan Liga 2 untuk menghapus degradasi di musim ini, namun tetap memberlakukan sistem juara dan promosi.

Sebelumnya dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI 3 Mei 2021, PSSI memutuskan untuk menghilangkan sistem degradasi di Liga 1 musim ini, dengan klaim permintaan dari mayoritas kontestan.

Permohonan beberapa peserta itu akan dibawa ke kongres tahunan PSSI untuk diputuskan pada 29 Mei 2021 mendatang. Namun dihapuskannya sistem degradasi tidak berlaku untuk format Liga 2.

Dua tiket untuk naik kasta telah disediakan oleh PSSI bagi kontestan Liga 2. Jumlah ini berkurang satu dibandingkan musim-musim sebelumnya. Umumnya, tiga tim akan promosi ke Liga 1 menggantikan tiga klub yang turun kasta.

Dengan formula seperti ini, praktis jumlah peserta Liga 1 pada tahun depan atau musim 2022/2023 akan melonjak menjadi 20 tim.

Video

2 dari 2 halaman

Fokus Persiapan

Persis Solo masih fokus pada persiapan pembentukan tim. Sejauh ini Persis telah mengikat kontrak 28 pemain atau mencapai 95 persen komposisi skuadnya.

Persis Solo juga bermaterikan banyak pemain bintang musim ini. Sebut saja, Alberto 'Beto' Goncalves, Assanur Rijal, Marinus Manewar, Miftahul Hamdi. Tim Laskar Sambernyawa juga baru saja mengumumkan perekrutan bek sayap, Eky Taufik asal Persela Lamongan.

"Sebelumnya sudah latihan rutin digelar. Meski saat ini sedang libur untuk fokus lebaran. Selain rutin latihan, ada agenda uji coba setelah ada kepastian akan diumumkan lawan-lawannya," jelas Kevin Nugroho.

Video Populer

Foto Populer