Nostalgia Irfan Jauhari, Perjuangan Meniti Karier hingga Sukses Bobol Gawang Arsenal dan Real Madrid

Oleh Rizki Hidayat pada 09 Mei 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 09 Mei 2021, 08:00 WIB
Timnas Indonesia - Irfan Jauhari
Timnas Indonesia - Irfan Jauhari (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Irfan Jauhari merupakan satu di antara penyerang muda berkualitas yang dimiliki Bali United. Namun, sebelum sampai di posisinya saat ini, Irfan harus merantau seorang diri demi meniti karier sebagai pesepak bola profesional.

Mendapat pengaruh dari sang ayah membuat Irfan menyukai sepak bola sejak belia. Dia pun akhirnya menimba ilmu sepak bola bersama SSB Internal FC Ngawi sejak kelas 4 SD.

Bakat besar yang dimiliki Irfan Jauhari membuatnya kerap mewakili Ngawi untuk mengikuti turnamen di sejumlah daerah. Hingga akhirnya, Irfan mendapat beasiswa melanjutkan pendidikan di SMA Terang Bangsa, Semarang, sekaligus membela Bajak Laut 2000 Terang Bangsa FC.

Merantau dari Ngawi ke Semarang merupakan hal yang tak mudah buat Irfan Jauhari. Ketika itu, Irfan baru lulus SMP, dan harus merantau ke Semarang seorang diri selama tiga tahun.

Meski berat karena berpisah jauh dari keluarga di usia muda, Irfan tetap menjalani hal tersebut dengan semangat demi mengejar mimpinya menjadi pesepak bola profesional.

"Perjuangan yang menyedihkan untuk saya itu ketika merantau dari SMP ke SMA saya pindah sekolah ke Semarang, itu semua saya jalani sendirian. Itu semua saya lakukan untuk melanjutkan sekolah dan mengejar karier sepak bola," ujar Irfan.

"Beratnya itu saya masih kecil dan biasanya merantau itu hanya seminggu paling lama, dan saya harus tiga tahun di Semarang. Awal-awal merantau saya sempat sedih dan kangen juga dengan rumah, kangen keluarga, kangen suasana rumah lah pokoknya," lanjut Irfan Jauhari.

Pengorbanan dan kerja keras yang dilakukan Irfan tak sia-sia. Tampil gemilang bersama Bajak Laut 2000 Terang Bangsa FC membuat Irfan Jauhari mendapat kesempatan mengikuti seleksi Bali United U-18.

Dia akhirnya lolos seleksi dan memperkuat Bali United U-18 pada 2018. Setahun bermain di tim junior, Irfan Jauhari akhirnya dipercaya membela tim senior Bali United pada 2019.

Dianggap sebagai proyek jangka panjang, Irfan pun menandatangani kontrak berdurasi tiga musim bersama Bali United. Kini, demi meningkatkan jam terbang, Irfan Jauhari dipinjamkan Tim Serdadu Tridatu ke Persis Solo hingga akhir musim 2021/2022.

 

2 dari 3 halaman

Bobol Gawang Arsenal dan Real Madrid

Irfan Jauhari
Bali United mengikat Irfan Jauhari dengan kontrak berdurasi tiga tahun untuk memperkuat Bali United senior. (dok. Bali United)

Satu di antara penampilan Irfan Jauhari yang mencuri perhatian adalah ketika membela Indonesia Allstar U-20. Ketika itu, Indonesia Allstar U-20 tampil pada ajang Bali U-20 International Cup 2019, yang juga diikuti Arsenal U-18, Real Madrid U-18, dan Inter Milan U-18.

Dalam ajang tersebut, Irfan tampil moncer dengan mencetak tiga gol. Dari tiga gol tersebut, dua di antaranya tercipta ke gawang Arsenal, dan satu gol lagi ke gawang Madrid.

Performa ciamik itu pula yang menjadi jembatan bagi Irfan Jauhari untuk memperkuat Timnas Indonesia. Dia pernah membela Timnas U-19, dan kini mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia senior di Jakarta, dari 1 hingga 10 Mei mendatang.

"Perasaan pertama kali bertemu Real Madrid, Inter Milan, dan Arsenal tentunya sangat senang, pertandingan itu bagus untuk tim saya. Rasa grogi saat menghadapi klub-klub itu enggak ada sih," kata Irfan.

"Rasanya sangat bangga dan bersyukur, karena bisa mencetak gol ke gawang Arsenal dan Real Madrid. Orang-orang di kampung senang melihatnya, padahal awalnya meragukan saya ketika mengawali karier di Semarang. Tetapi, ketika saya masuk Bali United dan masuk Timnas Indonesia baru mereka senang," imbuhnya.

Sumber: YouTube Official Bali United

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓