Mengenal Salman Alfarid, Langganan Timnas Indonesia Kelompok Umur yang Kini Menatap Kualifikasi Piala Dunia

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 10 Mei 2021, 08:15 WIB
Diperbarui 10 Mei 2021, 08:15 WIB
Salman Alfarid
Salman Alfarid. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - Salman Alfarid menjadi satu di antara begitu banyak pemain muda yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Salman Alfarid merupakan pemain milik Persija Jakarta yang telah berpengalaman membela Tim Garuda sejak tergabung di tim U-16.

Salman Alfarid, yang pada 19 April lalu baru genap berusia 19 tahun, merupakan pemain yang sudah dikenal oleh Shin Tae-yong karena masuk dalam daftar pemain yang mengikuti pemusatan latihan di Kroasia dan Spanyol pada 2020 lalu.

Salman Alfarid merupakan jebolan Gothia Cup 2017 di Swedia. Setelah itu, ia mendapat panggilan memperkuat Timnas Indonesia U-16 yang berlaga di Piala AFC U-16 2018. Dengan pengalamannya itu, Salman Alfarid pun mulai kerap menjadi andalan di sisi kiri pertahanan timnya.

Namun, tak hanya beroperasi sebagai bek kiri, pemain yang juga andalan Timnas Indonesia U-19 itu kerap menjalankan peran di posisi yang berbeda di lapangan hijau, mulai dari gelandang, stoper yang merupakan posisi aslinya sebelum ditangani Fakhri Husaini di Timnas Indonesia U-16, bahkan sampai menjadi bek sayap kiri.

Salman Alfarid, yang muga merupakan bagian dari skuat Garuda Select jilid pertama, baru didatangkan oleh Persija Jakarta pada Maret 2020 dan langsung mendapatkan kontrak berdurasi tiga tahun bersama Macan Kemayoran. Ia menjadi andalan di tim Persija U-20, sembari menanti kesempatan lebih besar di tim senior Persija.

"Sekarang saya bermain di tim junior dulu, semoga pada masa yang akan datang bisa masuk tim senior dan bermain di hadapan The Jakmania," ujar Salman ketika baru bergabung bersama Persija pada awal 2020.

Bicara soal menit bermain di tim utama Persija Jakarta, Salman Alfarid merupakan satu dari beberapa pemain muda yang dibawa Sudirman saat Piala Menpora 2021.

Salman mendapatkan satu kesempatan bermain sebagai pemain pengganti pada laga leg kedua final Piala Menpora 2021, saat Persija menang 2-1 atas Persib Bandung dan menjadi juara turnamen pramusim itu dengan keunggulan agregat 4-1.

2 dari 3 halaman

Terus Ditempa oleh Shin Tae-yong

Salman Alfarid
Bek muda Persija Jakarta, Salman Alfarid, mengaku tak punya masalah adaptasi di Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021 karena dapat bantuan para pemain senior lainnya. (dok. PSSI)

Boleh dibilang Salman Alfarid merupakan pemain langganan Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia menggelar pemusatan latihn. Mulai dari pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 yang kemudian beruji coba ke Spanyol, kemudian pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22 proyeksi SEA Games 2021, hingga saat ini bersama Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sang pemain sendiri selalu senang ketika mendapatkan kesempatan mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia, dalam semua kategori usia. Menurutnya, momentum menjalani pemusatan latihan menjadi ajang untuk meningkatkan kualitas dirinya, baik fisik maupun mental.

"Perkembangan yang paling saya rasakan adalah dari segi fisik dan mental. Sering sekali mendapatkan menu latihan fisik yang bertujuan agar kami bisa menjadi lebih kuat lagi," ujar Salman Alfarid ketika mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021 pada Februari 2021 lalu.

Kini Salman Alfarid benar-benar mendapatkan kesempatan yang sangat besar untuk anak seusianya. Bermain di lini pertahanan yang cukup banyak saingannya, Shin Tae-yong benar-benar ingin menguatkan mentalitas para pemain muda agar bisa bersaing di level internasional.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓